Home News MotoGP Konsesi Luas Honda dan Yamaha di MotoGP Mempengaruhi Produsen Motor Eropa

Konsesi Luas Honda dan Yamaha di MotoGP Mempengaruhi Produsen Motor Eropa

by Dita
dani pedrosa red bull ktm fact

Peningkatan yang dilakukan oleh KTM, Ducati, dan Aprilia dalam pengembangan aerodinamika motor mereka di MotoGP memang sangat menarik untuk diikuti. Dalam dua hari pengujian di Sepang, ketiga pabrikan motor ini telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam hal inovasi aerodinamika yang mereka terapkan pada motor mereka. Hal ini menunjukkan bahwa persaingan di MotoGP tidak hanya terjadi di lintasan balap, tetapi juga dalam pengembangan teknologi yang dapat meningkatkan performa motor mereka.

KTM, yang sebelumnya sudah dikenal sebagai tim yang aktif dalam pengembangan aerodinamika, kembali menunjukkan keunggulannya dalam hal ini. Dengan solusi berbeda yang mereka tawarkan, terutama di bagian depan motor, KTM berhasil menciptakan sayap depan berbentuk spoiler yang memiliki fungsi yang hampir sama dengan ‘antena’ samping yang digunakan oleh Ducati pada pertengahan tahun 2023. Selain itu, KTM juga berhasil mengembangkan spoiler belakang yang sudah terlihat pada motor Jack Miller saat tes MotoGP Valencia, tetapi sekarang diperbesar dan ditambah semacam dek ganda di bagian belakang. Ini menunjukkan bahwa KTM tidak hanya fokus pada pengembangan aerodinamika bagian depan motor, tetapi juga pada bagian belakang dan samping motor mereka.

Sementara itu, Ducati juga tidak ketinggalan dalam pengembangan aerodinamika motor mereka. Dengan hadirnya fairing baru dengan step dan lekukan yang dipasang oleh Michele Pirro di Sepang, Ducati menunjukkan komitmen mereka dalam mengembangkan teknologi aerodinamika yang dapat meningkatkan performa motor mereka. Solusi yang mereka tawarkan tampaknya memadukan konsep dari dua solusi 2023, sambil memperkenalkan anak tangga dan bilah baru. General Manager Ducati, Gigi Dall’Igna, bahkan telah menepati janjinya selama presentasi tim dengan menghadirkan paket aerodinamika yang benar-benar baru. Ini menunjukkan bahwa Ducati tidak hanya berfokus pada pengembangan aerodinamika bagian depan motor, tetapi juga pada pengembangan teknologi aerodinamika secara menyeluruh.

Tidak hanya KTM dan Ducati, Aprilia juga turut ambil bagian dalam pengembangan aerodinamika motor mereka. Dengan bentuk aerodinamika baru dan langkah yang berbeda, Aprilia terus menunjukkan komitmen mereka dalam mengembangkan teknologi aerodinamika yang dapat meningkatkan performa motor mereka. Hal yang paling mencolok adalah unit ekor baru yang dipasang oleh penguji Lorenzo Savadori, yang mengingatkan pada mobil Batman, dengan warna hitam dan sayap bergaya Cadillac. Dengan makin banyaknya penggunaan karbon, motor dari Noale ini sekarang praktis memiliki fairing dari ujung ke ujung, dengan penutup di tiga roda depan, roda belakang, dan lengan ayun. Ini menunjukkan bahwa Aprilia juga tidak hanya fokus pada pengembangan aerodinamika bagian depan motor, tetapi juga pada bagian belakang dan samping motor mereka.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa persaingan di MotoGP tidak hanya terjadi di lintasan balap, tetapi juga dalam pengembangan teknologi aerodinamika motor. KTM, Ducati, dan Aprilia telah menunjukkan komitmen mereka dalam mengembangkan teknologi aerodinamika yang dapat meningkatkan performa motor mereka. Hal ini tentu saja akan mempengaruhi persaingan di lintasan balap, karena performa motor yang unggul dapat memberikan keunggulan bagi pembalap mereka. Dengan begitu, para penggemar MotoGP dapat menantikan persaingan yang semakin ketat di musim balap mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

three × one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.