Home News MotoGP Ducati Menolak Konsesi Baru MotoGP untuk Tahun 2024

Ducati Menolak Konsesi Baru MotoGP untuk Tahun 2024

by Dita
francesco bagnaia ducati team

MotoGP 2024: Konsesi Baru untuk Yamaha dan Honda, Tantangan Baru Bagi Ducati

Musim balap MotoGP 2023 menjadi tahun yang sulit bagi Yamaha dan Honda. Performa kompetitif kedua tim tersebut menurun drastis, dan hal ini membuat MotoGP memperkenalkan sistem konsesi baru untuk tahun 2024. Sistem konsesi ini memberikan keuntungan besar bagi Yamaha dan Honda, dengan memberikan mereka kebebasan untuk melakukan pengujian tanpa batas, pengembangan mesin, dan aerodinamika tanpa batas. Namun, hal ini berdampak buruk bagi Ducati, yang harus terbatas pada ban uji, pengujian pribadi, pengembangan mesin, dan tidak diizinkan menurunkan pembalap cadangan. Sebagai hasilnya, Francesco Bagnaia, pembalap Ducati, merasa bahwa konsesi ini tidak adil bagi timnya.

Dalam acara peluncuran Ducati 2024 pada hari Senin, Bagnaia menyatakan bahwa konsesi baru ini memberikan keuntungan yang besar bagi Yamaha dan Honda. Kedua tim tersebut dapat melakukan lebih banyak tes, dan ini akan memberikan mereka keunggulan dalam persiapan untuk musim balap 2024. Bagnaia merasa bahwa konsesi untuk Ducati tidak harus berubah, dan timnya harus tetap memiliki kebebasan yang sama seperti sebelumnya. Menurutnya, Ducati tidak boleh dikurangi dalam hal jumlah hari pengujian, jumlah ban, atau kesempatan untuk wildcard.

Bagnaia juga menyoroti bahwa Yamaha saat ini memiliki Massimo Bartolini, yang sebelumnya bekerja di Ducati. Hal ini menurutnya akan memberikan keuntungan besar bagi Yamaha, karena Bartolini dapat memberikan wawasan yang berharga kepada tim tersebut. Dengan adanya konsesi baru ini, Bagnaia merasa bahwa persaingan di MotoGP akan semakin ketat, terutama dengan kehadiran Marquez di tim Gresini Racing.

Pada hari Sabtu, Gresini Racing meluncurkan corak motornya untuk musim 2024, yang akan dikendarai oleh Marc Marquez. Marquez, yang sebelumnya merupakan pembalap Honda, diprediksi akan mengguncang tatanan persaingan di MotoGP. Namun, Bagnaia meremehkan ancaman Marquez, dengan menyatakan bahwa masih banyak pembalap lain yang sangat kompetitif untuk musim ini. Dia juga menekankan bahwa motor 2023 yang akan digunakan Marquez adalah motor pemenang, yang pastinya lebih baik dari motor yang dia gunakan musim lalu.

Dengan adanya perubahan aturan dan konsesi baru, MotoGP 2024 diprediksi akan menjadi musim balap yang penuh tantangan. Yamaha dan Honda akan berusaha memanfaatkan konsesi baru ini untuk memperbaiki performa mereka, sementara Ducati harus berjuang dengan keterbatasan yang diberlakukan padanya. Namun, dengan semangat kompetisi yang tinggi, para pembalap dan tim akan berusaha memberikan yang terbaik di setiap balapan dan menghasilkan aksi balap yang menarik untuk para penggemar MotoGP di seluruh dunia.

Related Articles

Leave a Comment

2 + 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.