Home News MotoGP Honda Memanfaatkan Peraturan Baru: Uji Coba MotoGP di Jerez

Honda Memanfaatkan Peraturan Baru: Uji Coba MotoGP di Jerez

by Dita

Honda Memanfaatkan Peraturan Konsesi Baru untuk Uji Coba di Jerez

Honda telah memanfaatkan peraturan konsesi baru yang memberikan jumlah ban yang lebih banyak dan hari uji coba tidak terbatas dengan menyewa Circuito de Jerez-Angel Nieto hingga Rabu depan. Dua hari uji coba terakhir tahun 2023 akan dimanfaatkan tim WSBK dan MotoGP Honda. Dibawah bimbingan Ramon Aurín, insinyur yang bertanggung jawab atas tim uji coba dan pengembangan Honda, test rider Jerman, Stefan Bradl, akan berada di atas RC213V 2024 pada Selasa. Motor tersebut telah diuji coba secara perdana pada tes pascamusim MotoGP Valencia, di mana pembalap Jerman itu tidak hadir. Pilot pertama Honda, Joan Mir dan rekrutan baru Luca Marini, telah menjajal motor baru tersebut.

Kesan Positif dari Pengujian

Kesan yang muncul setelah hari pengujian sangat optimis, baik untuk Mir maupun Marini. Pembalap Italia itu tidak dapat memberikan pernyataan apa pun karena ia masih terikat kontrak dengan VR46 hingga akhir tahun, meskipun merasa senang dengan motor barunya. Mir mengatakan, “Saya cukup senang, ini adalah pertama kalinya dalam tes bahwa mereka benar-benar membawa sesuatu yang berhasil. Kami mencoba banyak hal dan kami tidak punya waktu untuk memasang ban lunak untuk mengejar waktu, tapi saya sangat senang. Potensinya berbeda. Lebih panjang dan juga lebih ringan, itulah kenyataannya. Ini adalah langkah awal untuk memiliki motor yang kompetitif, perjalanan masih panjang tapi ini langkah yang bagus.”

Pengujian oleh Johann Zarco

Johann Zarco, pembalap Prancis berpengalaman yang tiba di LCR setelah bergabung dengan Yamaha Tech3, KTM, dan Pramac, juga mendapat kesempatan untuk menguji prototipe baru Honda. Pemilik LCR, Lucio Cecchinello, menyatakan, “Johann menguji motor 2023 dan kemudian versi 2024. Ia melihat perbedaan yang signifikan dalam memasuki tikungan dan cengkeraman belakang. Kami terkejut, ini terlihat seperti langkah maju yang signifikan.”

Suku Cadang Baru dalam Waktu Singkat

Menurut informasi yang didapat Motorsport.com, Bradl akan mendapatkan suku cadang yang benar-benar baru dari Tokyo untuk pengujian pekan ini. Cecchinello telah mengatakan setelah tes tersebut bahwa mereka sangat spesifik dalam menyampaikan kesimpulan mereka kepada para insinyur Honda. “Instruksi yang kami berikan memberikan penekanan khusus pada distribusi bobot. Kami meminta motor dengan keseimbangan yang berbeda dan pusat gravitasi yang lebih jauh ke belakang. Bahkan dari segi ukuran, motor baru ini sedikit lebih panjang dan lebih ringan,” ujar bos tim yang bermarkas di Monako itu.

Pengujian Selama Dua Hari di Jerez

Yang belum diketahui saat ini adalah apakah mesin baru 2024 akan tersedia untuk pengujian selama dua hari di Jerez atau apakah, seperti yang dispekulasikan di Valencia, unit daya baru tidak akan diuji hingga tes Sepang pada Februari. Dengan konsesi baru ini, para pembalap Honda (dan juga Yamaha) akan dapat mengambil bagian dalam uji coba pramusim 2024 di Sepang pada 1-3 Februari, di samping tes resmi di sirkuit yang sama pada 6-8 Februari, sebelum tes pramusim terakhir di Qatar pada 19-20 Februari. Prakiraan cuaca di Jerez diperkirakan akan cerah sepanjang Selasa dengan suhu lebih dari 16 derajat Celcius, turun menjadi 13 derajat Celcius pada Rabu, ketika beberapa awan diperkirakan akan turun.

Persiapan untuk WorldSBK 2024

Selain seluruh tim penguji dan pengembangan MotoGP pabrikan Jepang, bagian dari tim Kejuaraan Dunia WorldSBK untuk motor turunan seri ini juga berada di Jerez untuk mempersiapkan motor untuk WorldSBK 2024, dengan pembalap Jepang Tetsuta Nagashima sebagai penguji. Dengan demikian, uji coba di Jerez ini menjadi momen penting bagi Honda dan para pembalapnya untuk mempersiapkan diri menghadapi musim balap yang akan datang.

Related Articles

Leave a Comment

three × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.