Home Otomotif Tangguhnya Kijang Innova Zenix Merajai Penjualan

Tangguhnya Kijang Innova Zenix Merajai Penjualan

by Rohmat Ali
tangguhnya innova zenix melibas jalan berbukit sumatera 169 jpeg

Kijang Innova, Mobil Terlaris Sepanjang Tahun 2023

Toyota Kijang Innova memegang predikat sebagai mobil terlaris sepanjang tahun 2023 di Indonesia. Hal ini merupakan prestasi yang membanggakan mengingat persaingan dalam pasar otomotif Tanah Air sangat ketat. Melihat data wholesales yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan Innova mengalahkan pesaingnya, Honda Brio, dan menduduki posisi puncak dalam daftar mobil terlaris.

Tidak dapat dipungkiri bahwa Kijang Innova telah mencatatkan angka distribusi yang sangat tinggi sepanjang tahun 2023. Toyota berhasil mendistribusikan 66.460 unit Kijang Innova ke seluruh dealer di Indonesia. Tidak hanya varian standar, namun varian terbaru yaitu Zenix juga memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap peningkatan penjualan. Menariknya, Toyota juga masih tetap memasarkan Innova Reborn dengan status Spot Order, menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap mobil ini masih sangat tinggi.

Ada beberapa alasan kuat yang membuat Kijang Innova berhasil menduduki posisi puncak dalam daftar mobil terlaris. Toyota mengungkap bahwa Innova memiliki sejumlah keunggulan yang sangat menarik bagi konsumen. Salah satu keunggulan utama terletak pada penggunaan platform TNGA: GA-C. Varian Zenix secara khusus memakai platform Toyota New Global Achitecture (TNGA): GA-C dengan struktur monocoque yang menggantikan ladder-on-frame. Hal ini membuat mobil lebih rigid, mengurangi bising di kabin, dan mengurangi bobot hingga 170 kg. Selain itu, Innova Zenix juga memiliki mesin M20A-FKS Dynamic Force yang menawarkan akselerasi optimal dan konsumsi BBM yang lebih hemat. Bahkan, versi hybridnya dibekali mesin M20A-FXS yang dipadukan dengan motor listrik compact, serta transmisi CVT K120 yang mengadopsi mode Sequential Shiftmatic 10-speed.

Keunggulan lainnya terletak pada kenyamanan dan fitur keselamatan yang disematkan dalam Innova. Karena penggunaan platform baru, kabin Innova jadi lebih lapang, menambah kenyamanan pengemudi maupun penumpang sepanjang perjalanan. Fitur-fitur keselamatan juga tidak kalah penting, dengan dilengkapi sistem keselamatan Toyota berbasis sensor dan radar seperti Pre-Collision System(PCS), Dynamic Radar Cruise Control(DRCC), Lane Departure Alert(LDA) & Lane Tracing Assist(LTA), serta Automatic High Beam(AHB).

Sebagai informasi tambahan, harga jual kembali juga turut menjadi faktor pendukung dalam kesuksesan penjualan Kijang Innova. Di Indonesia, harga jual kembali mobil menjadi salah satu pertimbangan penting bagi konsumen sebelum memutuskan untuk membeli. Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, pernah mengungkap bahwa Innova merupakan salah satu model yang memiliki nilai jual kembali cukup tinggi. Bahkan, model hybridnya juga memiliki resale value yang bagus.

Dari pernyataan Anton, terlihat bahwa Innova tetap memegang posisi yang kuat dalam hati masyarakat Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan pernyataan beliau bahwa Kijang Innova dan Avanza merupakan model-model yang masih sangat diminati di pasar otomotif Tanah Air. Hal ini sangat wajar mengingat keduanya merupakan produk dari Toyota yang telah terbukti kualitas dan ketangguhannya dalam berbagai medan.

Kesimpulannya, kesuksesan penjualan Kijang Innova sebagai mobil terlaris sepanjang tahun 2023 tidaklah terlepas dari berbagai keunggulan yang dimilikinya. Mulai dari penggunaan platform baru, mesin yang efisien, kenyamanan dan fitur keselamatan yang lengkap, hingga nilai jual kembali yang tinggi. Semua faktor ini menjadikan Kijang Innova pilihan utama masyarakat Indonesia dalam memiliki kendaraan pribadi yang handal dan nyaman.

Dengan demikian, tidak mengherankan apabila Kijang Innova terus mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris di Indonesia. Toyota sebagai produsen mobil tersebut terus menghadirkan inovasi dan kualitas yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga, tidak ada yang dapat menghentikan kejayaan Kijang Innova dalam pasar otomotif Tanah Air.

Related Articles

Leave a Comment

five × four =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.