Home Otomotif Motor TMX125 Alpha: Reinkarnasi Klasik Honda Win

Motor TMX125 Alpha: Reinkarnasi Klasik Honda Win

by Rohmat Ali

Honda Win, motor legendaris yang pernah populer di Indonesia, kini sudah tidak lagi dijual di tanah air. Namun, desain khas motor yang banyak dipinang kantor pemerintahan itu masih tetap eksis di Filipina. Negara tersebut menjual motor mirip Honda Win dengan nama TMX125 Alpha. Motor ini memiliki desain yang mengingatkan tentang eksistensi Honda Win dengan ciri-ciri seperti lampu kotak, tangki panjang yang ramping, serta spatbor melengkung dengan aksen chrome.

Tampilan klasik dari Honda TMX125 Alpha semakin kuat berkat penggunaan suspensi teleskopik di bagian depan, dan suspensi ganda yang terekspos tanpa cover di bagian belakang. Bahkan, terdapat besi semacam rak di bagian belakang motor yang berguna untuk membawa dokumen. Perlu diketahui bahwa meskipun motor-motor Honda saat ini sudah menerapkan panel meter digital, namun area kokpit TMX125 Alpha masih menggunakan jarum analog, memberikan nuansa klasik yang kental pada motor ini.

Jika dilihat dari eksteriornya, TMX125 Alpha memang sangat mirip dengan Honda Win. Desain yang klasik dikombinasikan dengan konsumsi bahan bakar yang sangat irit menjadi nilai jual yang ditawarkan pada motor ini. Konsumsi bahan bakarnya mencapai 62,5 km per liter, hal ini tentunya menjadi daya tarik tersendiri bagi para konsumen. Konsumsi BBM se-irit itu diuji coba dalam kecepatan konstan 45 km/jam. Selain itu, TMX125 Alpha juga masih menggunakan sistem pengkabutan karburator dan sistem pengapian yang menggunakan Capasitor Discharge Ignition (CDI).

Bedanya dengan Honda Win yang menggunakan mesin 100 cc, TMX125 Alpha ini hadir dengan mesin berkapasitas 125 cc. Dengan mesin ini, motor ini mampu menghasilkan tenaga 7,16 hp di 8.000 rpm dan torsi 9,1 Nm di 6.500 rpm. Kemampuan motor ini disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan.

Dari segi ukuran, Honda TMX125 Alpha ini didesain ramah untuk orang-orang Asia, dengan tinggi jok hanya 759 mm dan ground clearance mencapai 156 mm. Motor ini juga menggunakan ban berukuran 18 inch untuk roda depan maupun belakang, memberikan kesan jangkung yang cocok untuk penggunaan sehari-hari.

Di Filipina, TMX125 Alpha tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Matte Armored Silver Metallic, Candy Ruby Red, dan Black. Harganya pun cukup terjangkau, sekitar 56.900 Peso atau sekitar Rp 15,8 jutaan saja (kurs 1 Peso Filipina = Rp 278,58). Harga yang cukup bersahabat ini bahkan lebih murah dari Honda BeAT di Indonesia. Dengan desain klasik, konsumsi bahan bakar yang irit, serta harga yang terjangkau, tidak heran jika TMX125 Alpha menjadi daya tarik tersendiri di Filipina.

Sejarah Honda Win mungkin sudah berakhir di Indonesia, namun eksistensinya masih tetap terasa di Filipina melalui Honda TMX125 Alpha. Dengan desain klasik yang mampu membangkitkan kembali nostalgia akan motor-motor legendaris, TMX125 Alpha menjadi pilihan menarik bagi pecinta motor klasik yang juga mengutamakan efisiensi dan harga yang terjangkau. Semoga saja, Honda dapat membawa kembali nuansa klasik seperti ini ke tanah air untuk memberikan variasi yang menarik di industri otomotif Tanah Air.

Related Articles

Leave a Comment

18 − 17 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.