Home News MotoGP Marquez Berjuang Menyesuaikan Diri dengan Ducati

Marquez Berjuang Menyesuaikan Diri dengan Ducati

by Dita
1707360971 marc marquez gresini racing

Marc Marquez Menghadapi Tantangan Baru di MotoGP

Setelah menjalani uji coba perdana di Valencia pada akhir tahun lalu, Marc Marquez mendapatkan kesempatan kedua untuk membiasakan diri dengan motor GP23 pada tes di Sirkuit Internasional Sepang, Malaysia. Pada Rabu, pembalap Gresini ini menyelesaikan total 72 lap dan berada di urutan ke-14 dengan catatan waktu hampir satu detik lebih lambat dari wakil pabrikan Ducati, Enea Bastianini.

Meskipun hari itu jauh lebih produktif bagi pembalap Spanyol dibandingkan dengan Selasa (6/2/2024), di mana ia berhenti beberapa kali di lintasan karena masalah mekanis, Marquez merasa masih ada beberapa area yang dapat ditingkatkan saat melanjutkan transisinya dari Honda. Secara khusus, pengereman dan penggunaan ban belakang pada Ducati benar-benar berlawanan dengan Honda RC213V, sesuatu yang juga ditemukan Luca Marini setelah mengambil jalan yang berlawanan dengan Marquez pada musim lalu dengan meninggalkan VR46 dan pindah ke HRC pada 2024.

Marquez merasa perbedaan antara kedua motor tersebut sangat signifikan sehingga ia harus melupakan beberapa pola lama, karena ia merasa gaya membalapnya saat ini tidak akan membuatnya bisa mengeluarkan kemampuan terbaik dari Ducati yang sudah berumur satu tahun. “Cara menggunakan ban belakang benar-benar berbeda,” jelasnya. “Untuk alasan itu, saya masih mengendarai Ducati seperti Honda. Di Valencia tidak masalah, tapi di sini tidak. Sekarang, saya harus menghilangkan kebiasaan selama 11 tahun yang telah berlalu. Jadi ini sulit.”

Marquez yakin bahwa ia tidak dapat memanfaatkan cengkeraman belakang Ducati, yang membuatnya kesulitan untuk berakselerasi – terutama saat keluar dari tikungan cepat. “Cara menghentikan motor Ducati berbeda (dibandingkan dengan Honda),” ucapnya. “Namun pada titik rem saya tidak kalah. Justru sebaliknya, saya mendapatkan keuntungan dibandingkan dengan rider Ducati lainnya. Namun saya masih perlu memahami grip belakang karena itu sangat banyak, tetapi Anda perlu memahami cara menggunakannya. Karena alasan itulah dengan ban bekas, saya bisa berada dalam kecepatan yang baik, tetapi dengan ban baru saya masih belum mendapatkan keuntungan yang cukup.”

Baru tiga hari mengendarai Ducati, Marquez merasa masih kesulitan untuk mendapatkan catatan waktu satu putaran karena terbatasnya kesempatan untuk menguji ban baru pada motornya. Ini adalah salah satu area yang ingin ditingkatkan oleh juara MotoGP enam kali ini, karena ia yakin bisa mendapatkan ritme yang tepat dalam putaran yang lebih panjang. “Pada bagian terakhir hari itu, saya memiliki satu ban untuk melakukan time attack. Saya memutuskan untuk melakukan 10 lap, (simulasi) sprint race, karena saya merasa perlu untuk memahami motor ini dengan lebih banyak lap berturut-turut. Dan faktanya selama Sprint Race, saya memulai, melaju lebih lambat, dan pada akhirnya lebih cepat. Jadi itu berarti saya semakin memahami motor ini dari lap ke lap.”

Kesulitan Marquez dalam menguasai motor Ducati menjadi tantangan baru baginya. Proses adaptasi dari motor sebelumnya, Honda RC213V, membutuhkan waktu dan kesabaran. Marquez menyadari bahwa untuk bisa bersaing di level teratas MotoGP dengan Ducati, ia harus bisa menguasai gaya membalap yang berbeda dengan motor yang berbeda pula. Namun, dengan kegigihan dan ketekunan, Marquez yakin bahwa ia akan mampu mengatasi semua tantangan tersebut dan kembali bersaing di puncak klasemen.

Sumber: motorsport.com

Dengan begitu, Marquez akan terus berusaha untuk mengatasi perbedaan gaya membalap dan karakteristik motor Ducati. Meskipun masih ada tantangan yang harus dihadapi, Marquez optimis bahwa dengan kerja keras dan dedikasi, ia akan mampu menemukan ritme yang tepat dan bersaing di level teratas MotoGP.

Related Articles

Leave a Comment

2 × five =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.