Home News MotoGP Enea Bastianini: Perjuangan dan Kebangkitan di Tahun Debut Ducati

Enea Bastianini: Perjuangan dan Kebangkitan di Tahun Debut Ducati

by Dita

Ducati Dominasi MotoGP 2023: Kisah Perjuangan Enea Bastianini

Ducati berhasil mencatatkan sejarah baru pada 2023 dengan mendominasi seluruh kejuaraan MotoGP. Mereka berhasil memenangi semua gelar yang dipertaruhkan dan mengukuhkan dirinya sebagai merek yang harus dikalahkan musim depan. Francesco Bagnaia menjadi perwakilan Borgo Panigale pertama yang meraih trofi juara dua tahun berturut-turut. Namun, di tengah kemenangan tersebut, ada kisah perjuangan yang dialami oleh salah satu pembalap Ducati, yaitu Enea Bastianini.

Musim debutnya di tim pabrikan tidak berjalan mulus bagi Enea Bastianini. Ia beralih dari GP22 ke motor 2023, sebuah lompatan besar yang membutuhkan banyak adaptasi. Namun, situasinya tidak mudah dan adaptasi dengan motor baru ini terganggu oleh cedera yang dideritanya pada balapan pertama musim ini. Dalam Sprint Race di Portimao, ia terseret ke tanah oleh Luca Marini dan mengalami patah tulang belikat kanan. Cedera ini menjadi awal dari serangkaian cedera yang dialami oleh Bastianini sepanjang musim 2023.

Absen dalam beberapa balapan meski sempat mencoba bangkit kembali di Jerez, ia kembali ke lintasan pada Juni di Mugello, hanya untuk kembali cedera di Barcelona, ketika ia memicu karambol pertama di awal balapan Minggu. Meskipun mengalami cedera, Bastianini berhasil mencatat kemenangan di Grand Prix Malaysia, di mana ia berhasil bangkit kembali setelah hampir satu musim penuh dengan rasa frustrasi. Meskipun demikian, hasil akhir tidak bisa dikatakan adil baginya, hanya menempati posisi ke-15 di kejuaraan tentu saja bukan yang ia harapkan di awal tahun.

Dalam menghadapi semua kesulitan tersebut, Bastianini mengakui bahwa bahkan tanpa serangkaian cedera yang membekapnya, memperjuangkan gelar juara akan menjadi sesuatu yang sulit. Jauh sebelum mengalami cedera, pembalap Ducati ini harus berjuang keras untuk beradaptasi dengan GP23, yang secara radikal berubah dari yang biasa ia gunakan tahun sebelumnya bersama Gresini.

Menurut Bastianini, “Secara mental dan fisik, ini adalah musim yang sulit. Setelah cedera pertama, saya menyadari bahwa sulit atau bahkan tidak mungkin untuk kembali ke jalur yang benar dengan cepat. Pada saat itu, saya juga menyadari bahwa peluang saya untuk memenangkan gelar adalah 0. Itu sangat, sangat aneh. Ketika saya kembali, bahu saya tidak enak pada tiga atau empat balapan pertama. Saat saya sudah baikan lagi, saya terjatuh lagi dan cedera lagi. Secara mental, itu sangat, sangat sulit. Saya selalu fokus dan positif, tetapi itu sulit. Tapi saya kembali, saya menang dan itu sangat bagus untuk kita semua.”

Pentingnya untuk bangkit kembali, inilah yang diajarkan oleh Bastianini kepada kami di 2023. Kesulitan selama musim ini tidak menghentikannya untuk memaksakan diri ketika ia melihat ada kesempatan. Di Sepang, bukan kejuaraan dunia yang dipertaruhkan, melainkan kebanggaan dan keinginan besar untuk menebus kesalahan. “Itu penting. Akhir pekan itu saya sangat fokus pada tujuan saya. Pada Sabtu, saya menyadari bahwa saya sangat cepat dalam hal kecepatan. Jadi saya berkata pada diri saya sendiri, ‘Oke, saya bisa menang besok’. Saya memasuki balapan dengan tujuan itu dan tidak ada yang lain. Tujuan saya bukan untuk finis di podium, saya hanya ingin menang lagi. Saya melihat Alex Marquez semakin dekat, lap demi lap, sekali 0,7 detik, lalu setengah detik, lalu 0,7 lagi. Pada akhirnya, saya berusaha keras, bahkan sampai melewati batas, dan kami berhasil.”

Cedera atau tidak, Bastianini melihat kenyataan yang ada dan terlepas dari kemenangan di Sepang, ia mengakui bahwa memperjuangkan gelar di tahun debutnya di tim pabrikan adalah skenario yang tidak realistis. “Itu akan sangat sulit, karena motor 2022 sangat bagus dan menyenangkan untuk gaya berkendara saya. Motor 2023 lebih sulit untuk dipacu hingga batas maksimal. Itu aneh karena salah satu kekuatan saya adalah masuk tikungan dan dengan motor ini sulit untuk dipahami. Tapi pada akhirnya, itu bekerja dengan baik. Saya kompetitif di Malaysia dan Qatar karena kami memahami sesuatu. Tim juga mengenal saya lebih baik. Tapi ya, akan sulit bagi saya untuk memenangkan gelar, bahkan tanpa cedera.”

Kebangkitan Bastianini juga membuatnya kembali mendapat kepercayaan dari tim pabrikan, yang tidak akan mengesampingkannya hingga 2024. Ducati tetap menunjukkan kepercayaan dan dukungannya kepada pembalap Italia itu. Bastianini mencatat hal ini dan menunjukkan apresiasi yang tinggi, “Ini sangat penting bagi saya, karena konfirmasi dari Ducati berarti ‘Oke, kami mendukung Anda’. Mereka tahu potensi saya, semua orang di Ducati, dan tahun lalu potensi itu tidak terwujud. Pada akhirnya, saya berhasil, tetapi saya selalu tertinggal karena cedera. Itu sangat sulit. Tapi, Ducati selalu mendukung saya dan sekarang hubungan saya dengan kepala teknis dan semua teknisi sangat baik. Saya senang berada di tim ini.”

Dengan berbagai perjuangan dan kesulitan yang dialami, Enea Bastianini berhasil menunjukkan ketangguhan dan kegigihan dalam menghadapi musim debutnya di tim pabrikan. Meskipun tidak berhasil memenangkan gelar, Bastianini tetap menjadi sosok yang patut diapresiasi atas semangatnya dalam menghadapi segala rintangan. Ducati pun tetap memberikan dukungan penuh kepada pembalapnya ini untuk musim-musim yang akan datang.

Related Articles

Leave a Comment

five × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.