Home News MotoGP Marc Mrquez Bersenjata GP24 Ducati: Potensi Lebih Tinggi

Marc Mrquez Bersenjata GP24 Ducati: Potensi Lebih Tinggi

by VR46 Fans
17062690056669

Marc Mrquez akan memiliki sebuah Ducati pada tahun 2024, tetapi bukanlah versi 2024, melainkan versi 2023, yaitu GP23, dengan inovasi yang diperkenalkan oleh Bolognese selama tahun lalu… tetapi bukan dengan inovasi musim dingin ini. Di Borgo Panigale, mereka telah bekerja dan akan ada aspek yang akan terasa.

MARCA berbicara dengan Davide Barana, direktur teknis ‘ducatista’, yang menjelaskan di mana Desmosedici paling banyak berkembang. “Kami telah bekerja di semua bidang, karena sebuah motor terdiri dari banyak hal. Anda tidak bisa hanya memikirkan satu, meskipun kadang-kadang ada titik lemah di mana Anda harus fokus, tetapi Anda tidak boleh melupakan yang lain. Di masa lalu, kami mengatakan: ‘Motor tidak berputar, tidak berputar’ dan kami bekerja keras untuk meningkatkan putaran. Tetapi kami terus bekerja pada mesin, pada elektronik. Kinerja bergantung pada sejumlah hal, bukan hanya satu. Dan kami terus dengan filosofi ini. Untuk tahun depan, kami akan memiliki mesin yang lebih baik, dengan sedikit lebih banyak tenaga. Tentu saja, setelah sepuluh tahun dari peraturan yang stabil, selalu sulit untuk menemukan sedikit lebih banyak kekuatan. Tetapi setiap tahun kami mencobanya dan tahun ini kami berhasil mendapatkan seperangkat kinerja yang baik. Juga dengan pengenalan bahan bakar baru, yang merupakan bagian dari hasil ini. Kami telah menguji spesifikasi baru dengan Shell selama lebih dari setahun dan kami cukup puas dengan langkah yang diambil dalam kinerja,” ungkapnya.

Mesin tersebut lebih baik dalam segala hal. “Dari pengalaman tahun lalu, kami sangat memperhatikan untuk mempertahankan kehandalan mesin, karena tahun lalu kami sedikit kesulitan di awal, untuk mendapatkan kembali kehandalan mesin yang lama. Oleh karena itu, itulah mengapa kami membawa mesin baru ke Valencia, tetapi kami bekerja keras pada kalibrasi, untuk siap, dengan berbagai pilihan dan dapat melakukan uji coba, yang harus saya katakan berhasil karena Pecco dan pembalap lainnya senang dan merasakan peningkatan kinerja dan dalam hal kehandalan, sudah sama atau lebih baik dari sebelumnya. Tetapi kita harus berhati-hati karena itu hanya di sirkuit dan seperti Valencia, yang sangat khusus, dengan banyak cengkeraman. Sirkuit dengan cengkeraman seperti itu selalu membantu. Kami akan melihat di tempat yang berbeda, tetapi setidaknya kami meninggalkan Valencia dengan senyum, dengan optimisme,” kata insinyur itu.

Tangan kanan Gigi Dall’Igna yakin di mana peningkatan tersebut akan terasa paling banyak: “Dalam kekuatan”. Namun, itu tidak akan berlebihan. “Mencapai 370 km/jam? Tidak, itu akan terasa dalam beberapa km/jam. Untuk mendapatkan hampir sepuluh km/jam diperlukan puluhan kuda. Selain itu, kecepatan maksimum bergantung pada kekuatan, tetapi juga pada aerodinamika. Jika Anda memiliki banyak permukaan untuk menghasilkan muatan aerodinamis, akan lebih sulit untuk mencapai kecepatan maksimum. Tetapi ada hal lain, oleh karena itu kita harus mencapai keseimbangan,” tambahnya.

Aerodinamika sangat berubah

Selain itu, secara visual akan terlihat perubahan besar. “Kemudian, kami akan memiliki seperangkat aerodinamis, yang, seperti biasa, akan kami bawa ke Sepang. Dalam presentasi, kami melihat aerodinamika tahun sebelumnya… juga karena kami memiliki sedikit komponen, kami selalu tiba pada menit terakhir. Perbedaannya akan terlihat. Jangan berpikir bahwa itu adalah sesuatu yang belum pernah terlihat sebelumnya, tetapi perbedaannya cukup jelas. Dalam simulasi, di atas kertas, itu memberi hasil yang baik dan itu harus dikonfirmasi di lintasan oleh para pembalap, dalam hal sensasi. Juga dengan ukuran, yang akan kami ambil dengan lintasan,” ungkapnya.

Barana tidak berani memberikan persentase tentang seberapa besar perbedaan antara GP24 dan GP23, tetapi ia memberikan data kunci. “Saya pikir perbedaan antara GP24 dan GP23 akan lebih besar daripada perbedaan antara GP23 dan GP22,” tegasnya.

Dan ia mengungkapkan bahwa meskipun bukan menjadi mesin yang benar-benar berbeda, tetapi memiliki perubahan yang mendalam. “Jarang kami membuat motor yang benar-benar baru. Anda melakukannya hanya ketika Anda harus mengubah begitu banyak hal sehingga Anda berpikir bahwa lebih baik mulai dari awal. Hal ini jarang terjadi, juga karena sangat berisiko karena bahkan pada sepeda motor yang sulit, ada hal-hal yang berhasil. Ketika Anda membuat sepeda motor dan mencoba untuk meningkatkan sesuatu, Anda juga berisiko kehilangan sesuatu yang sudah Anda miliki, oleh karena itu lebih banyak evolusi daripada revolusi. Kami hanya membuat yang benar-benar baru pada tahun 2015 atau ketika peraturan berubah, seperti ketika perubahan kapasitas pada tahun 2007. Kemudian, Anda membuat evolusi yang lebih atau kurang besar, tergantung pada ide-ide yang Anda miliki. Juga ada evolusi yang kami lakukan selama tahun, yang kurang terlihat daripada fairing, yang terlihat dengan jelas. Di bawahnya, kami mengubah banyak hal. Seperti tahun lalu, kami melakukan evolusi penting di tengah tahun. KTM memiliki sistem start yang sangat bagus; kemudian kami menyamakan dan, akhirnya, kami sedikit lebih baik. Itu adalah hasil dari evolusi dengan rangka, perangkat untuk menurunkan tinggi sepeda motor… itu sangat besar. Kami membutuhkan beberapa bulan untuk melanjutkannya. Kami tidak memberikan banyak publisitas, tetapi…” jelasnya.

Dari data di atas, kita dapat melihat bahwa Ducati telah melakukan banyak peningkatan pada motor mereka untuk tahun depan. Dengan fokus pada mesin, elektronik, aerodinamika, dan evolusi keseluruhan, mereka berharap dapat mencapai hasil yang lebih baik. Dengan perubahan yang dijanjikan, penggemar MotoGP pasti akan menantikan performa Ducati yang lebih baik di musim mendatang. Semoga perubahan yang dilakukan dapat membawa kesuksesan bagi tim Ducati.

Related Articles

Leave a Comment

three − one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.