Home Otomotif Kejurnas Mandalika Racing Series 2024: Ajang Balap Motor Indonesia

Kejurnas Mandalika Racing Series 2024: Ajang Balap Motor Indonesia

by Rohmat Ali

Kejurnas Mandalika Racing Series 2024: Kejuaraan Balap Motor Bergengsi di Indonesia

Setelah digelar perdana pada tahun 2023, Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Mandalika Racing Series kembali diselenggarakan di tahun 2024. Kegiatan ini diharapkan menjadi sebuah ajang pembinaan dan prestasi bagi pebalap-pebalap Indonesia. Mandalika Racing Series (MRS) 2024 akan menjadi pembuka rangkaian kejuaraan balap motor di Indonesia yang siap dilangsungkan pada 2-3 Maret mendatang di Pertamina Mandalika International Circuit Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dalam kejuaraan ini, akan dipertandingkan beberapa kelas utama, yakni Sport 150, Sport 250, Supersport 600, serta Kelas Pendukung, yakni Underbone 150 U-20, Supersport 600, dan Superbike 1000 Community.

PRIDE Club sebagai penyelenggara MRS 2024, bekerja sama dengan MGPA (Mandalika Grand Prix Association) didukung Ikatan Motor Indonesia (IMI) pada musim 2024 akan menambahkan sesi Superpole di kelas Kejurnas dan Underbone 150 U-20. Selain itu, ada beberapa regulasi teknik yang telah disepakati dalam Rakornis dan Rakornas IMI demi membuat jalannya kompetisi semakin ketat, namun tetap menjunjung sportivitas.

Dalam keterangan yang disampaikan oleh Direktur Utama MGPA, Priandhi Satria, dia menyatakan bahwa tujuan dari penyelenggaraan MRS ini adalah untuk memfasilitasi pembinaan pebalap Indonesia dan membangun prestasi agar para pebalap dapat menapaki jenjang balapan lebih tinggi. Priandhi juga menegaskan bahwa MRS telah menjadi ikon Kejuaraan Nasional yang telah memunculkan para pebalap juara di level lebih tinggi, seperti ARRC dan Asia Talent Cup. Dengan lima putaran yang akan dilaksanakan tahun 2024, diharapkan ajang MRS bisa kembali mendapatkan para pemenang baru untuk meneruskan supremasi balap motor Indonesia di masa mendatang. Dia juga mengungkapkan bahwa ada rencana untuk menyajikan tayangan Live Streaming dengan 11 titik baru dengan peralatan yang lebih lengkap dan juga format penayangannya. Live Streaming ini diharapkan dapat dimanfaatkan pihak sponsor untuk mempromosikan berbagai produknya dengan optimal.

Eddy Saputra selaku Deputi Olahraga Sepeda Motor IMI Pusat juga turut angkat bicara, dia mengatakan bahwa pihaknya selalu mendorong untuk terus meningkatkan kualitas balapan di Indonesia. Regulasi teknik yang dibuat IMI bertujuan untuk memfasilitasi semua pebalap agar lebih banyak yang dapat ikut serta tampil kompetitif di level Kejurnas. Selain itu, IMI juga mengeluarkan aturan mengenai registrasi produk agar semua komponen yang digunakan sudah didaftarkan ke IMI, sehingga dapat dilindungi pengaplikasiannya di ajang balap. Upaya ini bertujuan untuk menjaga roda kompetisi di tingkat nasional agar terus berjalan dengan dukungan para sponsor. Kejurnas MRS menjadi contoh penyelenggaraan yang menerapkan registrasi produk ini, di mana bila ada pebalap yang memakai produk non-register akan didiskualifikasi.

Menjawab tuntutan balap modern yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas baik secara nasional maupun internasional, PRIDE Club dan MGPA akan menyajikan tayangan live streaming yang lebih baik. Dukungan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta didukung oleh Honda, Yamaha, Pirelli, Aspira Premio, GS Astra, KYB, Cargloss, MFZ Racing, Chemco, Nissin Samurai Brake, dan berbagai sponsor lainnya turut menjadikan Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 sebagai kejuaraan yang bergengsi.

Tak hanya itu, Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 juga diklaim telah memberikan dampak ekonomi luas terhadap masyarakat sekitar, karena adanya berbagai pelaku usaha UMKM lokal NTB, baik itu makanan ataupun cindera mata dan juga berbagai UMKM lainnya yang membuka booth di area sirkuit.

Dengan rangkaian kegiatan dan persiapan yang telah dilakukan, Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 siap menjadi sebuah ajang balap motor yang menarik dan memacu adrenalin. Para pembalap dan pencinta balap motor dapat menantikan gelaran ini dengan antusias dan semangat baru untuk terus mengangkat nama Indonesia di kancah balap motor internasional.

Dari hal-hal di atas, dapat disimpulkan bahwa Kejurnas Mandalika Racing Series 2024 merupakan sebuah ajang yang tidak hanya menghadirkan kompetisi balap motor yang ketat, namun juga memberikan dampak positif bagi pembinaan pebalap Indonesia, pengembangan industri balap motor nasional, serta ekonomi masyarakat sekitar. Semakin berkembangnya ajang balap motor ini diharapkan dapat memacu prestasi pebalap Indonesia dan semakin menarik minat generasi muda untuk terlibat dalam olahraga balap motor.

Related Articles

Leave a Comment

ten + twenty =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.