Home News MotoGP Álex Márquez Dominasi Praktik MotoGP Qatar

Álex Márquez Dominasi Praktik MotoGP Qatar

by VR46 Fans

Álex Márquez menjadi pembalap tercepat dalam sesi latihan MotoGP, yang merupakan pemanasan sebelum kualifikasi di Qatar. Ini adalah saat pertama kali semua pembalap memberikan yang terbaik dan menunjukkan kartu-kartu mereka. Ducati mendominasi dengan mantap. Martín tampil solid. Marc dan Acosta semakin berkembang.

Kondisinya sangat berbeda. Tidak ada tanda-tanda hujan. Matahari bersinar terang dan suhu mencapai 27 derajat Celsius di udara dan 46 derajat di aspal.

Hanya ada sedikit waktu tenang di awal, menggunakan ban medium, sebelum beralih ke ban lunak, karena kondisi aspal masih basah setelah hujan Jumat lalu.

Luca Marini mengalami kecelakaan pertamanya musim ini di MotoGP. Ia terjatuh di tikungan 2. Namun, dia bisa bangkit tanpa masalah.

Maverick Viñales mengalami masalah teknis. Motornya mengeluarkan asap dan dia diberitahu melalui layar. Setelah beberapa tikungan, dia memilih keluar ke jalur luar untuk tidak mengotori lintasan. Aprilia menegaskan bahwa bukan masalah mesin yang terjadi.

Pedro Acosta mencatatkan waktu terbaik sementara dan segera setelahnya jatuh di tikungan 5. Dia meluncur di jalur luar dan segera bangkit untuk melanjutkan balapan dengan GasGas-nya.

Marc Márquez melakukan ‘penyelamatan’ setelah ban belakangnya tergelincir di Ducati. Dia berhasil mengendalikannya sebelum kembali ke garasi.

Saat tersisa 20 menit, para pembalap mulai mencoba untuk mencatat waktu putaran tercepat. Miguel Oliveira menjadi yang pertama melewati waktu 1:52.

Dalam sesi uji coba, tujuh pembalap berhasil mencatat waktu di bawah rekor resmi, yang sebelumnya dipegang oleh Luca Marini dengan pole position pada 2023, dengan waktu 1:51.7. Kemudian, Bagnaia mencatatkan waktu 1:50.9. Bastianini, dalam percobaan pertamanya, langsung mencatat waktu 1:51.4.

Namun, rekor baru ini tidak bertahan lama, karena Jorge Martín mencatat waktu fantastis 1:51.262. Acosta berada di belakangnya, tetapi belum masuk dalam ‘top 10’. Pembalap asal Madrid ini berhasil memperbaiki catatan waktunya dari sesi uji coba pra musim. Dia sebelumnya mengeluh tentang getaran di bagian belakang motornya. Pada Jumat, dia mengatakan bahwa masalah tersebut sudah teratasi.

Marc Márquez menunjukkan performa yang impresif. Dia juga mencatat waktu 1:51.4, tetapi lebih baik dari ‘The Beast’ atau Bagnaia. Hal ini membuatnya berada di posisi kedua.

Raúl Fernández, yang jarang disebut, mencatat waktu bagus 1:51.5 dengan Aprilia 2023, yang membuatnya berada di posisi keempat.

Semua pembalap kemudian masuk untuk mengganti ban baru. Mereka semua kembali ke lintasan, karena persaingan di MotoGP saat ini sangat ketat. Di antara mereka yang harus bekerja keras adalah Aleix atau ‘Diggia’, yang tidak masuk dalam sepuluh besar.

Espargaró tidak butuh waktu lama untuk menunjukkan potensinya. Dia berada di posisi kedua. Bagnaia memimpin kelompok pembalap dan memimpin… hanya untuk beberapa detik. Dia kemudian digantikan oleh ‘Diggia’ dan kemudian oleh Álex Márquez. Acosta memanfaatkan slipstream dari Binder.

Jack Miller terjatuh di tikungan awal dan membuat bendera kuning berkibar. Marc juga mengalami insiden di tikungan 10 dan harus membatalkan upayanya.

Semua kejadian ini membuat tidak mungkin untuk memaksa lebih keras. Dengan demikian, ‘top 10’, dan yang langsung lolos ke Q2 adalah: Álex Márquez, Martín, Di Giannantonio, Bagnaia, Viñales, Acosta, Aleix Espargaró, Bastianini, Marc Márquez, dan Binder. Sedangkan yang harus melalui Q1: Raúl Fernández, Oliveira, Bezzecchi, Quartararo, Miller, Zarco, Mir, Augusto, Rins, Nakagami, Morbidelli, dan Marini.

Sekali lagi, Honda dan Yamaha tidak masuk dalam persaingan pole position, setidaknya untuk saat ini. Morbidelli, secara mengejutkan, terjatuh saat kembali ke pit.

Di Moto2, Jake Dixon mengalami kecelakaan serius dan harus dibawa ke klinik sirkuit. Dia sadar dan tidak mengalami patah tulang, namun dibawa ke rumah sakit setempat untuk pemeriksaan lebih lanjut. Arón Canet mendominasi dengan mantap, memecahkan rekor, sudah menggunakan ban Pirelli. ‘Top 14’ yang langsung lolos ke Q2 adalah: Canet, Chantra, Arbolino, Aldeguer, Van den Goorbergh, Manu González, Sergio García, Binder, Vietti, Ramírez, Bendsneyder, Alonso López, dan Izan Guevara. Sedangkan yang harus melalui Q1: Arenas, Alcoba, Escrig, Masiá, atau Artigas.

Di Moto3, Rueda menjadi yang tercepat. ‘Top 14’ ini diisi oleh semua pembalap Spanyol: Rueda, David Alonso, Ortolá, Muñoz, Holgado, Rossi, Nepa, Veijer, Adrián Fernández, Vicente Pérez, Lunetta, Piqueras, Joel Esteban, dan Roulstone. David Almansa absen karena patah tulang pada lengan kirinya.

Dengan demikian, persiapan untuk kualifikasi MotoGP di Qatar semakin menarik. Pecinta balap motor akan disuguhkan dengan aksi-aksi menegangkan dari para pembalap yang berkompetisi untuk meraih pole position. Semua mata tertuju pada siapa yang akan menjadi yang tercepat dan mendominasi lintasan di balapan yang akan datang. Semua akan terjawab dalam waktu dekat.

Related Articles

Leave a Comment

10 + 12 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.