Home News MotoGP Alex Marquez: Menjadi Lebih Baik dari Kritik Negatif

Alex Marquez: Menjadi Lebih Baik dari Kritik Negatif

by Dita

Alex Marquez: Menerima Kritik dan Membangun Kekuatan

Alex Marquez, juara dunia Moto2 dua kali, siap untuk melanjutkan apa yang ia tinggalkan di akhir musim lalu, untuk terus berkembang dan membuktikan kemampuannya. Namun, kadang apa yang telah diraih belum cukup dan tantangan selalu ada di depan mata. Adik kandung dari juara MotoGP delapan kali, Marc Marquez, sering kali mendapati dirinya menghadapi kritik dan komentar yang tidak menyenangkan di media sosial.

Alex dan Marc akan kembali berbagi kotak untuk kedua kalinya setelah 2020, seperti saat mereka masih menjadi rekan setim di HRC. Namun kali ini, mereka akan memiliki kesadaran yang berbeda. Sang kakak akan memulai dari nol, sementara sang adik memiliki pengalaman yang lebih banyak bersama Ducati. Tidak sedikit kritik dan sorotan tentang bagaimana ia akan mengelola kehadiran Marc Marquez yang sangat besar di tim.

Tampil sebagai tamu di program Spanyol Operación Triunfo, Alex Marquez memberikan pendapatnya tentang kritik yang diterimanya, mengklaim bahwa dia memiliki bahu yang kuat untuk memahami mana yang membangun dan mana yang harus diabaikan.

“Saat ada yang tidak beres, Anda harus tahu siapa yang mengkritik Anda secara konstruktif dan siapa yang dapat membantu Anda. Sebagai contoh, para pembenci memotivasi saya. Mendengar semua hal baik di akhir hari membuat Anda tenang, sedangkan kebencian membuat Anda berpikir ‘Saya akan berusaha lebih keras dan membungkam mereka’,” ungkapnya.

“Ketika Anda keluar dari sini, Anda akan menyadari apa yang selalu mereka katakan kepada saya, yaitu yang penting adalah mereka membicarakan Anda. Pada hari mereka berhenti, Anda tamat’.”

Alex Marquez telah mampu menemukan kekuatan untuk tidak membiarkan kritik menjatuhkannya dan belajar untuk memilah-milahnya. Tidak hanya itu, dari sikap pembenci, yang secara obyektif tidak sopan, dia telah mampu menemukan dorongan untuk meningkatkan dirinya sebagai seorang atlet.

Tentu saja, semua itu tidak mudah bagi rider Spanyol ini, yang hanya dengan waktu dan orang-orang yang tepat di sekitarnya mampu mengubah kebencian menjadi kekuatannya.

“Pada awalnya memang menyakitkan karena Anda tidak terbiasa, tetapi pada akhirnya kembali lagi pada apa yang saya katakan sebelumnya, Anda harus fokus pada kritik yang membangun. Ketika sampai pada kritik yang menyakitkan, mengapa harus membuang waktu untuk itu? Anda harus mengesampingkannya dan hanya itu saja,” tuturnya.

“Akan selalu ada orang yang ingin menyakiti Anda, karena ada begitu banyak rasa iri dan ada begitu banyak orang yang ingin berada di posisi Anda. Namun yang terpenting adalah mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang tepat. Ada banyak orang yang mengambil semua yang Anda miliki. Anda harus mengelilingi diri Anda dengan baik, memiliki keluarga di sekitar Anda dan mereka yang membantu Anda tetap berpijak di tanah.”

Bantuan datang dari salah satu orang terdekatnya, yang mulai tahun ini juga akan dekat secara fisik. Marc dan Alex Marquez akan berbagi box, motor, data, dan tim. Ini mungkin tampak seperti keuntungan besar bagi keduanya, tetapi saudara bungsu dari Cervera ini menjelaskan bahwa hal ini tidak selalu terjadi dan pada akhirnya pekerjaan berfokus pada diri mereka sendiri.

“Kami berbicara, tetapi tidak banyak. Dia dengan satu cara dan saya dengan cara yang lain. Begitu juga dengan pembalap lain, terkadang berbicara malah membingungkan dan bukannya membantu,” katanya.

“Itulah mengapa setiap orang harus melakukan pekerjaannya sendiri dengan tim dan orang-orangnya sendiri. Jika Anda memiliki keraguan, tentu saja akan lebih baik jika Anda bertanya kepada saudara Anda dan bertanya ‘Bagaimana Anda melakukannya?’.”

Marc Marquez mungkin merupakan rekan setim yang tidak nyaman karena ekspektasi dan ekspektasinya. Di saat yang sama, ia akan menjadi pendorong bagi Alex untuk meningkatkan kemampuannya lebih jauh, seperti yang dijelaskan oleh pembalap Gresini ini.

“Saya sangat suka mengamati orang-orang di sekitar saya. Sebagai contoh, saudara laki-laki saya telah memenangi delapan kejuaraan dunia, jadi saya bertanya pada diri saya sendiri ‘Apakah dia bagus, apa yang dia lakukan lebih baik dari saya?’”

“Kadang-kadang orang, ketika mereka memiliki seseorang di samping mereka yang lebih baik dari mereka, mengatakan bahwa mereka beruntung dan hanya itu. Tetapi jika Anda melihatnya dengan ide ingin belajar, itu bagus, karena itu memungkinkan Anda untuk berkembang’.”

Dari kisah Alex Marquez, kita belajar bahwa kritik tidak selalu buruk. Kritik yang membangun dan kritik yang diabaikan harus dipilah dengan bijak. Kritik yang membangun akan menjadi pendorong bagi kita untuk terus meningkatkan diri, sementara kritik yang diabaikan adalah hal yang tidak perlu untuk disikapi. Dan yang paling penting, kita harus mengelilingi diri dengan orang-orang yang tepat, yang dapat membantu kita tumbuh dan berkembang, serta menjauhkan diri dari orang-orang yang hanya ingin menyakiti dan merugikan.

Related Articles

Leave a Comment

16 − 8 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.