Home Otomotif BYD Pecahkan Rekor Penjualan Mobil Listrik

BYD Pecahkan Rekor Penjualan Mobil Listrik

by Rohmat Ali

BYD, Pabrikan Mobil Listrik Asal China yang Melejit dan Menyalip Tesla

Seiring dengan perkembangan teknologi dan kepedulian terhadap lingkungan, industri otomotif dunia semakin melirik kendaraan ramah lingkungan, seperti mobil listrik. Di tengah persaingan sengit di industri mobil listrik, perusahaan asal China, BYD, berhasil menyalip Tesla dan mencetak rekor penjualan mobil listrik di dunia. Dari data yang dirilis pada Desember 2023, BYD berhasil mencapai target 3 juta unit pengiriman sepanjang tahun 2023, jauh meninggalkan pesaingnya, Tesla, yang hanya berhasil menjual 1,8 juta mobil listrik di seluruh dunia.

BYD, yang bermarkas di Shenzen, berhasil menjual 3.024.417 unit mobil, naik sekitar 61,9 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Dari total penjualan tersebut, mobil listrik bertenaga baterai memberikan kontribusi sebesar 52,3 persen atau sekitar 1,57 juta unit. Sementara mobil berjenis plug-in hybrid (PHEV) memberikan kontribusi sebesar 47,7 persen dengan penjualan sebanyak 1,44 juta unit. Data menunjukkan bahwa BYD mampu menciptakan produk yang diminati oleh pasar global.

Model mobil BYD yang paling laris adalah BYD Song. Penjualan BYD Song selama tahun lalu tercatat mencapai 640.749 unit, naik 33 persen dari tahun sebelumnya. Model BYD Song memberikan kontribusi sebesar 21 persen dari keseluruhan model BYD. Berbeda dari BYD Dolphin, Song ditawarkan dalam dua opsi yakni PHEV dan BEV (Battery Electric Vehicle). Tercatat beberapa model BYD Song yang sukses meraih perhatian pasar, antara lain Song Pro DM-i, Song Max DM-i, Song Plus EV, dan Song L. Terbukti dengan suksesnya, model terbaru BYD Song L bahkan berhasil terjual sebanyak 8.000 unit dalam kurun waktu 3 hari. Ini menunjukkan bahwa BYD Song L merupakan model yang diminati oleh konsumen.

Selain BYD Song, model terlaris kedua adalah BYD Qin, yang terjual sebanyak 482.145 unit, diikuti oleh BYD Yuan sebanyak 428.580 unit, dan BYD Dolphin dengan penjualan sebanyak 367.419 unit. BYD mampu menciptakan berbagai pilihan model yang sesuai dengan selera dan kebutuhan konsumen, dan hal ini tercermin dari keberhasilan penjualan yang mereka raih.

Di bawah BYD Dolphin, ada model BYD Seagull yang berhasil terjual sebanyak 280.217 unit. BYD Seagull merupakan BEV entry level yang menjadi pesaing utama Wuling Bingo di China. Persis di bawah BYD Dolphin dan Seagull, ada BYD Seal yang terjual sebanyak 127.323 unit sepanjang 2023. Data tersebut menunjukkan bahwa BYD mampu menciptakan beragam model mobil listrik dengan berbagai segmen dan harga yang dapat menjangkau berbagai lapisan masyarakat.

Kesuksesan BYD dalam meraih rekor penjualan mobil listrik ini menunjukkan bahwa perusahaan asal China itu memiliki konsep dan strategi yang tepat dalam mengembangkan dan memasarkan produk mereka. Dengan menghadirkan beragam model mobil listrik yang sesuai dengan kebutuhan pasar, BYD mampu menarik minat konsumen global dan menyalip kepopuleran Tesla dalam hal penjualan mobil listrik.

Kesuksesan BYD juga diwujudkan melalui kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan di industri otomotif, termasuk penelitian dan pengembangan teknologi baterai dan tenaga, serta peningkatan infrastruktur pengisian mobil listrik. Hal ini menunjukkan komitmen BYD dalam menghasilkan produk mobil listrik yang ramah lingkungan dan efisien sehingga mampu menghadirkan solusi transportasi masa depan yang berkelanjutan.

Dengan pencapaian rekor penjualan mobil listrik di dunia, BYD membuktikan bahwa mereka merupakan pemain utama dalam industri mobil listrik global. Dukungan dari konsumen global yang semakin sadar akan kebutuhan akan mobil listrik dan dukungan pemerintah terhadap pengembangan mobil ramah lingkungan menjadi faktor kunci dalam kesuksesan BYD. Di masa depan, diharapkan BYD mampu terus berkembang dan menghadirkan inovasi-inovasi terbaru dalam industri mobil listrik yang dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

Related Articles

Leave a Comment

six + fifteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.