Home Otomotif Solusi Ampuh Mengatasi Motor Vario yang Susah Dinyalakan

Solusi Ampuh Mengatasi Motor Vario yang Susah Dinyalakan

by Rohmat Ali
test ride vario 125 1 169

Saat motor matic vario kesayangan kita tiba-tiba susah dinyalakan, tentu saja hal ini bisa membuat hari kita menjadi repot. Apalagi jika kita dalam kondisi yang mendesak, seperti akan terlambat ke kantor atau jadwal penting lainnya. Namun, tidak perlu panik detikers, karena ternyata ada beberapa solusi yang bisa kita lakukan ketika motor vario susah dinyalakan. Yuk, simak caranya!

### 1. Periksa Kedipan di Panel Speedometer

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memeriksa apakah saat kunci kontak dalam posisi ON terdapat kedipan di panel speedometer. Jika ada kedipan, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa ada sesuatu yang perlu diperiksa di sistem injeksi. Namun, jika tidak ada kedipan, berarti koneksi sistem injeksi dalam kondisi baik.

### 2. Cek Bunyi Denging di Bawah Tangki

Selanjutnya, perhatikan apakah terdengar bunyi denging di bawah tangki saat kunci kontak dalam posisi ON. Jika ada bunyi tersebut, itu menandakan bahwa pompa bahan bakar sedang bekerja dengan baik. Namun, jika tidak terdengar bunyi dalam 3 detik, kemungkinan ada masalah pada komponen bagian fuel pump. Sehingga disarankan untuk membawa motor ke bengkel ahli.

### 3. Cek Busi

Jika kita masih belum berhasil menyulut mesin meskipun terdengar bunyi denging, coba periksa kondisi busi. Pastikan apakah busi masih dalam kondisi baik dan apakah ada percikan api. Dalam kondisi normal, busi akan mengeluarkan percikan api. Jika tidak, kemungkinan besar ada masalah pada ECU dan motor perlu diperiksa oleh ahlinya.

### 4. Gunakan Kickstarter

Jika semua langkah di atas belum berhasil, cobalah untuk mengengkol menggunakan kickstarter. Perhatikan apakah terasa berat saat mengengkol, hal ini menandakan adanya kompresi di mesin. Namun, jika terasa ringan, bisa jadi kompresi bocor. Kondisi ini juga perlu diperiksakan oleh mekanik yang berpengalaman.

Setelah mengetahui beberapa solusi ketika motor vario susah dinyalakan, sekarang mari kita bahas penyebab umum yang membuat motor menjadi sulit untuk dihidupkan.

### Penyebab Motor Susah Dinyalakan

1. **Aki yang Lemah**
Aki merupakan bagian yang berfungsi untuk menyuplai listrik ke komponen elektronik lainnya. Jika tegangan dari aki tidak mencukupi, hal ini akan mempengaruhi sistem start engine.

2. **Busi Aus**
Busi juga memiliki peran penting dalam proses penghidupan sepeda motor. Fungsi busi adalah mengubah tegangan listrik menjadi percikan api yang membantu proses pembakaran bahan bakar. Setelah pemakaian lebih dari 8.000 km, kinerja busi mulai menurun sehingga proses pembakaran tidak optimal.

3. **Aliran Bahan Bakar Tersumbat**
Bahan bakar yang tersumbat akan menghambat aliran bahan bakar dari tangki ke mesin. Hal ini akan membuat motor sulit untuk dinyalakan karena suplai bahan bakar yang rendah.

4. **Spull Rusak**
Spull berperan sebagai sumber energi untuk proses pembakaran pada kompresi mesin. Jika spull rusak atau mati, motor akan sulit untuk dihidupkan karena tidak ada pengapian untuk proses pembakaran.

5. **Relay Starter Rusak**
Fungsi relay starter adalah untuk menyalakan arus listrik dari aki ke starter. Jika relay starter mengalami kerusakan, maka motor juga akan sulit untuk dinyalakan karena tidak ada sumber listrik yang cukup.

Demikianlah beberapa solusi dan penyebab umum ketika motor vario susah dinyalakan. Jika setelah melakukan langkah-langkah di atas motor masih belum bisa dinyalakan, disarankan untuk membawanya ke bengkel terpercaya agar mendapatkan pengecekan lebih lanjut. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat mencoba detikers!

### Sumber:

Related Articles

Leave a Comment

12 − 5 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.