Home Otomotif Road Trip Hemat Naik Mobil Listrik: Tri Mas Petir Telusuri Jawa

Road Trip Hemat Naik Mobil Listrik: Tri Mas Petir Telusuri Jawa

by Rohmat Ali
test drive mobil listrik lintas jawa 169 jpeg

Mobil Listrik Jadi Pilihan Favorit untuk Liburan – Hemat dan Ramah Lingkungan

Kendaraan ramah lingkungan semakin diminati oleh masyarakat, salah satunya adalah mobil listrik. Selain dianggap lebih efisien, biaya penggunaan mobil listrik pun diklaim lebih murah. Klaim tersebut coba dibuktikan oleh Tri Mas Petir, tiga petualang dari detikOto yang melakukan perjalanan menggunakan kendaraan listrik. Mereka adalah Rangga Rahadiansyah, M Luthfi Andika, dan Muhammad Hafizh Gemilang yang memanfaatkan mobil listrik Toyota bZ4X, Hyundai Ioniq 5, dan BMW iX untuk perjalanan kali ini.

Pertama, Rangga menyetir sejauh 1.327 km dari Bekasi ke Yogyakarta dan kembali lagi ke Bekasi dengan mobil listrik Toyota bZ4X. Selama perjalanan itu, Rangga hanya enam kali ngecas di SPKLU yang tersebar sepanjang perjalanan sampai Yogyakarta. Total biaya listrik yang dikeluarkan untuk ngecas mobil hanya sebanyak Rp 565.772 untuk perjalanan 1.300 km. Itu pun energi listrik masih tersisa banyak sesampainya di rumah di Bekasi. Pengalaman Rangga ini membuktikan betapa hematnya penggunaan mobil listrik dalam perjalanan jarak jauh.

Selain hemat, waktu untuk pengisian daya mobil listrik juga tidak terlalu lama. Sekali ngecas mobil listrik membutuhkan waktu 1-2 jam. Waktu ngecas tersebut bisa dimanfaatkan sambil istirahat, makan, ibadah, atau bahkan bekerja. Hal ini menunjukkan kemudahan dan kenyamanan pengisian daya mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh.

Luthfi juga berhasil membuktikan kehandalan mobil listrik dalam perjalanannya dari Jakarta ke Purwokerto PP. Total biaya ngecas yang ia habiskan cuma Rp 321.045 untuk perjalanan sejauh 881 km. Pengalaman Luthfi ini menunjukkan bahwa infrastruktur pengisian daya mobil listrik juga semakin berkembang, dengan tersedianya SPKLU fast charging dengan arus DC.

Tidak ketinggalan, Muhammad Hafizh Gemilang juga telah menguji BMW iX di lintas Jawa. Perjalanan sejauh 1.529 km dari Bandung ke Solo, Magelang, Wonosobo, Purwokerto, dan balik ke Jakarta berhasil dilalui dengan biaya ngecas cuma Rp 767.666. Pada perjalanan ini, Hafizh melewati beragam medan dan menemui berbagai tantangan, namun mobil listrik BMW iX terbukti sangat mumpuni untuk melahap medan berat.

Dari pengalaman ketiga petualang tersebut, terlihat bahwa membawa mobil listrik untuk road trip jarak jauh sudah menjadi pilihan yang aman dan nyaman. Infrastruktur pengisian daya mobil listrik juga semakin baik, dengan semakin banyaknya SPKLU yang menyediakan fasilitas fast charging. Meski begitu, penentuan rencana perjalanan dan titik pengisian daya yang tepat tetap menjadi hal yang penting dalam membawa mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh.

Melihat fakta-fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan mobil listrik memang lebih hemat dan ramah lingkungan. Biaya penggunaan mobil listrik untuk perjalanan jarak jauh jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan mobil berbahan bakar konvensional. Dengan adanya infrastruktur pengisian daya yang semakin berkembang, membawa mobil listrik untuk liburan jarak jauh juga menjadi lebih nyaman dan aman.

Jadi, bagi Anda yang ingin merencanakan liburan jarak jauh, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan menggunakan mobil listrik. Selain hemat, penggunaan mobil listrik juga turut berkontribusi dalam menjaga lingkungan. Ditambah lagi dengan semakin berkembangnya infrastruktur pengisian daya mobil listrik, menjadikan mobil listrik sebagai pilihan yang menarik untuk liburan Anda. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi pertimbangan dalam memilih kendaraan untuk liburan Anda. Terima kasih atas perhatian Anda. Semoga liburan Anda menyenangkan!

Related Articles

Leave a Comment

nineteen − four =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.