Home Otomotif Dilarang Modifikasi Audio, Garansi Baterai Mobil Listrik Bisa Batal

Dilarang Modifikasi Audio, Garansi Baterai Mobil Listrik Bisa Batal

by Rohmat Ali
mobil listrik chery omoda e5 4 169 jpeg

Mobil listrik semakin populer di Indonesia, dengan banyak produsen yang menawarkan berbagai macam garansi untuk produk mereka. Salah satu komponen penting dalam mobil listrik adalah baterai, dan garansi biasanya diberikan dalam rentang waktu yang cukup lama, seperti 5 atau 8 tahun. Namun, ada hal-hal tertentu yang dapat menyebabkan garansi pada mobil listrik hangus, salah satunya adalah melakukan modifikasi pada kendaraan tersebut.

Modifikasi audio adalah salah satu jenis modifikasi yang dapat membatalkan garansi pada mobil listrik, terutama garansi baterai. Reza Deniar, Head of After Sales PT Chery Sales Indonesia, menjelaskan bahwa memodifikasi sistem audio pada mobil listrik dapat merusak sistem elektrikal mobil dan berdampak negatif pada kinerja baterai. Bengkel aksesoris yang melakukan modifikasi audio juga dapat secara tidak sengaja merusak sistem kabel yang ada pada kendaraan, yang dapat terdeteksi saat dilakukan pengecekan oleh perusahaan asal kendaraan.

Reza menekankan bahwa modifikasi audio yang dilakukan di luar bengkel resmi dapat mengakibatkan hangusnya garansi mobil listrik, karena kemungkinan adanya kerusakan akibat modifikasi tersebut. Kebijakan ini tidak hanya berlaku untuk Chery, tetapi juga para produsen mobil listrik lainnya yang menekankan pentingnya menjaga komponen asli dan melakukan perawatan secara rutin untuk mempertahankan garansi.

Sebagai contoh, mobil listrik Chery seperti Omoda E5 menganjurkan pengguna untuk tetap menggunakan part-part dari bengkel resmi dan rutin melakukan perawatan agar garansi tetap berlaku. Para pengguna mobil listrik, termasuk detikers, disarankan untuk berhati-hati dalam melakukan modifikasi pada kendaraan mereka dan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan bengkel resmi mengenai kemungkinan modifikasi yang dapat dilakukan tanpa mengganggu garansi.

Dengan semakin banyaknya pilihan mobil listrik di pasar, penting bagi konsumen untuk memahami konsekuensi dari setiap modifikasi yang dilakukan pada kendaraan mereka. Kehandalan baterai adalah salah satu faktor utama dalam performa mobil listrik, dan mempertahankan garansi merupakan upaya untuk memastikan kelancaran kendaraan dalam jangka waktu yang lama. Oleh karena itu, sebelum melakukan modifikasi apapun pada mobil listrik, pastikan untuk mempertimbangkan dampaknya terhadap garansi dan kinerja kendaraan secara keseluruhan.

Dalam hal ini, konsultasi dengan ahli dan bengkel resmi mobil listrik merupakan langkah yang bijaksana untuk memastikan bahwa kendaraan tetap dalam kondisi optimal dan garansi tetap berlaku. Dengan demikian, pengguna mobil listrik dapat menikmati keuntungan teknologi yang ramah lingkungan tanpa harus khawatir tentang masalah garansi dan performa kendaraan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi para pengguna mobil listrik dan dapat membantu dalam menjaga kendaraan agar tetap handal dan efisien dalam jangka waktu yang panjang.

Related Articles

Leave a Comment

3 × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.