Home News MotoGP Aleix Espargaro: RS-GP 2024 Lebih Baik, Tapi Belum Siap Bersaing

Aleix Espargaro: RS-GP 2024 Lebih Baik, Tapi Belum Siap Bersaing

by Dita

Aleix Espargaro dan Tantangan Aprilia Racing di Musim MotoGP 2024

Musim MotoGP 2024 akan segera dimulai, dan tim-tim balap sedang sibuk melakukan tes pra-musim untuk mempersiapkan segala sesuatunya. Salah satu tim yang tengah berjuang untuk meningkatkan performa mereka adalah Aprilia Racing. Dua musim terakhir, antusiasme telah menjadi suasana hati yang dominan di tim ini. Kemajuan yang telah dicapai membuat para rider dan manajemen terbiasa merayakan kemajuan yang telah dicapai dan hasil yang diraih selama ini, terutama kemenangan pertama.

Namun, mungkin sebagai bukti bahwa ambisi sekarang jauh lebih besar, penilaian yang jauh lebih beragam. Massimo Rivola dengan cepat menunjukkan bahwa motornya tidak setara dengan Ducati, yang sekali lagi memuncaki catatan waktu di Sepang, dengan tidak kurang dari empat pembalap mencatatkan waktu 1:56 yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Jika kita realistis, kemajuan yang dibuat oleh Ducati sangat mengesankan. Anda dapat melihat bahwa semua orang lebih cepat. Hal yang baik adalah bahwa acara ini akan sangat menyenangkan untuk ditonton di TV dan di sirkuit. Namun saya rasa kami belum siap untuk bertarung dengan Ducati,” ujar CEO Aprilia Racing dalam wawancara dengan situs resmi MotoGP.

Aleix Espargaro, yang berada di urutan kelima dalam tes dan terpaut 0,4 detik dari waktu tercepat, memiliki pendapat yang sama. “Dia benar. Sekali lagi, semua Ducati ada di depan dan saya satu-satunya yang bisa bersaing dengan mereka,” ia menandaskan.

Namun demikian, pembalap Spanyol itu lebih terukur daripada bosnya, karena ia juga mengungkapkan antusiasme yang besar terhadap versi baru motornya. “Jelas kami telah membuat banyak kemajuan, motornya jelas lebih baik dari musim lalu, tapi saya tidak yakin kami siap untuk memperebutkan gelar saat ini. Kami masih punya waktu, ini baru tes pertama musim ini, tapi Massimo benar. Mereka masih memiliki motor yang bisa dikalahkan dan mereka memiliki banyak pembalap yang kuat, jadi ini tidak mudah,” ucapnya.

Dalam tes pertama musim ini, Espargaro senang telah menemukan RS-GP yang lebih stabil, yang memungkinkannya untuk menampilkan kecepatan passing yang sangat baik. Ia menganggap prototipe ini lebih baik dari tahun lalu dan menjanjikan untuk masa depan, yang memicu komentar positif darinya, terlepas dari keunggulan Ducati.

“Secara keseluruhan, saya sangat senang. Saya sangat menikmati tes pertama musim ini. Saya pikir kami melakukan pekerjaan yang sangat baik hari ini. Saya bisa katakan kami telah menyelesaikan program tes terbaik kami di Sepang sejak saya bergabung dengan Aprilia. Jadi saya sangat senang dengan pekerjaan yang telah dilakukan Aprilia selama musim dingin di Noale. Motor 2024 terlihat sangat menjanjikan,” tuturnya.

Meski begitu, Espargaro melihat masih ada beberapa hal yang perlu ditingkatkan, terutama pada performa mesinnya, yang ia harapkan bisa lebih baik lagi. “Kami membutuhkan torsi pada putaran menengah, itu jelas,” ungkapnya. “Setelah pergantian gigi, Anda membutuhkan sedikit lebih banyak torsi, sedikit lebih banyak tenaga. Motor 2024 jelas jauh lebih baik dari motor 2023, tapi kelemahan kami masih pada mesin. Jika kami ingin bersaing dengan tim-tim besar, kami harus meningkatkan kekuatan mesin.

Pada pertemuan dengan para ahli aerodinamika, mereka bertanya kepada saya, ‘Menurut Anda bagaimana Anda bisa menangani motor ini dalam kelompok, bagaimana Anda bisa menghentikannya dan mengubah lintasan?’ Itu adalah pertanyaan yang sangat bagus, tapi saya belum punya jawabannya. Saya suka motor ini, karakternya luar biasa. Saya benar-benar bisa mengendarainya (mengambil kecepatan) di tikungan tengah, yang merupakan gaya berkendara saya, tetapi saya pikir itu tidak akan mudah untuk mengubah arah, dan tidak mudah untuk bertarung.

“Saya memiliki banyak stabilitas, dan itu bagus. Jika Anda ingin mencoba menyalip atau mengambil lebih banyak risiko di tikungan, ada baiknya memiliki stabilitas ekstra. Tapi motornya sangat berat. Saya senang dengan kemajuan kami, saya merasa lebih baik dengan RS-GP 2024. Ini bukan motor yang mudah karena kami memiliki banyak downforce dan itu membuat hidup lebih sulit secara fisik, untuk menggerakkan motor dan memahami di mana batasnya. Memang tidak mudah, tapi saya merasa motor ini lebih kompetitif daripada motor 2023.

“Stabilitas ekstra membuat motor ini lebih mengandalkan fisik, tetapi pada saat yang sama motor ini juga lebih kompetitif. Motor ini jauh lebih stabil, yang sangat saya hargai,” tegas sang veteran kejuaraan, yang ingin fokus pada elemen-elemen yang mendorong daripada upaya fisik yang dibutuhkan oleh motor barunya.

Dengan segala tantangan dan harapan untuk meningkatkan performa, Aprilia Racing dan Aleix Espargaro akan terus bekerja keras untuk mencapai hasil yang lebih baik di musim MotoGP 2024. Semoga mereka dapat mengatasi semua hambatan dan meraih kesuksesan yang mereka dambakan.

Related Articles

Leave a Comment

three × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.