Home News MotoGP Rooftop Baru Circuit de Barcelona: Investasi Besar untuk Masa Depan

Rooftop Baru Circuit de Barcelona: Investasi Besar untuk Masa Depan

by Dita

Circuit de Catalunya: Transformasi Menjadi Fasilitas Balap Modern

Circuit de Catalunya, yang diresmikan pada tahun 1991, telah menjadi salah satu fasilitas olahraga paling mengesankan dan modern di dunia motorsport. Namun, dengan perkembangan zaman, cara mengonsumsi produk balapan telah berubah secara drastis dari era ‘90-an. Sekarang, tidak hanya tiket VIP dan teras paddock yang menjadi daya tarik, tetapi juga pengalaman balapan yang lebih menyeluruh dan inovatif.

Dalam mengikuti tuntutan Formula 1 untuk memperbarui kontrak yang memastikan grand prix digelar di Montmelo hingga tahun 2026, pihak yang bertanggung jawab atas sirkuit ini telah melakukan banyak pekerjaan. Pekerjaan ini dimulai dua tahun lalu dan terus meningkat, tidak hanya karena komitmen kontrak yang telah ditandatangani, tetapi juga karena tekanan dari persaingan untuk menandatangani kontrak grand prix di Madrid selama sepuluh tahun mulai dari tahun 2026.

Menurut Josep Lluis Santamaria, direktur Sirkuit de Catalunya, “Saya tidak melihat mengapa dua grand prix Formula 1 tidak dapat hidup berdampingan di Spanyol di masa depan. Ada tiga di Amerika Serikat dan dua di Italia, jadi bisa juga ada dua di sini.” Hal ini menunjukkan semangat kompetisi yang tinggi di antara penyelenggara balapan.

Kesepakatan dengan Formula 1 menuntut modernisasi fasilitas dan perluasan area perhotelan. Setelah pekerjaan selesai, sirkuit ini akan memiliki delapan ruang berbeda dengan total hingga 8.000 meter persegi dan kapasitas hingga 8.000 orang. Dengan penambahan area perhotelan dan VIP sesuai permintaan F1, sirkuit ini siap menyambut acara balap yang lebih besar dan lebih modern.

Investasi besar senilai 50 juta euro hingga tahun 2026 bertujuan untuk memodernisasi dan mengadaptasi sirkuit ini dengan kebutuhan baru. Hal ini juga bertujuan untuk menjadikan Circuit de Barcelona-Catalunya sebagai infrastruktur utama bagi industri negara, tidak hanya dalam hal penyelenggaraan olahraga motor, tetapi juga untuk semua jenis acara.

Pekerjaan yang akan dilakukan termasuk penyelesaian bangunan pit lane baru dengan lantai pertama dan teras yang teduh, tribun VIP baru dengan sekitar 1.000 kursi, renovasi total Menara Kontrol, pemindahan restoran sirkuit ke paddock, renovasi total penthouse di gedung pit, dan struktur pendukung bangunan Rooftop Sirkuit yang baru.

Rooftop baru yang akan dibangun di Circuit de Barcelona akan menjadi lambang dari sirkuit ini. Bangunan dengan struktur logam setinggi 30 meter akan melintasi sirkuit di udara pada ketinggian tikungan 10. Rooftop ini akan memiliki dua lantai dan akan menghubungkan area Stadion dengan paddock. Semua pekerjaan ini diharapkan selesai untuk Grand Prix MotoGP Catalunya pada akhir pekan 26 Mei.

Transformasi Circuit de Catalunya menjadi fasilitas balap modern yang memadukan inovasi, keberlanjutan, dan kenyamanan menjadi bukti komitmen penyelenggara untuk menyajikan pengalaman balapan yang tak terlupakan bagi para penggemar motorsport. Semoga dengan perubahan ini, sirkuit ini akan semakin dikenal dan dihargai oleh para pecinta balap di seluruh dunia.

Related Articles

Leave a Comment

8 − 7 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.