Home News MotoGP Marc Marquez: Langkah Baru ke Gresini Ducati

Marc Marquez: Langkah Baru ke Gresini Ducati

by Dita

Marc Marquez: Memulai Petualangan Baru dengan Gresini Racing

Marc Marquez, pembalap grand prix delapan kali yang telah memenangkan gelar juara dunia sebanyak delapan kali, kini memulai petualangan baru dalam kariernya di MotoGP. Untuk pertama kalinya sejak debutnya di kelas premier pada tahun 2013, Marquez tidak lagi menjadi bagian dari tim pabrikan Honda. Setelah mengalami musim yang sulit pada tahun 2023 karena ketidakmampuan motor Honda bersaing secara kompetitif, Marquez memutuskan untuk mengakhiri kontraknya dengan HRC setahun lebih awal dan bergabung dengan Gresini Ducati untuk mengendarai motor GP23.

Langkah ini telah menjadi sorotan utama sejak diumumkan pada bulan Oktober lalu, dan tes perdananya dengan motor Ducati di Valencia pada bulan November menarik banyak perhatian. Meskipun hanya menempati posisi keempat secara keseluruhan dan hanya terpaut 0,171 detik dari catatan waktu tercepat, Marquez tidak diizinkan untuk berbicara kepada media setelahnya karena alasan kontrak. Namun, hal ini tidak mengurangi minat publik terhadap langkah besar yang diambil oleh pembalap asal Spanyol tersebut.

Tak lama setelah tes di Valencia, Marquez menjalani operasi untuk mengatasi masalah lengan yang telah mengganggunya di paruh kedua musim sebelumnya. Namun, hal ini tidak menghentikan semangatnya untuk mempersiapkan diri menghadapi musim 2024 yang baru.

Pada acara peluncuran resminya di Riccione, Italia, Gresini memperkenalkan livery yang akan digunakan pada tahun 2024. Tim akan menggunakan livery yang mirip dengan tahun sebelumnya, tetapi tentu saja dengan sentuhan-sentuhan baru yang membuatnya terlihat segar dan menarik.

Sejak 1 Januari, Marquez sudah bisa berbicara di depan publik tentang kepindahannya dari Honda ke Ducati. Dalam wawancara dengan DAZN awal bulan ini, Marquez mengatakan bahwa ia beradaptasi lebih cepat dari yang ia perkirakan dengan Ducati pada tes pertama. Hal ini menunjukkan bahwa Marquez siap untuk menghadapi tantangan baru bersama tim barunya.

Dalam wawancara lain di sebuah acara media, Marquez menepis komentar yang dilontarkan manajer umum Ducati Gigi Dall’Igna pada November lalu. Dall’Igna mengatakan bahwa tim asal Italia itu tidak menginginkan pembalap Spanyol itu berada di dalam timnya. Namun, Marquez menegaskan bahwa ia tidak pernah merasa demikian, dan bahwa ia siap untuk memberikan yang terbaik bersama tim Gresini Ducati.

Marquez tidak dapat membawa kru intinya dari Honda ke Gresini, kecuali teknisi ban Javi Ortiz. Ia akan didampingi oleh mantan kepala kru Joan Mir dan Fabio Di Giannantonio, Frankie Carchedi. Hal ini menunjukkan bahwa Marquez akan bekerja sama dengan tim yang telah terbukti memiliki kemampuan dan pengalaman yang dibutuhkannya untuk meraih kesuksesan di MotoGP.

Untuk pertama kalinya sejak tahun 2020 di tim pabrikan Honda, Marc Marquez akan menjadi rekan satu tim dengan adiknya, Alex Marquez. Alex Marquez sendiri melakukan hal serupa dari Honda ke Gresini tahun lalu dan berhasil memenangkan dua balapan sprint dalam musim yang solid untuk pembalap Spanyol itu. Kini, keduanya akan bersaing di lintasan bersama, membuktikan bahwa talenta balap mereka tidak bisa dianggap enteng.

Gresini sendiri meraih kesuksesan pada tahun 2023 berkat Di Giannantonio, yang meraih kemenangan perdananya di GP Qatar. Namun, masa depannya menjadi tidak menentu setelah Marc Marquez mengambil alih posisinya untuk tahun 2024. Di Giannantonio akan membalap untuk VR46 Ducati musim ini, menggantikan Luca Marini setelah pembalap Italia itu dipilih Honda sebagai pengganti Marquez. Hal ini menunjukkan bahwa persaingan di MotoGP semakin ketat, dan setiap pembalap harus bekerja keras untuk mempertahankan posisinya di lintasan.

Dengan semua perubahan dan persiapan yang telah dilakukan, Marc Marquez siap untuk memulai petualangan barunya dengan Gresini Racing. Semua mata akan tertuju pada pembalap asal Spanyol ini, dan harapan pun tinggi bahwa ia akan mampu menunjukkan performa terbaiknya di musim 2024. Menjadi bagian dari tim baru tentu membawa tantangan tersendiri, tetapi Marquez telah membuktikan bahwa ia adalah seorang pembalap yang tangguh dan mampu beradaptasi dengan situasi apapun.

Dengan semangat juang yang tinggi dan dukungan penuh dari tim Gresini Racing, tidak ada yang bisa menghentikan Marquez dalam meraih sukses di MotoGP. Semua mata akan tertuju pada langkah-langkahnya selanjutnya, dan kita semua berharap bahwa Marquez akan mampu menorehkan prestasi gemilang bersama tim barunya.

Related Articles

Leave a Comment

one + 8 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.