Home News MotoGP Dominasi Ducati: Nomer 1 di Dunia Motogp & Superbike

Dominasi Ducati: Nomer 1 di Dunia Motogp & Superbike

by VR46 Fans
17059214097829

Ducati: Dominasi Nomor 1 di Dunia Motogp dan Superbike

Ducati, merek motor asal Italia, telah lama dikenal sebagai salah satu pemimpin dalam dunia balap motor, terutama di kategori MotoGP dan Superbike. Tidak hanya itu, Ducati juga telah meraih banyak kemenangan di berbagai ajang balap motor di seluruh dunia. Pada tahun 2023, dominasi Ducati semakin menguat dengan kemenangan di MotoGP dan Superbike, yang dipimpin oleh Pecco Bagnaia dan Álvaro Bautista dengan nomor 1 di motor mereka. Selain itu, Nicol Bulega juga berhasil meraih kemenangan di kategori Supersport, menandai pencapaian gemilang Ducati di berbagai ajang balap motor. Tidak hanya kemenangan, Ducati juga berhasil meraih jumlah podium tertinggi sepanjang sejarah mereka. Dengan pencapaian tersebut, harapan untuk mengulangi kesuksesan di tahun-tahun berikutnya semakin besar.

Salah satu faktor yang mempengaruhi dominasi Ducati adalah kedatangan Marc Márquez, meskipun dia bergabung dengan tim satelit Gresini. Di tim Ducati Lenovo, Pecco Bagnaia yang telah menjadi juara dua kali, akan tetap berada di tim bersama Enea Bastianini. Kedua pebalap Italia ini pertama kali bertemu di Madonna di Campiglio, di tengah salju. Pada acara tersebut, Claudio Domenicali, CEO Ducati, mengungkapkan kebanggaannya atas pencapaian luar biasa Ducati pada tahun 2023. Namun, ia juga menegaskan bahwa tantangan yang dihadapi oleh tim Ducati tidaklah mudah. Perubahan aturan yang signifikan akan menjadi ujian bagi kedua tim Ducati. Namun, Domenicali yakin bahwa jika hasil yang sama dapat diulang, maka pencapaian tersebut akan menjadi lebih berharga karena akan memberikan keuntungan bagi tim lain di MotoGP dan akan memberikan hukuman (berat) bagi Álvaro Bautista.

Gigi Dall’Igna, direktur umum departemen balap Ducati, juga memberikan pandangannya terhadap tahun 2024. Menurutnya, uji coba di Valencia adalah momen yang sulit karena fokusnya pada hal-hal jangka panjang seperti mesin, yang kemudian akan dibekukan. Mesin yang handal dan memiliki daya dorong yang baik sangat diperlukan. Dalam beberapa tahun terakhir, Ducati mengalami kesulitan dalam meningkatkan performa mesin, namun pada tahun ini mereka berhasil melakukannya. Pecco Bagnaia merasa senang dengan peningkatan performa mesin tersebut. Gigi juga menekankan bahwa aerodinamika pada carenado Ducati akan berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Para pebalap MotoGP, Pecco Bagnaia dan Enea Bastianini, juga memberikan pandangan mereka terhadap musim balap yang akan datang. Pecco Bagnaia mengatakan bahwa di Valencia, sulit untuk menunjukkan perbedaan yang signifikan, namun ia melihat adanya perbedaan positif. Ia juga menyadari bahwa level persaingan akan semakin tinggi, terutama dengan kehadiran delapan motor Ducati di lintasan. Sementara itu, Enea Bastianini berharap untuk tidak mengalami cedera di musim balap yang akan datang. Ia merasa nyaman dengan performa GP24 dan menyatakan bahwa meskipun perubahan yang terjadi tidak begitu signifikan, namun ia merasa senang dengan motor barunya.

Álvaro Bautista, pebalap Superbike, mengungkapkan tantangan yang dihadapinya. Ia menyadari bahwa akan sulit untuk bersaing dengan Nicol Bulega, yang merupakan juara Supersport 2023 dan naik kelas ke Superbike. Meskipun demikian, Bautista merasa percaya diri dan siap menghadapi tantangan tersebut. Ia juga mengakui bahwa ada aturan-aturan baru yang tidak begitu cocok baginya, namun ia tetap berusaha untuk mencapai performa terbaiknya.

Selain dominasi di MotoGP dan Superbike, Ducati juga memperluas proyek balap mereka di motocross. Mauro Grassilli, direktur olahraga baru Ducati, menggantikan Paolo Ciabatti dan memperkenalkan tim motocross Ducati yang akan dipimpin oleh Tony Cairoli dan Alessandro Lupino. Mereka akan berkompetisi di kejuaraan motocross Italia pada tahun 2024 dan di MXGP pada tahun 2025.

Dengan pencapaian gemilang yang telah diraih oleh Ducati, baik di MotoGP, Superbike, maupun motocross, tidak mengherankan jika Claudio Domenicali menyatakan bahwa tim Ducati adalah yang terbaik di dunia balap motor. Dominasi Ducati dalam balap motor telah terbukti melalui kemenangan-kemenangan mereka di berbagai ajang balap motor. Tidak hanya itu, spirit juang tim Ducati juga terlihat dari sikap para pebalapnya yang siap menghadapi tantangan baru di musim balap yang akan datang. Dengan segala pencapaian dan proyek-proyek baru yang dijalankan oleh Ducati, tidak diragukan lagi bahwa mereka adalah yang terbaik dalam dunia balap motor. Ducati memang layak menyandang predikat sebagai nomor 1.

Related Articles

Leave a Comment

twelve + 6 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.