Home News MotoGP Inovasi Aerodinamis Motor MotoGP 2024: Sorotan Shakedown Sepang

Inovasi Aerodinamis Motor MotoGP 2024: Sorotan Shakedown Sepang

by Dita
lorenzo savadori aprilia racin

Pramusim MotoGP 2024: Inovasi Baru yang Menarik Perhatian

Pramusim MotoGP 2024 telah dimulai dengan tes resmi pertama yang diadakan di Sepang pada tanggal 6 hingga 8 Februari. Sebelumnya, para pembalap sudah dapat memulai lebih awal dengan Shakedown yang diadakan di lintasan yang sama antara 1 hingga 3 Februari. Tes ini tidak hanya diperuntukkan bagi para pembalap penguji, tetapi juga untuk pembalap resmi Honda dan Yamaha karena adanya sistem konsesi yang baru. Hal ini memungkinkan publik untuk melihat inovasi pertama pada motor yang akan digunakan dalam ajang MotoGP.

Salah satu sorotan utama dalam kampanye pramusim ini adalah peningkatan aerodinamis yang luar biasa. Beberapa pabrikan, seperti Ducati, KTM, dan Aprilia, memamerkan persenjataan yang luar biasa pada hari kedua pengujian. Di antara ketiga merek tersebut, Aprilia menjanjikan untuk mengambil banyak langkah maju tahun ini. Pabrikan yang bermarkas di Noale ini membawa pembalap pengujinya, Lorenzo Savadori, beserta sebuah RS-GP yang memiliki ekor belakang yang sangat besar, yang mengingatkan pada mobil Batman dengan warna hitam dan sekat sayap seperti Cadillac.

Aprilia telah membuat motor yang penuh dengan sirip dan fairing, namun evolusinya tidak akan berhenti di sini. Lorenzo Savadori menjanjikan “banyak inovasi aerodinamis” dari perusahaan asal Italia itu dalam beberapa bulan mendatang. Ia juga mengungkapkan bahwa tes ini merupakan kesempatan pertama bagi mereka untuk melakukan penggeledahan yang sesungguhnya, karena ia telah mengendarai 10 motor yang berbeda yang akan digunakan oleh empat pembalap pabrikan pada tes minggu depan.

Menurutnya, motor-motor tersebut sudah menjadi milik pembalap dalam hal ergonomi, sehingga tujuannya adalah untuk memastikan mereka siap ketika tes IRTA dimulai. Namun, ini juga merupakan tes penuh pertama mereka dengan set-up 2024. Karena ia tidak memiliki ergonomi, ia tidak bisa mencari performa, juga karena ia membuat semua motor melakukan kilometer pertamanya. Ketika motor benar-benar baru, Anda harus menganalisis apakah semuanya baik-baik saja, karena pada motor MotoGP ada banyak hal yang harus dilakukan untuk membuatnya bekerja dengan sempurna.

Savadori juga menambahkan bahwa mereka harus melakukan pekerjaan ini dan juga menguji solusi baru dan berbeda, mengumpulkan banyak data yang kemudian harus dianalisis oleh para insinyur. Dengan begitu, inovasi-inovasi dari sudut pandang aerodinamis dapat membuat perbedaan yang signifikan dalam performa motor. Hal ini juga menjadi alasan mengapa Aprilia selalu menjadi pendukung fairing dengan efek tanah dan juga sirip pada garpu.

Meskipun tanpa memberikan indikasi yang terlalu tepat, Lorenzo Savadori mengungkapkan bahwa RS-GP telah membuatnya tersenyum. Ia menyatakan bahwa ada satu area di mana ia telah menemukan banyak kemajuan, namun hal tersebut harus diuji terlebih dahulu oleh para pembalap pabrikan sebelum dapat diumumkan secara resmi.

Dengan demikian, pramusim MotoGP 2024 telah menunjukkan adanya inovasi-inovasi yang menarik perhatian, terutama dalam hal peningkatan aerodinamis. Para pembalap dan pabrikan motor terus berupaya untuk menciptakan motor yang lebih baik dan lebih cepat, sehingga dapat memberikan sajian balapan yang menarik bagi para penggemar MotoGP di seluruh dunia. Kita tunggu saja bagaimana perkembangan selanjutnya dari tes-tas pramusim yang akan dilakukan dalam beberapa bulan mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

1 + 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.