Home Otomotif Mobil Elektrik: Kembali ke Era Tombol & Kenop

Mobil Elektrik: Kembali ke Era Tombol & Kenop

by Rohmat Ali
lihat nih interior mobil listrik para sultan 8 169 jpeg

Mobil-mobil zaman sekarang semakin canggih dengan adopsi sistem kerja elektrik yang memungkinkan kontrol kendaraan dari layar sentuh dalam kabin. Namun, terkait dengan keamanan, Euro NCAP menyatakan bahwa penggunaan layar sentuh di dalam mobil sebenarnya tidaklah aman. Hal ini disebabkan oleh kesulitan pengemudi dalam mencari dan menekan beragam tombol pada layar sentuh untuk mengaktifkan fitur-fitur tertentu. Euro NCAP merekomendasikan adanya tombol fisik yang mudah diakses untuk fitur-fitur utama seperti wiper, lampu peringatan, dan indikator lainnya.

Byton, produsen mobil asal China, bahkan telah merilis foto interior mobil listrik model SUV dengan layar sebesar 48 inci yang tersemat pada dashboard. Meskipun teknologi canggih memberikan kenyamanan dan kemudahan dalam mengontrol kendaraan, namun teknologi tersebut juga dapat menyulitkan pengguna jika perintah-perintah untuk mengaktifkan fitur tertentu terlalu terpencar dan ditempatkan jauh di dalam layar sentuh. Hal ini menyebabkan pengemudi harus melakukan beberapa kali tekanan layar untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Volkswagen (VW) juga mengalami masalah serupa terkait kritik pemilik mobil terbaru mereka yang mengalami kesulitan mengakses fitur-fitur sederhana yang sebenarnya. Panel hiburan yang tertanam di layar sentuh dianggap membingungkan dan terlalu rumit. Akhirnya, VW memutuskan untuk mengembalikan tombol dan kenop fisik pada beberapa model mobil mereka sebagai solusi atas kendala yang dialami pengguna.

Matthew Avery, Direktur Pengembangan Strategis Euro NCAP, menyatakan bahwa penggunaan layar sentuh yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kecelakaan karena pengemudi harus mengalihkan perhatian dari jalan untuk mengoperasikan layar sentuh utama. Oleh karena itu, Euro NCAP menekankan pentingnya adanya tombol fisik yang mudah diakses dalam kendaraan untuk meminimalisir gangguan konsentrasi pengemudi.

Kesimpulannya, meskipun teknologi canggih membawa kemudahan dalam pengoperasian mobil, namun keamanan pengemudi tetap menjadi prioritas utama. Dengan adanya rekomendasi dari Euro NCAP untuk memiliki tombol fisik yang mudah diakses, diharapkan produsen mobil dapat mempertimbangkan ulang desain interior mobil agar pengemudi dapat mengoperasikan kendaraan dengan lebih aman dan nyaman.

Related Articles

Leave a Comment

15 − 6 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.