Home News MotoGP Pole Dani Holgado di Moto3 Qatar: Adrenalina di Lusail

Pole Dani Holgado di Moto3 Qatar: Adrenalina di Lusail

by VR46 Fans

Dani Holgado berhasil meraih pole position pertama musim ini di Moto3, di Qatar, yang merupakan pole position ketiga dalam karirnya. Pembalap GasGas Tech3 ini berhasil mengalahkan Ortolá di akhir sesi kualifikasi, dengan empat pembalap Spanyol berada di empat posisi teratas. Ini adalah pole position ke-650 untuk Spanyol.

Kondisi cuaca sangat baik di senja hari di Lusail. Terdapat sinar matahari dan suhu 25 derajat Celsius di udara dan 40 derajat Celsius di aspal. Ban baru, Pirelli, membuat waktu putaran terpatahkan secara signifikan.

Namun sayangnya, David Almansa absen karena ia mengalami patah beberapa tulang di tangan kirinya setelah jatuh dalam sesi latihan bebas pertama. Debutnya dengan tim Snipers Honda harus ditunda. Vicente Pérez menggantikan Xabi Zurutuza di tim Ajo, yang belum genap berusia 18 tahun.

Di sesi kualifikasi pertama (Q1), di awal-awal sesi, pembalap rookie Piqueras mengejutkan dengan waktu yang lebih baik dari Rueda, yang menjadi dominator sesi latihan bebas ketiga. Juara Moto3 JuniorGP ini menunjukkan performa yang sangat baik. Kondisi lintasan semakin membaik dan Farioli berhasil unggul.

Nico Carraro mengalami masalah teknis dan bahkan tidak keluar ke lintasan sampai akhir sesi. Strategi yang beragam dilakukan oleh pembalap. Suzuki tetap fokus pada jalannya dan berangkat lebih awal dari yang lain. Pembalap Jepang ini beralih ke tim IntactGP dengan motor KTM. Lunetta berusaha untuk mengikutinya.

Sisa pembalap berhasil lolos dan dapat memberikan satu putaran terbaik. Beberapa di antaranya hanya berselisih satu detik. Namun, putaran mereka terasa kurang sempurna, dengan beberapa kesalahan yang membuat mereka kehilangan waktu, seperti Furusato, Ogden, atau Farioli.

Pembalap yang berhasil lolos ke sesi kualifikasi kedua (Q2) adalah Farioli, Piqueras, Lunetta, dan Furusato. Sedangkan di bagian kedua grid akan diisi oleh: 19. Suzuki, 20 Ogden, 21. Whatley, 22. Carraro, 23. Joel Esteban.

Di sesi kualifikasi kedua (Q2), semua pembalap berusaha untuk mendapatkan posisi yang bagus. Namun, yang paling cerdik adalah Iván Ortolá, yang mengikuti David Alonso untuk melaju dan mencatat waktu fantastis 2:02.5, memecahkan rekor sebelumnya. Waktu Ortolá ini satu detik lebih cepat dari waktu Rueda di sesi latihan pagi. Padahal, pelindung rem milik pembalap asal Valencia ini lepas.

Setelah percobaan pertama ini, Ortolá masuk ke pit dan pembalap lain mengikutinya. Rueda berada di posisi kedua, diikuti oleh David Alonso di posisi ketiga dan Holgado di posisi keempat.

David Muñoz dan Riccardo Rossi bahkan belum mencatat waktu. Pembalap asal Sevilla ini memutuskan untuk masuk pit setelah melihat Kelso di belakangnya. Rueda memimpin untuk memberikan waktu terbaik. Di belakangnya adalah Vicente Pérez dan Kelso. Holgado berada di belakang Piqueras, namun berhasil mengalahkannya dan mencatat waktu fantastis 2:02.2. Pole position akhirnya menjadi miliknya. David Alonso tidak berhasil memperbaiki waktu terakhirnya. Adrián Fernández berhasil naik peringkat. Ortolá tidak mampu menyaingi waktu Holgado.

Holgado merasa kagum. “Saya bahkan tidak percaya dengan waktu yang saya catat. Saya mengambil risiko besar, namun hasilnya memuaskan. Ini memberikan adrenalin yang luar biasa untuk besok,” ujarnya di DAZN. Ortolá percaya pada ritmenya dan Rueda puas dengan posisi di baris depan.

Dengan hasil ini, kelasifikasi Q2 Moto3 Qatar menjadi sebagai berikut:

1. Dani Holgado
2. Iván Ortolá
3. David Alonso
4. Rueda
5. Vicente Pérez
6. Kelso
7. Adrián Fernández
8. David Muñoz
9. Riccardo Rossi
10. Piqueras

Dengan demikian, Dani Holgado berhasil meraih pole position di Moto3 Qatar dan siap bersaing di balapan besok. Semoga balapan berlangsung seru dan aman bagi semua pembalap.

Related Articles

Leave a Comment

four × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.