Home Otomotif Tips Aman Terjatuh dari Motor: Lepas Motor dan Berguling

Tips Aman Terjatuh dari Motor: Lepas Motor dan Berguling

by Rohmat Ali

Pengendara Motor Wajib Tahu Teknik Aman Ketika Terjatuh

Setiap pengendara motor harus siap secara fisik dengan risiko terjatuh saat mengendarainya. Untuk meminimalkan dampak negatif, ada teknik yang aman bila terjatuh agar tidak mengalami cedera serius. Manager Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), Johanes Lucky, mengungkapkan pentingnya memahami tips aman ketika terjatuh dari motor.

1. Lepas Sepeda Motor
Sepeda motor bukan hanya kendaraan biasa, tetapi juga memiliki nilai emosional bagi pengendaranya. Kadang-kadang, ketika terjatuh, kita cenderung tidak ingin melepaskan kendaraan tersebut karena takut kehilangan. Namun, dalam situasi darurat, harus tetap rasional. Menurut Lucky, berpegang pada sepeda motor saat terjatuh bisa meningkatkan risiko bahaya, misalnya tertimpa atau terseret. Hal ini dapat menjadi lebih berbahaya apabila motor terbakar. Oleh karena itu, penting untuk melepaskan diri dari sepeda motor agar dapat mengurangi momentum dan mengamankan diri dari situasi berbahaya.

2. Berguling
Ketika terjatuh, posisi berguling dapat membantu mengurangi efek benturan terhadap permukaan jalan. Lipat tangan di bagian dada sambil memeluk atau melingkari tubuh. Pastikan kepala tertunduk dengan posisi dagu menempel pada dada. Dalam proses berguling, arahkan benturan pada bahu bagian belakang untuk mengurangi dampak yang lebih parah terhadap tubuh. Dengan teknik ini, Anda dapat meminimalkan cedera serius akibat terjatuh dari motor.

Selain tips di atas, Johanes Lucky juga menekankan pentingnya penggunaan perlengkapan keselamatan seperti helm, jaket pelindung, sarung tangan, dan sepatu yang sesuai untuk mengurangi risiko cedera saat terjadi kecelakaan. Keselamatan selalu menjadi prioritas utama saat berkendara, dan pemahaman mengenai teknik aman ketika terjatuh merupakan langkah yang penting untuk menjaga diri Anda dari cedera serius.

Memahami dan menguasai teknik-teknik tersebut juga dapat memberikan rasa percaya diri lebih saat berkendara. Jadi, jangan lengah dan selalu siap menghadapi segala kemungkinan saat berada di jalan raya. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan saat berkendara. Tetap hati-hati dan selalu patuhi aturan lalu lintas demi keselamatan bersama. Terima kasih.

Dengan demikian, mengikuti tips aman ketika terjatuh dari motor seperti melepas sepeda motor dan posisi berguling dapat menjadi langkah awal untuk mengurangi risiko cedera serius. Selalu prioritaskan keselamatan saat berkendara dan pastikan untuk mematuhi aturan lalu lintas. Semoga kita semua bisa selalu terhindar dari kecelakaan dan tetap selamat dalam setiap perjalanan. Terima kasih.

Sumber: https://www.inews.id/otomotif/motor/terjatuh-dari-motor-ini-harus-dilakukan-agar-tidak-cedera-serius

Related Articles

Leave a Comment

fourteen − two =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.