Home News MotoGP Inovasi Yamaha di MotoGP 2024

Inovasi Yamaha di MotoGP 2024

by Dita

Yamaha, Honda, KTM, Aprilia, dan Ducati adalah lima pabrikan motor yang berkompetisi di ajang MotoGP. Setiap musim, pabrikan-pabrikan ini selalu berusaha untuk meningkatkan performa motor mereka agar dapat bersaing di lintasan balap. Pada musim ini, Yamaha menjadi salah satu pabrikan yang melakukan pembaruan teknis yang signifikan.

Fabio Quartararo, pembalap Yamaha, telah melakukan uji coba dengan dino wings baru di bagian belakang YZR-M1. Yamaha juga telah memasang knalpot yang berbeda di Qatar, dengan tujuan untuk menghasilkan suara yang lebih baik dan meningkatkan umpan balik terhadap pembalap. Selain itu, Yamaha juga melengkapi M1 dengan ventilasi pendingin tambahan di belakang saluran downwash.

Sementara itu, Honda juga tidak ketinggalan dalam melakukan penyempurnaan pada motor RC213V mereka. Mereka fokus pada aerodinamika dan sayap di bagian depan dan belakang motor. Honda telah mengutak-atik sayap belakang RC213V dengan harapan dapat meningkatkan downforce dan traksi. Hal ini menjadi salah satu area kunci yang perlu diperbaiki oleh Honda.

KTM, pabrikan asal Austria, juga melakukan beberapa perubahan pada RC16 mereka. Mereka memperkenalkan fairing baru yang lebih rendah untuk menghasilkan efek tanah. Selain itu, sayap sidepod pada KTM juga mengalir ke bagian bawah fairing dengan lebih rapat, dengan tujuan untuk meningkatkan performa motor di lintasan balap.

Aprilia, pabrikan asal Italia, juga tidak mau ketinggalan dalam mengembangkan motor RS-GP24 mereka. Mereka menambahkan diffuser kecil di bagian ekor RS-GP24 selama tes di Malaysia. Namun, Maverick Viñales, pembalap Aprilia, masih belum terlalu menyukai konsep tersebut. Oleh karena itu, Aprilia menambahkan elemen tambahan pada diffuser untuk mengurangi efeknya.

Di sisi lain, Ducati memperkenalkan bodywork baru Desmosedici GP24 di Sepang dan sebagian besar menguji bagian-bagian baru ini di Losail. Meskipun tidak membawa perkembangan besar, Ducati tetap menjadi salah satu pabrikan yang kompetitif di MotoGP. Francesco Bagnaia, juara dunia bertahan, menjadi yang tercepat di kedua hari uji coba di Losail.

Dengan adanya pembaruan teknis dari berbagai pabrikan motor MotoGP, persaingan di lintasan balap semakin menarik. Pembalap dan tim akan terus berusaha untuk mengoptimalkan performa motor mereka agar dapat meraih hasil terbaik di setiap balapan. Semua ini menunjukkan betapa pentingnya inovasi dan pengembangan teknologi dalam dunia balap motor.

Related Articles

Leave a Comment

three × two =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.