Home News MotoGP Fabio Quartararo: Masalah Yamaha dan Masa Depannya

Fabio Quartararo: Masalah Yamaha dan Masa Depannya

by Dita
1707208514 fabio quartararo yamaha factor

Fabio Quartararo: Tantangan Yamaha di MotoGP

Fabio Quartararo, pembalap asal Prancis yang merupakan bagian dari tim Yamaha Factory Racing, memasuki musim baru dengan modal awal yang kurang baik dari kampanye MotoGP tanpa kemenangan pertama Yamaha dalam dua dekade terakhir. Tim asal Jepang ini jelas kalah bersaing dengan para rivalnya di Eropa dalam perlombaan pengembangan tahun lalu.

Sebelumnya, Quartararo memberikan ulasan yang tidak terlalu baik ketika menjajal motor prototipe 2024 di Valencia tahun lalu, karena ia merasa bahwa peningkatan yang dilakukan pada aerodinamika dirusak oleh kurangnya kemajuan di sisi mesin. Penilaian El Diablo tidak jauh berbeda ketika ia menjadi salah satu dari beberapa pembalap yang terpilih untuk menguji motor 2024 di sirkuit Sepang pekan lalu. Keistimewaan itu diperoleh sebagai bagian dari sistem konsesi baru MotoGP yang berlaku untuk Yamaha dan Honda.

Meskipun mengakui bahwa ada ruang untuk membuat langkah signifikan, sang juara 2021 menyatakan bahwa perasaannya di atas Yamaha M1 tidak lebih baik dari tahun lalu, ketika ia hanya bisa tiga kali finis di podium dalam 20 balapan. “Saat ini saya tidak merasa lebih baik,” katanya. “Saya merasa potensinya masih ada. Sejak lap ke-21, kami tidak melakukan time attack, tapi tentu saja dengan ban baru. Kami telah mendorong dengan 100 persen kemampuan kami. Dan sejak lap 22, hari pertama, saya mencatatkan waktu 58,5, jadi sudah cukup cepat. Sekarang kami harus, selama tiga hari ini, meningkatkan serangan waktu, yang sudah ada dalam rencana untuk menjadi lebih baik. Yang paling penting (dari balapan akhir pekan) adalah hari Jumat sore. Untuk berada di posisi 10 besar pada Jumat sore, 70 persen pekerjaan sudah selesai. Dan tentu saja untuk kualifikasi, saya pikir kami harus menemukan solusi untuk gaya berkendara dan motor saya, saya pikir ini bukan hanya di satu sisi, dan kami akan menemukannya.”

Kurangnya raungan mesin telah menjadi kelemahan terbesar Yamaha di MotoGP dalam beberapa tahun terakhir, membuat Quartararo kesulitan untuk membuat kemajuan di lapangan setiap kali ia gagal lolos kualifikasi di dekat garis depan. Pembalap asal Prancis ini merasa Yamaha perlu membuat kemajuan di sisi elektronik untuk mendapatkan lebih banyak performa dari mesin M1, menggambarkan pengiriman tenaga dari paket yang ada saat ini sebagai “cukup agresif”. “Saya yakin (mesinnya) lebih baik. Tapi, saya pikir kami harus bekerja keras pada bagian elektronik untuk meningkatkan karakter mesin karena mesinnya masih cukup agresif dan kami harus … kami memiliki potensi tetapi kami tidak menggunakannya. Jadi saya pikir dengan elektronik kami masih agak jauh, tidak hanya dalam pengembangan mesin, tapi kami harus menemukan elektronik terbaik untuk mesin ini dan menggunakannya pada motor kami.”

Tahun 2024, menandai musim terakhir dari kontrak dua tahun Quartararo dengan Yamaha dan ia sebelumnya telah menjelaskan bahwa pabrikan Jepang itu memiliki waktu yang terbatas untuk meyakinkannya agar mau memperpanjang kontrak. Namun, pembalap asal Prancis itu masih malu-malu ketika ditanya lagi tentang masa depannya di Sepang, dan mengatakan bahwa belum ada keputusan yang dibuat terkait di mana ia akan membalap pada 2025. “Kami harus cerdik,” ia melanjutkan. “Saya 100 persen fokus pada pekerjaan ini. Saya pikir mereka melakukan langkah besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jadi, tentu saja, untuk masa depan saya, saya harus meluangkan waktu. Oke, tentu saja, saya pikir ini akan menjadi langkah yang sangat penting, menurut saya.”

Quartararo dan rekan setim barunya Alex Rins, yang menggantikan Franco Morbidelli yang tampil buruk di Yamaha, akan kembali beraksi di tes Sepang pada 6-8 Februari. Musim baru akan dimulai pada 10 Maret di Qatar, setelah tes pramusim lainnya di sirkuit Losail.

Dengan tantangan yang dihadapi oleh Quartararo dan tim Yamaha Factory Racing, diharapkan mereka dapat menemukan solusi terbaik untuk mengatasi masalah yang dihadapi. Semoga musim baru ini membawa kesuksesan bagi Quartararo dan Yamaha dalam persaingan MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

19 + 14 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.