Home Otomotif Mesin 160cc: Perbedaan Honda Stylo 160 dengan Vario 160

Mesin 160cc: Perbedaan Honda Stylo 160 dengan Vario 160

by Rohmat Ali

Honda Stylo 160, Motor Anyar Honda yang Bikin Heboh!

Kabar terbaru dari dunia roda dua di Indonesia kembali menghebohkan publik Tanah Air. Pasalnya, PT Astra Honda Motor (AHM) baru-baru ini merilis motor baru bernama Honda Stylo 160. Motor ini memang menjadi sorotan karena memiliki mesin yang cukup besar, yakni 156,9 cc. Hal ini tentu menjadi perbandingan dengan motor lainnya, terutama dengan Vario 160 yang juga memiliki mesin sebesar itu. Lantas apa perbedaannya?

Takahashi Nakamura, selaku President Director PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan bahwa mesin besar tersebut paling sesuai untuk mengisi segmen baru di pasar kendaraan roda dua di Indonesia. Belum lagi, konsumen di Tanah Air sudah terbukti lebih senang dengan kendaraan yang memiliki kapasitas mesin besar. Dengan mesin berkapasitas 156,9 cc, Honda Stylo 160 punya daya jual yang kuat di pasar Tanah Air.

Dibekali mesin 1 silinder berkapasitas 156,9 cc, 4 langkah, 4 katup, eSP+, PGM-FI, Stylo 160 mampu mengeluarkan tenaga sebesar 11,3 kW pada 8.500 rpm dan torsi puncak 13,8 nM pada 7.000 rpm. Angka-angka ini memang cukup menggoda bagi para penggemar motor di Indonesia yang memang menginginkan performa mesin yang mumpuni.

Namun, di atas kertas, tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh New Honda Stylo 160 ternyata sama persis dengan Vario 160. Sehingga, konsumen pun penasaran apa yang membedakan keduanya. Tentu ada penyesuaian untuk membedakannya dengan Vario 160, menurut Large Project Leader Stylo 160, Takuro Nakamura.

Terkait mesin, pada dasarnya memang sama seperti Vario 160. Namun, pastinya ada penyesuaian di bagian frame Stylo 160. Dikatakan Nakamura di AHM Safety Riding & Training Center, Cikarang, bahwa baik Vario 160 maupun Stylo 160, sama-sama menggunakan rangka eSAF (enhanced Smart Frame Architecture). Namun, Stylo memiliki bobot lebih berat dibandingkan Vario 160, yakni 118 kg berbanding 117 kg.

Keunggulan lain mesin 160 cc yang dikembangkan Honda adalah memiliki konsumsi bahan bakar yang irit. Sebab itu, AHM memilih untuk menggunakan mesin berkapasitas besar ketimbang mesin 125 cc. “Kenapa kami memilih untuk memanfaatkan engine 160 cc ini, karena walaupun dengan mesin 160 cc, kami masih bisa menjaga keunggulan keiritan bahan bakar mencapai 45 km/liter,” kata Nakamura.

Dari data ini, terlihat bahwa mesin 160 cc pada Honda Stylo 160 memang memiliki keunggulan dalam konsumsi bahan bakar yang lebih irit. Hal ini tentu menjadi nilai positif bagi pengguna motor di Indonesia yang memang menginginkan motor yang hemat bahan bakar.

Dengan hadirnya Honda Stylo 160, pasar roda dua di Indonesia kembali diramaikan dengan pilihan motor bergaya sport yang juga memiliki performa yang tangguh. Dengan mesin berkapasitas 156,9 cc, Honda Stylo 160 bisa menjadi pilihan yang menarik bagi konsumen yang menginginkan motor dengan performa dan efisiensi bahan bakar yang baik. Semakin beragamnya pilihan motor di Indonesia tentu menjadi kabar baik bagi konsumen yang bisa lebih leluasa dalam memilih motor sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka. (AMP/DDN)

Related Articles

Leave a Comment

fifteen − 14 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.