Home News MotoGP Miguel Oliveira Siap Tampil Perdana dengan Tim Baru Trackhouse

Miguel Oliveira Siap Tampil Perdana dengan Tim Baru Trackhouse

by Dita

Miguel Oliveira: Siap Tampil Perdana dengan Tim Baru di MotoGP 2024

Miguel Oliveira, pembalap asal Portugal, akan menghadapi musim MotoGP 2024 dengan banyak perubahan baginya. Pasalnya, ia akan tampil perdana dengan tim baru setelah hengkangnya RNF Racing milik Razlan Razali karena masalah keuangan, terutama dengan sponsornya, CryptoDATA. Tim barunya adalah Trackhouse, tim asal Amerika yang berasal dari NASCAR.

Dalam acara yang diadakan di Los Angeles pada Sabtu (27/1/2024) lalu, Trackhouse memperkenalkan struktur, pembalap, dan motornya yang akan menghadapi musim pertamanya di kelas utama setahun lebih cepat dari jadwal. Meskipun demikian, hal itu tidak menghentikan mereka untuk tampil dengan penuh semangat.

Trackhouse memiliki hubungan yang lebih kuat dengan Aprilia sebagai tim satelit daripada RNF, dan itu melibatkan kepemilikan motor resmi untuk musim 2024, seperti yang dimiliki oleh Aleix Espargaro dan Maverick Viñales. Dalam peta jalan tersebut, Oliveira dan Raul Fernandez seharunsnya diberi dua motor RS-GP generasi terbaru pada 2024. Namun, karena satu dan lain hal, motor paling anyar diberikan kepada pembalap Portugal tersebut.

Oliveira mengakui bahwa ini adalah “lompatan ke dalam kehampaan”, meskipun ia percaya pada pabrik Noale. Ia mengatakan, “Saya akan melakukan lompatan dua tahun, dari motor 2022 ke motor 2024. Perasaannya akan berbeda dan saya butuh waktu untuk beradaptasi. Saya pikir dalam dua balapan pertama saya mungkin tidak akan mencapai potensi penuh motor, tapi kemudian saya pikir saya akan bisa tetap konsisten di posisi teratas. Ini adalah lompatan yang tidak mudah, tapi saya percaya pada Aprilia.”

Selain itu, Oliveira juga menegaskan bahwa akan terus bekerja sama dengan tim teknis yang sama. Ia mengatakan, “Senang rasanya bisa terus bekerja sama dengan tim yang sama, dan kami akan mendapat dukungan yang baik dari Aprilia. Itu bagus karena memiliki motor resmi tidaklah mudah. Orang-orang dari Noale telah membantu kami tahun lalu dan musim ini kami akan mendapat dukungan yang sama dan lebih banyak orang di dalam tim untuk membantu. Saya pikir mereka akan siap untuk menangani dua motor lagi.”

Mengenai kondisinya, Oliveira berharap pada 2024 akan lebih beruntung, setelah tahun 2023 yang diwarnai dengan cedera, yang berakhir dengan patah tulang belikat kanan. Pembalap asal Iberia ini mengaku sudah 100 persen fit setelah menjalani operasi untuk sindrom kompartemen.

“Saya menjalani operasi untuk mengatasi masalah sindrom kompartemen pada akhir November, tetapi saya punya waktu untuk pulih. Desember merupakan bulan yang berat, tapi saya bisa berlatih dengan baik dan sekarang saya bisa mengatakan bahwa saya sudah 100 persen dan saya tidak sabar untuk ke Sepang untuk melihat level saya yang sebenarnya,” ungkap Oliveira.

Oliveira juga mengungkapkan perasaannya terkait dengan Trackhouse. Ia mengatakan, “Kesan pertama sangat bagus, Anda mengerti bahwa mereka berasal dari dunia balap dan Anda dapat melihat dari dekorasinya seperti apa pendekatan mereka di MotoGP. Sekarang kami harus mendapatkan lebih banyak pengalaman bersama. Balapan demi balapan, waktu akan membuat kami lebih mengenal satu sama lain.”

Mengenai masa depannya, Oliveira mengaku bahwa saat ini tidak ada dalam pikirannya. Ia menyatakan, “Tahun lalu, saya pikir saya menyelesaikan 9 balapan, satu-satunya pikiran saya adalah memberikan kembali kepada Aprilia atas kepercayaan yang mereka berikan kepada saya. 90 persen pembalap sudah tidak memiliki kontrak, jadi saya khawatir, seperti yang lainnya. Menurut saya masih terlalu dini untuk membicarakan masa depan, saat ini tidak ada dalam pikiran saya. Mengingat bahwa Anda melihat kontrak-kontrak yang diputus lebih awal, mereka bisa saja membuka jendela bursa di tengah musim, seperti di sepak bola, untuk mengganti tim dengan cepat, tapi bukan saya yang memutuskannya.”

Terakhir, Oliveira mengungkapkan harapannya terkait format balapan. Ia mengatakan, “Musim ini saya rasa kami tidak bisa mengubah apa pun dalam hal format. Pada akhir tahun lalu, kami melihat semua orang berhasil beradaptasi, sedikit lebih baik. Itu semua tentang pengalaman, meskipun itu berarti lebih banyak tekanan karena Anda harus selalu cepat. Jelas, sebagai pembalap, saya ingin melihat lebih sedikit sprint.”

Dengan semua perubahan dan harapan yang diungkapkan oleh Miguel Oliveira, para penggemar MotoGP tentu akan menantikan penampilannya di musim 2024. Semoga saja pembalap asal Portugal ini dapat sukses dengan tim barunya dan meraih prestasi yang gemilang.

Related Articles

Leave a Comment

thirteen + 19 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.