Home News MotoGP Martinator dan ‘Póker’ Espanyol Dominasi Latihan Bebas MotoGP Qatar

Martinator dan ‘Póker’ Espanyol Dominasi Latihan Bebas MotoGP Qatar

by VR46 Fans

Jorge Martín memimpin sesi latihan bebas pertama MotoGP di Qatar dan musim 2024. Sesi ini merupakan sesi pengenalan dengan ‘poker’ dari pembalap Spanyol, dengan Martinator, Aleix, Acosta, dan Marc Márquez. Banyak orang di Spanyol pasti akan menandatangani ini untuk sepanjang tahun. Namun, beberapa pembalap tidak terlalu memaksakan diri, seperti juara Bagnaia.

Cuaca saat itu adalah 24 derajat di bawah sinar matahari di tengah kabut tipikal di Lusail, dengan 39 derajat di udara. Juga dengan angin sepoi-sepoi.

Pembalap pertama kali berputar untuk mulai beradaptasi dengan lintasan yang tentu saja masih kotor. Mereka masih segar karena tes sebelumnya, namun waktu yang dicatat masih ‘lambat’.

Aleix Espargaró terpaksa harus melaju lurus di akhir lintasan setelah Acosta mengalahkannya dengan memanfaatkan slipstream dan membuatnya kehilangan tempat. Area luar lintasan yang luas mencegahnya jatuh, seperti yang dialami Brad Binder setelah mengalami insiden yang sama. Hampir semua pembalap menggunakan ban medium, karena bukan saatnya untuk balapan.

Marc Márquez berhasil memimpin setelah hanya empat putaran. Namun, hal itu tidak berlangsung lama karena Martinator segera mengambil alih. Sedangkan Bagnaia berada di posisi terakhir pada saat itu.

Bastianini dan Martín kembali meningkatkan performa mereka, namun ’93’ kembali menduduki posisi pertama di lap ke-10. Semua orang memperhatikan dengan rasa penasaran, termasuk Gigi Dall’Igna, kepala Ducati Corse.

Seperti sebelumnya, namanya tidak bertahan lama di puncak klasemen, karena ‘La Bestia’ berhasil melampaui posisinya. Enea sangat senang dengan Ducati GP24-nya.

Brad Binder, dengan KTM, menjadi pembalap pertama yang mencatat waktu di bawah 1:53. Motor-motor Austria berharap untuk menghindari dominasi Ducati. Sementara itu, Aprilia terlihat kurang kompetitif.

Acosta menunjukkan bahwa dia adalah salah satu kartu asnya. Dia berhasil menduduki posisi pertama ketika hanya tersisa tujuh menit. Di helmnya, dia menempelkan dua stiker: satu dengan huruf L, seperti pengemudi pemula, dan satu lagi dengan gambar hiu dan tulisan dalam bahasa Inggris: ‘Zona de tiburones’ (daerah hiu).

Kemudian, Pedro melakukan penyelamatan luar biasa di tikungan pertama, setelah melakukan kemiringan yang hampir menyentuh aspal dengan bahunya. Kemudian, dia harus melakukan penyelamatan lain di tikungan 9. Bahkan pelindung rem depan di setang kanan hampir copot. Murni pertunjukan.

Martín menunjukkan kecepatannya dengan satu putaran yang membuatnya menduduki posisi pertama. Sementara itu, Aleix Espargaró melompat ke posisi kedua saat waktu habis.

Zarco menggunakan ban baru untuk masuk ke dalam ‘top 10’. Tidak ada yang bisa mengalahkan Martinator, yang tampaknya telah menyelesaikan masalah getaran di bagian belakang motor selama uji coba pramusim.

Sesi latihan berakhir dengan empat pembalap Spanyol memimpin. Awal yang baik, meskipun dalam kewaspadaan, tentu saja, karena ini hanyalah sesi pemanasan.

Di kelas Moto3, Iván Ortolá berhasil mencatat waktu terbaik di akhir sesi, diikuti oleh Rueda dan David Muñoz. David Alonso finis di posisi keempat setelah mengalami kecelakaan hebat menjelang akhir sesi. Untungnya, dia dalam kondisi baik. Holgado, Adrián Fernández, dan pembalap pendatang baru Joel Esteban masuk ke dalam ‘top 10’. Vicente Pérez, yang menggantikan Zurutuza yang tidak dapat debut karena usia, finis di posisi ke-12. David Almansa di posisi ke-16 dan Piqueras di posisi ke-23. Semua pembalap menggunakan ban Pirelli, sama seperti di kelas menengah.

Di kelas Moto2, Fermín Aldeguer memulai sesi seperti yang dia akhiri: memimpin. Dia berhasil mengungguli Van den Goorbergh, Vietti, dan Dixon. Manu González, Arenas, Alcoba, Sergio García, dan Izan Guevara masuk ke dalam ‘top 14’. Di luar ‘top 14’: Canet, Alonso López, Masiá, Ramírez, Escrig, dan Artigas.

Related Articles

Leave a Comment

ten + thirteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.