Home News MotoGP MotoGP 2023: Perebutan Titel yang Kompetitif

MotoGP 2023: Perebutan Titel yang Kompetitif

by Dita

MotoGP 2023 telah terbukti menjadi salah satu kampanye paling kompetitif untuk seri ini. Perebutan titel antara duo Ducati, Francesco Bagnaia dan Jorge Martin, berlangsung sengit hingga balapan terakhir dalam kampanye bersejarah yang juga memperkenalkan Sprint Race untuk pertama kalinya. Bagnaia akhirnya menang dengan selisih 39 poin untuk meraih gelar juara keduanya, mengakhiri tahun yang luar biasa bagi Ducati dengan rekor 17 GP yang dimenangkan oleh enam dari delapan pembalapnya. Pabrikan Borgo Panigale mengumpulkan 43 podium. Ada juga penampilan yang menonjol di tempat lain, dengan Aprilia menang dua kali atas nama Aleix Espargaro dan Honda mencetak kemenangan tunggal dalam kampanye yang menyedihkan berkat Alex Rins. Para pemenang baru juga muncul, sementara yang lain menampilkan performa yang patut dipuji tanpa pernah mencapai podium teratas.

Untuk menentukan siapa yang kami anggap pantas sebagai 10 pembalap terbaik di MotoGP 2023, kami telah mempertimbangkan hasil, tetapi juga hasil yang berkaitan dengan mesin yang mereka miliki. Kami juga mempertimbangkan bagaimana performa mereka dibandingkan dengan 10 besar tahun lalu. Musim solid ingin dijalani Luca Marini setelah kesepakatan dengan Honda untuk MotoGP 2024. Marini mengakhiri 2023 sebagai salah satu dari dua pembalap Ducati yang tidak memenangi grand prix. Meski begitu, dengan tegas menandai dirinya dibawa ke MotoGP bukan karena adik tiri Valentino Rossi. Finis kedua di Austin adalah hasil terbaiknya dalam balapan Minggu, tetapi podiumnya terlalu sedikit dan jauh dari harapan untuk pembalap tahun ketiga dengan motor terbaik di grid. Cedera yang dialaminya dalam dua balapan akibat patah tulang selangka, setelah menabrak rekan setimnya di VR46, Marco Bezzecchi, di lap pembuka Sprint Race MotoGP India, tentu saja menghalanginya meraih lebih banyak prestasi di paruh kedua musim ini – setelah merasa telah membuat langkah besar dalam memahami motornya di tes Misano, September silam. Dia mendapatkan kontrak dengan pabrikan Honda untuk 2024. Serangkaian hasil solid dari musim 2023 akan menjadi titik awal yang baik.

Alex Marquez merebut dua kemenangan sprint di tahun perdananya dengan Gresini. Setelah menjalani musim perdananya yang solid bersama tim pabrikan Honda pada 2020, di mana ia mencetak satu-satunya podium HRC kala itu, dua tahun berikutnya bersama LCR terbukti menyulitkan sang juara dunia Moto2 2019. Memanfaatkan motor kompetitif di Gresini dengan Ducati Desmosedici GP22, Alex Marquez secara konsisten masuk dalam 10 besar pada balapan Minggu dengan dua podium. Dalam Sprint Race, ia berhasil meraih dua kemenangan sekaligus membuktikan punya potensi untuk memenangi balapan dengan Ducati. Menilik pengalamannya di MotoGP secara keseluruhan dibandingkan dengan orang-orang di sekelilingnya di kandang Ducati, minimnya kemenangan rider 27 tahun itu di grand prix memang mengecewakan. Namun dengan pengalaman satu tahun di atas motornya, dan tanda-tanda menjanjikan yang ditunjukkan pada 2023, Marquez seharusnya dapat mengambil langkah terakhir untuk naik ke podium teratas – meskipun, dengan saudaranya, Marc, yang menggunakan motor yang sama pada 2024, tugas tersebut menjadi jauh lebih sulit.

Fabio Di Giannantonio jadi pemenang terbaru di MotoGP dalam GP Qatar. Dengan hanya mencetak 53 poin dalam 14 putaran pertama musim 2023, perubahan performa Fabio Di Giannantonio dari Jepang hingga akhir musim membuahkan 108 poin telah melambungkannya ke atas dalam perkiraan banyak orang. Pada akhirnya, ia menyelamatkan karier MotoGP. Setelah tidak pernah menembus enam besar di grand prix sejak debutnya pada MotoGP 2022, Diggia berada di urutan keempat di Mandalika, sebelum finis P3 di Australia. Di Qatar, semuanya menjadi lebih baik ditandai dengan kemenangan perdananya. Pilot Italia itu jadi runner-up di Valencia, tetapi penalti akibat pelanggaran tekanan ban memaksanya turun ke urutan keempat. Perubahan performa ini terlihat tiba-tiba, tetapi merupakan kombinasi dari kerja keras sepanjang tahun dengan kepala kru Frankie Carchedi untuk menyiapkan Ducati sesuai dengan keinginan Di Giannantonio. Menurut sang kepala kru, dalam tujuh putaran terakhir, mereka nyaris tidak menyentuh motornya setelah membuat terobosan penting. Meskipun agak beruntung ketika hadirnya Marc Marquez (yang memaksanya keluar dari Gresini) justru membuka peluang gabung VR46 untuk 2024, namun hasil yang diraih Di Giannantonio tahun ini membuktikan bahwa ia layak mendapatkan satu tahun lagi. Namun, akan sangat penting baginya untuk membawa momentum bagus ini ke awal 2024 dan mempertahankannya.

