Home Otomotif BYD: Dominasi Global Mobil Listrik

BYD: Dominasi Global Mobil Listrik

by Rohmat Ali

BYD: Merek Mobil Listrik Nomor Satu di Dunia dan Target Utama di Indonesia

BYD (Build Your Dreams) sukses merajai penjualan mobil listrik di dunia dalam kurun dua tahun terakhir. BYD sukses mengalahkan produsen mobil listrik asal Amerika Serikat, Tesla. BYD yang baru saja merintis penjualan mobil listrik di Tanah Air juga menargetkan menjadi brand mobil listrik nomor satu di Indonesia.

Sejak 2022, BYD sudah meraih juara global kendaraan energi baru (NEV). Dan pada tahun 2023, BYD mempertahankan prestasinya sebagai juara global NEV untuk tahun kedua berturut-turut. Tentu saja, hal ini menyokong klaim BYD sebagai brand mobil listrik nomor satu di Tiongkok. Eagle Zhao, Presiden Direktur BYD Motor Indonesia, memberikan pernyataan ini kepada wartawan di arena IIMS 2024, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Jumat (16/2/2024).

Untuk pasar Indonesia, BYD pun memberikan optimisme yang tinggi. “Untuk pasar Indonesia–tidak hanya Indonesia saja–banyak juga pasar kami di luar negeri. Kami juga sangat optimis, untuk pemasaran kendaraan listrik secara keseluruhan. Jadi kalau ditanya (apakah BYD akan menjadi nomor satu di Indonesia?) tentu saja BYD cukup unggul dan kami memang pantas menjadi yang nomor satu di masing-masing pasar (termasuk pasar Indonesia),” ungkap Zhao.

Sejak tahun 2022, BYD sudah mengungguli Tesla dalam hal penjualan. Pada 2022, BYD menjual 1.857.379 unit mobil listrik, sementara Tesla hanya menjual 1.313.851 unit mobil listrik. Saat itu, BYD mencetak rekor penjualan dengan kenaikan 213% (year on year), sementara Tesla hanya naik 40% (year on year). Perlu dicatat juga bahwa penjualan mobil listrik BYD mencakup model BEV (battery electric vehicle) dan PHEV (plug-in hybrid electric vehicle), sementara Tesla hanya model BEV (battery electric vehicle).

Pada 2023, penjualan mobil listrik BYD semakin meningkat pesat. Pabrikan yang bermarkas di Shenzen itu tercatat menjual mobil listrik sebanyak 3.024.417 unit, atau naik 61,9% (year on year), sementara Tesla hanya menjual sebanyak 1.808.581 unit mobil listrik, atau naik sebesar 38% (year on year).

Meski demikian, di pasar Indonesia, mobil listrik asal Korea Selatan, Hyundai Ioniq 5, masih memegang posisi sebagai raja penjualan mobil listrik. Pada 2023, Ioniq 5 sukses terjual sebanyak 7.176 unit. Diikuti oleh mobil listrik dari merek Wuling, seperti Wuling Air ev yang terjual sebanyak 5.575 unit dan Wuling BinguoEV yang terjual 1.393 unit.

Dengan perkembangan penjualan positif yang terus meningkat setiap tahunnya, target BYD untuk menjadi brand mobil listrik nomor satu di Indonesia bukanlah hal yang mustahil. Pasalnya, dengan pertumbuhan penetrasi pasar mobil listrik yang kian tinggi, didukung dengan upaya BYD untuk terus memperluas penetrasi pasar di Indonesia, hal ini memberikan peluang besar bagi BYD untuk memenangkan persaingan di pasar mobil listrik Tanah Air.

Tak hanya itu, BYD juga terus mengembangkan inovasi dan teknologi mutakhir dalam pengembangan mobil listrik, sehingga tidak menutup kemungkinan sekiranya BYD akan dapat menyaingi dominasi Hyundai Ioniq 5 di pasar mobil listrik Indonesia dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa BYD merupakan salah satu produsen mobil listrik terdepan di dunia, dengan pengalaman serta komitmen yang kuat dalam mengembangkan mobil listrik. Dengan penjualan yang semakin meningkat dari tahun ke tahun, BYD pun juga memiliki peluang yang cukup besar untuk meraih posisi sebagai brand mobil listrik nomor satu di Indonesia.

Sebagai konsumen, hal ini tentu saja memberikan peluang besar bagi kita untuk dapat memiliki lebih banyak pilihan mobil listrik berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau, serta memberikan kontribusi yang lebih besar kepada upaya perlindungan lingkungan. Oleh karena itu, kita sebagai konsumen dapat semakin bersemangat dalam menyongsong masa depan yang lebih hijau dengan memanfaatkan kendaraan ramah lingkungan seperti mobil listrik BYD. Semoga, dengan perkembangan pasar mobil listrik yang semakin pesat ini, kita dapat turut serta dalam mendukung upaya global untuk mengurangi emisi karbon dan merawat lingkungan bumi kita. Semakin banyak produsen mobil listrik yang bersaing, maka semakin besar pula peluang bagi kita untuk dapat menikmati beragam pilihan mobil listrik yang inovatif, berkualitas, dan terjangkau.

Related Articles

Leave a Comment

10 + 14 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.