Home Otomotif Tips Aman Berkendara Motor Matic di Bulan Puasa

Tips Aman Berkendara Motor Matic di Bulan Puasa

by Rohmat Ali
begini cara berkendara motor matic di tanjakan dan turunan 169 jpeg

Hati-hati saat Berkendara Motor saat Puasa

Menjaga keselamatan saat berkendara motor merupakan hal yang sangat penting, terutama saat sedang menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan. Salah satu risiko yang sering dihadapi oleh pengendara motor adalah rasa kantuk yang muncul saat sedang berkendara. Hal ini tentu dapat membahayakan diri sendiri dan juga orang lain di sekitar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara menghilangkan rasa kantuk saat berkendara motor di bulan Ramadan.

### Istirahat yang Cukup

Pola tidur yang berubah akibat makan sahur bisa membuat seseorang menjadi lebih mengantuk. Meskipun begitu, tetap pastikan untuk mendapatkan tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan. Menurut Head of Safety Riding Promotion Wahana Makmur Sejati (WMS) Agus Sani, tidur minimal 7-8 jam per hari dapat membantu menjaga tubuh tetap bugar dan terhindar dari rasa kantuk.

### Pemanasan Tubuh

Sebelum memulai perjalanan, melakukan gerakan ringan atau pemanasan tubuh (stretching) dapat membantu mengurangi risiko kecelakaan di jalan. “Gerakan-gerakan ringan seperti merenggangkan tangan dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah menuju otak, sehingga kita dapat lebih fokus dan konsentrasi saat berkendara. Aliran darah yang lancar juga membuat refleks saat berkendara menjadi lebih baik,” tambah Agus.

### Lihat Peta Perjalanan Digital

Sebelum berangkat, sebaiknya periksa peta perjalanan digital terlebih dahulu. Peta perjalanan digital biasanya menyajikan kondisi lalu lintas secara real time, sehingga Anda dapat memilih rute yang lebih efisien. Dengan demikian, perjalanan Anda akan menjadi lebih lancar.

### Istirahat Sejenak

Jika rasa kantuk tidak tertahankan saat sedang berkendara, segera istirahat sejenak selama 10-15 menit. Namun, pastikan untuk tidak istirahat di pinggir jalan. Sebaiknya, cari tempat yang aman seperti halaman parkir convenience store atau masjid. Setelah istirahat, lakukan juga gerakan-gerakan ringan untuk memastikan anggota tubuh berfungsi dengan baik.

#Cari_Aman Saat Berkendara

Meskipun sedang menjalankan ibadah puasa, tetap utamakan keselamatan saat berkendara motor. Mulai dari kondisi fisik yang prima hingga fokus penuh saat di jalan. “Kita harus tetap mengedepankan #Cari_Aman saat berada di jalan raya, yakni dengan memastikan diri dalam kondisi yang baik dan fokus saat berkendara,” tegas Agus.

Dengan mengikuti tips di atas, diharapkan Anda dapat menghindari rasa kantuk saat berkendara motor di bulan Ramadan. Tetaplah waspada dan jaga keselamatan diri serta orang lain di sekitar Anda. Semoga perjalanan Anda lancar dan aman selama bulan Ramadan. Amin.

(Sumber gambar: detik.com)

Related Articles

Leave a Comment

10 − seven =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.