Home Otomotif Peminat Mobil Hybrid Terus Meningkat di Indonesia

Peminat Mobil Hybrid Terus Meningkat di Indonesia

by Rohmat Ali
daihatsu rocky hybrid e smart 2 169 jpeg

Mobilitas merupakan salah satu hal penting dalam kehidupan sehari-hari, terutama di era modern seperti sekarang. Teknologi yang semakin canggih telah mempengaruhi banyak aspek kehidupan manusia, termasuk dalam hal transportasi. Kendaraan elektrifikasi telah menjadi salah satu solusi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan memperbaiki kualitas udara di perkotaan. Di Indonesia sendiri, tren penggunaan mobil hybrid terus meningkat, seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.

Menyadari hal tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) turut serta dalam menyediakan pilihan kendaraan ramah lingkungan dengan menghadirkan mobil hybrid. Sri Agung Handayani, selaku Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director Astra Daihatsu Motor (ADM), menunjukkan optimisme terhadap penjualan mobil hybrid. Data penjualan menunjukkan bahwa minat masyarakat terhadap mobil hybrid semakin meningkat.

Menurut Agung, pasar kendaraan elektrifikasi, termasuk mobil hybrid, mengalami peningkatan yang signifikan. Pada periode Februari lalu, kontribusi penjualan mobil hybrid mencapai 9 persen dari total penjualan. Angka ini menunjukkan bahwa masyarakat semakin menyadari pentingnya beralih ke mobil ramah lingkungan. Meskipun mobil listrik murni masih memiliki pangsa pasar yang kecil, namun keberadaan mobil hybrid menjadi pilihan yang diminati oleh konsumen.

Daihatsu sendiri telah memiliki teknologi hybrid yang telah diimplementasikan dalam Daihatsu Rocky di Jepang. Selain itu, platform Daihatsu, yakni Daihatsu New Global Architecture (DNGA), juga digunakan dalam mobil hybrid Toyota seperti Yaris Cross. Dengan demikian, Daihatsu memiliki potensi untuk memasarkan mobil hybrid di Indonesia.

Meskipun belum ada kepastian mengenai waktu peluncuran mobil hybrid Daihatsu di Indonesia, namun Agung menegaskan bahwa pihaknya sedang menuju ke arah tersebut. Dengan semakin berkembangnya infrastruktur kendaraan ramah lingkungan di tanah air, diharapkan masyarakat semakin mudah untuk beralih ke mobil hybrid.

Selain itu, kabar baik juga datang dari pemerintah yang akan memberikan insentif bagi pengguna mobil hybrid. Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita telah mengungkapkan bahwa aturan terkait insentif mobil hybrid sedang dirumuskan. Hal ini diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk memilih kendaraan ramah lingkungan dan mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi emisi gas rumah kaca.

Dengan adanya insentif dari pemerintah dan kesadaran masyarakat yang semakin meningkat, diharapkan pasar mobil hybrid di Indonesia akan semakin berkembang. Pilihan untuk beralih ke mobil ramah lingkungan seperti mobil hybrid akan membantu dalam menjaga kelestarian lingkungan dan meningkatkan kualitas udara di perkotaan.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tren penggunaan mobil hybrid di Indonesia terus meningkat seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan. Dukungan dari pemerintah melalui insentif juga diharapkan dapat mempercepat transisi menuju mobil ramah lingkungan. Semoga dengan adanya pilihan kendaraan yang lebih bersahabat dengan lingkungan, kita semua dapat menjaga bumi ini untuk generasi mendatang.

Related Articles

Leave a Comment

7 − 2 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.