Johann Zarco akhirnya menang setelah percobaan 120 kali. Penantian panjang Johann Zarco untuk meraih kemenangan perdana di MotoGP akhirnya berakhir pada 2023, saat ia naik ke podium teratas dalam Grand Prix Australia secara dramatis. Tidak diragukan lagi, ini adalah puncak dari musim yang beragam bagi pembalap Pramac Ducati tersebut. Paruh pertama yang konsisten, dengan empat podium dalam tujuh putaran, cukup kuat bagi Honda untuk menawarinya kontrak dua tahun dan memberikan ke LCR pada 2024. Paruh kedua yang kurang memuaskan menghambat harapannya untuk mengalahkan Brad Binder ke posisi keempat di klasemen. Zarco tidak bisa duduk lebih tinggi dalam daftar 10 besar Motorsport.com dengan mengendarai Ducati pabrikan, persyaratan minimum mutlak harus naik podium mingguan. Kekuatannya terletak pada caranya menjaga ban dan mampu melakukan reli di paruh kedua balapan – yang berkontribusi besar pada kemenangannya di Australia – kurangnya daya ledak di lap-lap awal disorot oleh kurangnya podium sprint (satu-satunya rider dalam daftar ini yang belum pernah naik podium balapan setengah jarak).

Aleix Espargaro menggandakan kemenangannya dibanding 2022, tapi hasil konsisten malah berkurang. Setelah memperjuangkan hasil positif di MotoGP 2022 dengan konsistensi solid yang menghasilkan kemenangan perdana di grand prix, banyak yang diharapkan dari Aleix Espargaro dan Aprilia pada 2023. Namun, semuanya tidak pernah benar-benar berjalan dengan baik bagi pembalap Spanyol itu. Butuh waktu hingga MotoGP Belanda baginya untuk mendapatkan podium pertamanya tahun ini, yang merupakan hadiah posisi ketiga pada balapan Minggu karena penalti batas lintasan untuk Brad Binder. Saat paddock berkumpul kembali di Silverstone setelah jeda musim panas, ia dengan brilian mengalahkan Francesco Bagnaia di lap terakhir MotoGP Inggris untuk meraih kemenangan dan memimpin Aprilia 1-2 untuk pertama kalinya di GP Catalunya beberapa minggu kemudian. Itu adalah podium terakhir bagi Espargaro, yang memanfaatkan kelincahan dan daya cengkeram Aprilia yang kuat di Silverstone dan Catalunya untuk mendapatkan hasil maksimal. RS-GP yang lamban di awal musim, kemudian masalah mekanis dan cedera di paruh kedua bersekongkol melawan Espargaro. Ia mempertahankan rekor 100 persen mengungguli semua rekan setimnya di Aprilia sejak bergabung dengan tim ini pada 2017, namun hanya dengan selisih dua poin. Memasuki musim dingin dengan pemikiran bahwa 2024 mungkin bukan musim terakhirnya di MotoGP, pembalap berusia 34 tahun ini harus menyamai konsistensi tahun 2022 dengan peningkatan performa yang ia raih pada 2023.

Marco Bezzecchi menang 3 GP dan bertengger di peringkat ketiga klasemen. Musim 2023 merupakan tahun yang luar biasa bagi Marco Bezzecchi pada musim keduanya di kelas utama. Setelah tampil memukau dengan kecepatan luar biasa pada musim perdananya 2022, pembalap asal Italia ini membuat langkah besar dengan mencapai tiga kemenangan di grand prix, secara luar biasa. Di Argentina yang basah, Bez unggul 4,085 detik dari P2; di Prancis, ia menjauh 4,256 detik; dan di India, gap melebar hingga 8,649 detik dari pesaing terdekatnya. Ketika Bezzecchi sedang bagus, dia benar-benar brilian. Itulah yang membuatnya tetap berada dalam perebutan gelar juara hingga putaran ketiga sebelum seri terakhir musim ini. Penampilannya di hari Sabtu sangat solid, hanya sekali gagal finis di luar 12 besar, sementara lima kemenangan Sprint Race – termasuk kemenangan di Assen – memastikannya meraih banyak poin. Namun, konsistensi tidak selalu berpihak pada Bezzecchi, dengan akhir pekan yang luar biasa biasanya diikuti dengan akhir pekan yang biasa-biasa saja. Beberapa masalah cedera, termasuk patah tulang selangka saat latihan menjelang GP Indonesia, tidak membantu perjuangannya. Dengan motor Ducati yang sudah berumur, Bezzecchi harus berjuang ekstra untuk tetap bersaing di papan atas.

Dari 10 pembalap terbaik MotoGP 2023 yang telah disebutkan di atas, masing-masing memiliki perjalanan dan pencapaian yang menarik. Dari ketegangan persaingan hingga perjuangan mempertahankan performa, MotoGP 2023 telah menunjukkan bahwa balapan motor adalah olahraga yang penuh dengan kejutan dan tantangan. Dengan semakin berkembangnya teknologi dan persaingan yang semakin ketat, tidak diragukan lagi bahwa MotoGP akan terus menjadi ajang balapan yang menarik untuk diikuti oleh para penggemar balap motor di seluruh dunia. Semoga artikel ini dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai kehebatan para pembalap MotoGP 2023 dan semakin menambah semangat para penggemar balap motor untuk terus mendukung ajang balap yang spektakuler ini.

Related Articles

Leave a Comment

4 × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.