Home News MotoGP Marc Marquez: Transisi ke Tim Baru dan Tantangan MotoGP 2024

Marc Marquez: Transisi ke Tim Baru dan Tantangan MotoGP 2024

by Dita

Marc Marquez: Transisi ke Tim Baru di MotoGP

Marc Marquez, nama yang sudah tidak asing lagi di dunia balap MotoGP. Pembalap asal Spanyol ini telah mengukir sejarah panjang dalam karirnya di ajang balap motor paling bergengsi di dunia. Namun, tahun ini akan menjadi tahun yang berbeda baginya. Bagaimana tidak, setelah bergabung dengan MotoGP sejak tahun 2013, untuk pertama kalinya ia akan mengendarai motor Ducati, bukan lagi Honda yang sudah menjadi rumahnya selama bertahun-tahun.

Tidak hanya itu, Marquez juga tidak akan memikul beban sebagai tim resmi, yang merupakan hal yang ia cari saat bergabung dengan tim yang memiliki atmosfer kekeluargaan seperti Gresini. Bersama tim asal Italia ini, Marquez juga harus terbiasa bekerja dengan tim teknis yang sama sekali berbeda. Sejak Moto2, pembalap Spanyol ini didukung oleh Santi Hernandez, kepala mekanik yang sudah sangat dekat dengannya, dan dia telah membentuk tim teknis yang mengikutinya ke Honda.

Namun, rombongan ini, yang tak terpisahkan darinya, akhirnya tetap bersama pabrikan Jepang untuk mendukung Joan Mir dan Marquez harus membiasakan diri untuk bekerja sama dengan Frankie Carchedi, kepala mekanik Fabio Di Giannantonio yang tahun lalu membawa Mir meraih gelar juara dunia. Sang pembalap dengan nomor 93 tidak merahasiakan fakta bahwa transisi ini merupakan hal yang sulit.

“Setelah 11 musim dalam satu tim dan bahkan lebih banyak lagi dengan rombongan saya, 13 atau 14 tahun, awalnya terasa aneh tetapi ketika saya membuat keputusan, saya benar-benar yakin,” komentar Marquez, yang akan mendapatkan keuntungan dari lingkungan yang akrab di tim barunya.

Dengan bergabung dengan tim seperti Gresini, dengan saudara laki-laki saya sebagai rekan setim, akan membuat perubahan menjadi lebih mudah. Saya sudah tahu akan seperti ini. Saya sudah sangat nyaman dengan semua orang di tes Valencia. Itu adalah hari pertama, ada ekspektasi besar dan semua orang merasa gugup, tetapi [pekan lalu] kami menghabiskan waktu bersama tim. Itu tidak akan menjadi masalah untuk performa di lintasan.

Namun, Marquez sadar bahwa ia akan kesulitan untuk menciptakan kembali hubungan yang kuat dengan tim teknis barunya, mengingat betapa dekatnya ia dengan para anggota yang mengelilinginya di Honda. Mustahil untuk menciptakan atmosfer yang sama karena ini berasal dari 13 tahun (bekerja bersama). Mustahil (untuk mengulangnya) dalam satu tahun. Tapi kami harus menciptakan suasana profesional dengan orang-orang yang baik.

Sejak kedatangannya di MotoGP, Marquez hanya mengenal Santi Hernandez sebagai kepala mekaniknya dan dia tidak ingin membandingkan dirinya dengan Frankie Carchedi, prioritas utamanya adalah menemukan kode untuk berkomunikasi dengan baik dengan insinyur barunya yang berasal dari Inggris-Italia. Dia telah memuji kualitasnya, terutama ketenangannya, dan akan terus mencari tahu metode kerjanya dalam beberapa minggu ke depan.

Kami hanya dapat bekerja selama satu hari di Valencia, namun (minggu lalu) kami bersenang-senang untuk memahami cara kerjanya dan cara kerja saya. Dan, tentu saja, (saya akan) mencoba menyesuaikan gaya saya dengan gayanya [dan] dia akan mencoba menyesuaikan gayanya dengan gaya saya. Mereka adalah orang yang berbeda, tetapi dua teknisi yang sangat baik. Santi telah memenangkan banyak hal, Frankie juga menang dengan pembalap lain, tapi saya tidak akan membuat perbandingan. Saya benci perbandingan, setiap orang memiliki gaya mereka sendiri dan seperti yang saya katakan, yang terpenting adalah performa. Tidak masalah bagaimana, mengapa atau apa yang Anda lakukan. Yang paling penting adalah mencoba dan mendapatkan hasil.

Dengan semangat yang tinggi, Marquez siap untuk menghadapi tantangan baru di MotoGP musim 2024. Meskipun harus beradaptasi dengan lingkungan dan tim teknis yang baru, ia yakin bahwa dengan kerja keras dan komunikasi yang baik, ia dapat mencapai performa terbaiknya. Semua mata akan tertuju pada penampilan Marquez di lintasan, apakah ia dapat mengatasi semua tantangan dan meraih kesuksesan bersama tim barunya. Kita tunggu saja bagaimana perjalanan karir Marc Marquez selanjutnya di MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

four × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.