Home News MotoGP Carmelo Ezpeleta: MotoGP, Liberty Media, dan Musim 2027

Carmelo Ezpeleta: MotoGP, Liberty Media, dan Musim 2027

by VR46 Fans

Carmelo Ezpeleta, CEO dari Dorna, perusahaan yang mengelola hak MotoGP, hadir sebagai tamu di Gala Federasi Motor Spanyol (RFME). Di sana, dia memberikan beberapa penghargaan. Selain itu, dia menanggapi berita yang diungkapkan oleh beberapa media tentang tawaran dari Liberty Media, pemilik F1, untuk membeli MotoGP.

MotoGP, kompetisi yang sangat terbuka. “Saya selalu bilang, mari kita lihat apakah ini lebih baik dari yang sebelumnya. Dan yang sebelumnya sangat bagus, maka yang ini, kemungkinan besar, akan lebih baik, terlihat lebih baik.”

Semangat untuk musim ini. “Saya selalu sangat bersemangat, saya tidak merasa memiliki semangat lebih dari tahun-tahun sebelumnya, tapi saya memiliki lebih banyak pengalaman dan hal lain.”

Minat Liberty (F1) untuk membeli MotoGP. “Pemegang saham mayoritas Dorna adalah dana investasi, yang membeli hal-hal untuk dijual. Kami selalu tersedia untuk dibeli, sejak hari pertama. Kami bekerja dengan Bridgepoint sejak tahun 2006 dan CPP dan B sejak tahun 2013. Selalu ada pendekatan dan sebagainya. Saat ini, hanya itu. Kami berada dalam posisi yang sama seperti sebelumnya.”

Kejuaraan dengan 21 balapan besar. “Saya harap begitu. Tapi itu tidak bisa dikatakan begitu saja. Berbicaralah saat gandum sudah dituai dan semuanya sudah diikat dengan baik. Saat ini, tidak ada masalah yang terlihat jauh dan Argentina tidak diselenggarakan karena kami tidak yakin bahwa kami bisa melakukannya dalam kondisi yang memungkinkan kami berada di Austin pada Minggu berikutnya. Promotor tidak merasa mampu karena situasi di sana tidak menjamin layanan yang dapat diberikan dan, oleh karena itu, kami memilih ini. Yang lain masih dalam perencanaan. Saya tidak percaya bahwa jika ada pembatalan, itu akan digantikan. Salah satu alasan mengapa kami memiliki 22 balapan adalah karena kami percaya bahwa harus ada balapan selama periode panjang musim. Ini memungkinkan kami memiliki 21 balapan dan semuanya baik-baik saja. Kami selalu mengatakan bahwa lebih dari 22 tidak terlihat bagus bagi kami. Saya tidak melihat masalah dalam hal apapun.”

Mengurangi kecepatan motor. “Posisi Dorna adalah bahwa kami sekarang sedang mendiskusikan peraturan teknis dan olahraga untuk tahun 2027. Di Doha, kami akan memiliki pertemuan dengan semua produsen untuk mendapatkan tanggapan. Mereka memberikan proposal kepada kami; kami membalas dengan proposal lain yang sedikit lebih ketat dari mereka dan sekarang mereka harus memberi tahu kami apa pendapat mereka tentang proposal ini. Kami cukup dekat. Mayoritas menyukai apa yang kami usulkan.”

Proposal dan para pembalap. “Kami mendengarkan para pembalap setiap minggu dan, terutama, adalah masuk akal. Secara filosofis, tidak ada masalah dengan siapa pun. Sekarang adalah saatnya untuk melihat bagaimana hal itu diterapkan.”

Peraturan tahun 2027. “Jika tidak ada perubahan, mesin akan berbeda. Kami tidak akan mengubahnya sekarang untuk dua tahun. Pabrikan akan mulai bekerja sekarang untuk 2027; 2025 dan 2026 akan dilakukan dengan aturan yang sama seperti sekarang. Kami akan segera mencapai kesepakatan dan akan diumumkan musim ini.”

Superbike. “Saya sangat menyukainya, sangat penting untuk memiliki kejuaraan motor yang berasal dari seri. Saya mengatakan bahwa belum pernah ada kejuaraan sekelas MotoGP tahun ini; saya sedang memikirkannya ketika melihat Álvaro (Bautista): belum pernah ada kejuaraan Superbike yang lebih kompetitif atau menarik, tidak pernah.”

Mengambil hal-hal dari Superbike untuk MotoGP. “Ketika Anda memiliki lebih banyak orang, lebih sulit untuk menerapkan hal-hal. Di JuniorGP, kita bisa menerapkan semuanya, tapi ketika semakin banyak, ‘paddock’ memungkinkan hal-hal lain. Ada banyak ide untuk terus melakukan hal-hal.”

Related Articles

Leave a Comment

2 + nine =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.