Home News MotoGP Debat Tekanan Ban MotoGP: Aturan Baru dan Tantangan Michelin

Debat Tekanan Ban MotoGP: Aturan Baru dan Tantangan Michelin

by Dita

Tekanan ban dalam balapan MotoGP telah menjadi topik yang paling banyak diperdebatkan pada musim 2023. Setelah menjadi topik yang tersembunyi selama bertahun-tahun, pada dasarnya hanya dibicarakan oleh para insinyur, mereka muncul ke permukaan dengan diperkenalkannya standar baru terkait nilai minimum yang harus dipatuhi untuk setidaknya 50 persen dari putaran jangka panjang dan 30 persen dari belokan Sprint Race. Aturan tersebut secara teoritis seharusnya mulai berlaku pada awal kampanye. Tetapi, pada kenyataannya baru berlaku efektif setelah liburan musim panas, dimulai dengan Grand Prix Inggris, setelah fungsi yang benar dari sistem pengumpulan data otomatis diverifikasi, yang memaksa penerapan sensor universal untuk semua motor.

Namun, karena sistem masih dalam tahap percobaan, implementasinya masih ‘lunak’. Dengan demikian, semua pembalap menerima semacam wildcard. Pelanggaran pertama terhadap aturan hanya berbuah peringatan dari pengurus, seperti yang terjadi, di antara banyak lainnya, pada Francesco Bagnaia dan Jorge Martín. Namun, sejak pelanggaran kedua, hukuman tiba berupa beberapa detik ekstra dalam waktu balapan: 3 pertama, lalu 6 dan akhirnya 12, saat mencapai pelanggaran keempat.

Meski sanksinya sedikit dan jarang sekali mengubah podium balapan, seperti yang terjadi di balapan terakhir musim ini, di Valencia, dengan Fabio Di Giannantonio turun dari posisi kedua ke urutan keempat, sepanjang tahun para pembalap berulang kali menyatakan bahwa mereka sama sekali tidak menyukai peraturan ini. Dalam praktiknya, itu memaksa mereka menggunakan tekanan outlet yang tinggi untuk tetap berada di depan peloton. Namun, hal ini pada akhirnya membuat mereka berada dalam kesulitan besar jika berada di belakang, di mana kedekatannya dengan motor lain dapat menyebabkan suhu dan tekanan karet depan meroket, membuat motor menjadi sangat rumit untuk dikendarai.

Pada 2024, sanksinya diperkirakan akan diperberat. Faktanya, semuanya menunjukkan bahwa, jika seorang pembalap ditemukan dengan tekanan ban lebih rendah dari yang ditentukan oleh Michelin, dia akan menghadapi diskualifikasi dari balapan tersebut, meskipun itu adalah pelanggaran pertamanya. Namun, hal ini belum sepenuhnya dikonfirmasi, karena peraturan tersebut dapat dimodifikasi lebih lanjut untuk memenuhi permintaan tim dan pembalap. Atau setidaknya itulah yang diungkapkan oleh bos MotoGP Michelin, Piero Taramasso, kepada Motorsport.com.

” Saya pikir semuanya cukup terbuka. Sudah ada ide untuk 2024, tapi kami masih harus mendiskusikannya dan mencari solusi. Saat ini saya tidak bisa memberikan jawaban pasti, tetapi kami akan membicarakannya dan mungkin saja akan ada perubahan, meskipun saya belum tahu tentang apa,” katanya. “Namun, yang pasti, semua orang bersedia untuk mendiskusikannya dan meningkatkan aspek paling kritis dari sistem. Namun, ini harus dilakukan melalui konsultasi dengan Dorna, FIM, dan IRTA.”

Di bagian akhir musim 2023, yang ditandai dengan jumlah pelanggaran yang lebih banyak, beberapa proposal terdengar untuk mencoba memperbaiki situasi. Salah satunya adalah memberlakukan nilai tekanan dingin yang harus dihormati semua orang. Namun, menurut Taramasso, ini bukan solusi yang ideal, karena masalah yang menyebabkan standar tersebut diberlakukan adalah jika tekanan panas terlalu rendah, integritas ban dapat terancam, mengingat beban yang sangat besar dihasilkan oleh ban MotoGP saat ini di gandar depan.

“Masalahnya adalah jika Anda memberikan nilai tekanan saat dingin, saat panas bisa berbeda reaksinya. Sebagai contoh, tidak semua tim menggunakan penghangat ban pada suhu yang sama. Selain itu, gaya berkendara pembalap dan karakteristik motor adalah faktor pembeda yang bisa menghasilkan tekanan panas yang sangat berbeda. Katakanlah hal itu bisa dilakukan, tetapi bagaimanapun juga itu akan menghukum pembalap tertentu dan motor tertentu,” jelasnya. “Jelas bahwa sistem kontrol grid akan menghindari penalti dan karena itu, perubahan klasifikasi balapan, serta banyak diskusi lainnya. Tapi itu akan sangat rumit untuk dilakukan, karena saya jamin nilai awal sangat berbeda satu sama lain. Kami harus mencoba memparameterkan semuanya, tetapi kemudian akan sangat rumit untuk mengontrol 22 motor di grid.”

Yang paling penting adalah bahwa pada saat ini kendala terakhir yang harus diatasi adalah musim 2024, karena mulai 2025, konstruksi depan baru akan diperkenalkan, yang dirancang oleh perusahaan Prancis agar tidak terlalu rentan terhadap variasi suhu dan tekanan. Tapi, Taramasso tampaknya yakin bahwa bahkan berbagai ban yang dirancang untuk tahun depan sudah dapat memperbaiki situasi.

” Tujuan dari casing 2025 adalah agar casing ini bekerja pada tekanan yang lebih rendah dan tidak terlalu sensitif terhadap variasi ini. Jadi pada 2024, itu akan menjadi tahun transisi, tetapi dengan mengerjakan peraturan dan bersama-sama dengan tim, kami dapat mengambil langkah kecil ke depan untuk memperbaiki situasi,” jelasnya. “Selain itu, senyawa yang akan kami tawarkan tahun depan di bagian depan akan cenderung lebih kaku . Dan makin kaku sebuah kompon, semakin tidak sensitif terhadap variasi tekanan dan temperatur, bahkan dengan motor yang sangat menuntut di bagian depan. seperti motor-motor saat ini di kategori premier.”

Hal ini sudah terbukti pada tes pascamusim MotoGP di Valencia, di mana para pembalap dapat mengevaluasi secara positif kompon lunak baru untuk as roda depan. “Ya, mereka sangat menyukainya. Lima belas pembalap mencobanya dan mereka semua sangat puas, karena menawarkan cengkeraman yang baik, tetapi juga lebih banyak dukungan daripada yang sebelumnya. Itu juga bisa membantu,” pungkasnya. Sayangnya, ban 2025 tidak dapat diuji coba karena kondisi yang buruk di Cheste.

Dengan demikian, tekanan ban dalam balapan MotoGP menjadi topik yang terus diperdebatkan dan terus mengalami perkembangan, baik dari segi peraturan maupun teknologi ban itu sendiri. Sementara para pembalap dan tim terus beradaptasi dengan perubahan-perubahan ini, harapan akan peningkatan kualitas balapan dan keselamatan tetap menjadi fokus utama dalam pengembangan aturan dan teknologi di MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

9 + three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.