Home News MotoGP Sasis Serat Karbon KTM: Inovasi Teknis Terbaru di MotoGP 2023

Sasis Serat Karbon KTM: Inovasi Teknis Terbaru di MotoGP 2023

by Dita

Sasis Serat Karbon KTM: Inovasi Teknis Besar untuk Musim MotoGP 2023

Pada paruh kedua musim MotoGP 2023, KTM memperkenalkan inovasi teknis besar berupa sasis serat karbon. Inovasi ini diharapkan dapat membantu KTM mengejar ketertinggalan dari Ducati di urutan teratas. Dani Pedrosa, pembalap KTM, telah melakukan sebagian besar pengembangan sasis ini dan memulai debutnya di Misano pada bulan September.

Sasis serat karbon ini kemudian diberikan kepada para pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder dan Jack Miller, yang memakainya pada putaran terakhir tahun ini. Penggunaan sasis ini memberikan sensasi yang luar biasa, terutama bagi pembalap asal Afrika Selatan, Brad Binder. Namun, pembalap Tech3, Pol Espargaro dan Augusto Fernandez, saat itu belum bisa mengandalkannya, meskipun mereka juga mengendarai RC16 2023. Namun, sesuatu yang akan berubah pada 2024, ketika tim memiliki Pedro Acosta di barisan mereka, sebagai pengganti pembalap Granollers.

Nicolas Goyon, direktur tim Prancis, menjelaskan setelah presentasi motor GasGas baru untuk musim ini. Rute yang memiliki sasis serat karbon di rumah Austria, mengapa mereka tidak dapat menggunakannya pada awalnya, dan bahwa mereka akan memilikinya sejak tes pramusim, yang akan dimulai dalam beberapa hari lagi di Sepang. Goyon menjelaskan bahwa awalnya, KTM tidak berencana untuk menggunakan sasis karbon tersebut, namun setelah melihat hasilnya yang luar biasa, mereka akhirnya memutuskan untuk menggunakannya di grand prix.

Namun, tidak ada yang benar-benar disiapkan di pabrik untuk penggunaan sasis ini di akhir musim. Hal ini membuat situasi menjadi sedikit rumit, dan KTM harus bereaksi terhadap situasi ini dan menekan tombol produksi, yang tidak mudah, terutama pada bagian yang sulit. Meskipun begitu, berbagai upaya telah dilakukan di pabrik dan titik-titik lemah dari sasis ini telah diperbaiki.

Goyon menyatakan bahwa mereka berharap modifikasi yang telah dilakukan musim dingin ini di pabrik akan memungkinkan mereka untuk bekerja dengan cara yang sama seperti dengan sasis aluminium atau baja. Dia juga meyakinkan bahwa mereka akan menguji sasis karbon tersebut pada suatu saat dan yakin bahwa mereka akan memiliki paket yang sama dengan yang lain untuk memulai musim di Qatar.

Dengan demikian, Nicolas Goyon akan menjalani tahun yang hebat setelah mengambil peran sebagai manajer Tech3 pada 2023, dengan Herve Poncharal berkonsentrasi pada tugas manajemen senior. Ini hanyalah salah satu perubahan yang harus dihadapi tim tahun lalu, dengan tambahan perubahan format MotoGP dan kepergian Pol Espargaro.

Kesimpulannya, inovasi teknis berupa sasis serat karbon yang diperkenalkan oleh KTM pada paruh kedua musim MotoGP 2023 menjadi langkah besar bagi tim ini. Meskipun menghadapi berbagai kendala dan perubahan, KTM tetap optimis bahwa mereka akan memiliki paket yang kompetitif untuk memulai musim di Qatar. Semua mata akan tertuju pada tes pramusim di Sepang untuk melihat sejauh mana perbaikan yang telah dilakukan pada sasis serat karbon KTM.

Related Articles

Leave a Comment

one × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.