Home News MotoGP Debutan Acosta Pecundangi Martin di FP1 Qatar MotoGP

Debutan Acosta Pecundangi Martin di FP1 Qatar MotoGP

by Dita

MotoGP 2024: Jorge Martin Tercepat di FP1 Qatar

Setelah dua tes pramusim pada Februari, kampanye MotoGP 2024 yang terdiri dari 21 putaran dimulai Jumat (8/3/2024), di Sirkuit Losail, Qatar. Dijalankan di bawah kondisi yang lebih cerah, sesi latihan bebas pertama (FP1) selama 45 menit di Qatar sebagian besar adalah tentang menyingkirkan sarang laba-laba untuk 22 pembalap yang siap bersaing.

Jorge Martin, pembalap Pramac Racing yang menjadi runner-up kejuaraan tahun lalu, mencatatkan waktu tercepat dengan selisih tipis 0,047 detik dalam sesi pembukaan yang sebagian besar tidak representatif dari Aleix Espargaro dari tim Aprilia. Namun, perhatian juga tertuju pada debutan MotoGP, Pedro Acosta, yang sempat bertengger cukup lama di peringkat pertama sebelum akhirnya melorot ke posisi ketiga.

Pembalap KTM, Jack Miller, memimpin sesi dengan waktu 1 menit 55,258 detik sebelum Joan Mir dari tim Honda mengambil alih posisi teratas dengan mencatatkan waktu 1 menit 54,221 detik. The Shark of Mazarron”, Joan Mir, naik ke posisi teratas untuk pertama kalinya dengan 38 menit tersisa sebelum Marc Marquez dari tim Gresini Ducati mengambil alih posisi teratas dengan waktu 1 menit 53,408 detik.

Posisi teratas terus berpindah tangan melalui Jorge Martin dan Enea Bastianini dari tim Ducati. Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin, kembali ke posisi terdepan dengan 20 menit tersisa dengan catatan waktu 1 menit 53,138 detik. Marc Marquez, dalam sesi balapan akhir pekan resmi pertamanya di atas Ducati Desmosedici GP23, kembali ke puncak dengan waktu 1 menit 53,124 detik.

Dengan waktu tersisa lebih dari 10 menit, Brad Binder dari tim pabrikan KTM turun ke bawah angka 1 menit 53, tepatnya 1 menit 52,889 detik, sebelum Pedro Acosta menciptakan waktu tercepat saat itu dengan 1 menit 52,695 detik. Namun, catatan waktu tersebut hanya bertahan selama lima menit sampai Jorge Martin mencetak waktu lap tercepat dengan 1 menit 52,624 detik.

Di sesi FP1 di Qatar, Aleix Espargaro dari tim Aprilia semakin menurunkan posisi Pedro Acosta dengan naik ke urutan kedua, sementara Marc Marquez memimpin Ducati di urutan keempat dengan motor spesifikasi 2023. Brad Binder berada di posisi kelima menempel Johann Zarco dari LCR Honda, diikuti oleh Enea Bastianini, Fabio Di Giannantonio dari VR46 Ducati, Jack Miller, dan juara dunia bertahan Francesco Bagnaia (Ducati) yang melengkapi posisi 10 besar.

Miguel Oliveira berada di posisi ke-12 dalam sesi resmi MotoGP pertama tim Trackhouse Racing, sementara Alex Rins menjadi pembalap Yamaha terdepan di posisi ke-15. Joan Mir memimpin rekan setimnya di tim pabrikan Honda, Luca Marini, yang berada di posisi ke-16, sementara Fabio Quartararo menempati posisi ke-19.

Franco Morbidelli, yang terpaut 2,1 detik dari posisi tercepat, kembali beraksi di MotoGP bersama Pramac Ducati setelah mengalami gegar otak saat latihan pramusim. FP1 di Qatar menjadi yang pertama bagi Morbidelli di atas GP24 tahun ini.

Dengan hasil FP1 yang menarik dan persaingan yang ketat, para pembalap akan terus berupaya meningkatkan performa mereka di sesi latihan berikutnya untuk meraih hasil terbaik di balapan yang akan datang. Tunggu terus perkembangan selanjutnya dari MotoGP 2024 di Sirkuit Losail, Qatar.

Related Articles

Leave a Comment

4 × 1 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.