Home News MotoGP MotoGP Menuju Bahan Bakar Ramah Lingkungan

MotoGP Menuju Bahan Bakar Ramah Lingkungan

by Dita
refuelling fabio di giannanton

Grand Prix Qatar 2024 menjadi momen bersejarah dalam sejarah MotoGP. Pada grand prix tersebut, bahan bakar yang digunakan sebagian berasal dari non-fosil, menjadi langkah penting dalam mengurangi dampak karbon balap terhadap lingkungan. Sebagai olahraga motor yang memasuki usia ke-75, MotoGP harus beradaptasi dengan perubahan global terkait pemanasan global.

Seiring dengan semakin meningkatnya kesadaran akan isu lingkungan, MotoGP harus menemukan keseimbangan antara keberlanjutan dan performa. Corrado Cecchinelli, direktur teknologi Dorna Sports, menekankan pentingnya menjaga keberlanjutan acara tanpa mengorbankan kualitas pertunjukan. MotoGP harus tetap menjadi kejuaraan prototipe yang menarik bagi para pabrikan yang terlibat.

Meskipun peralihan ke bahan bakar berkelanjutan tidak akan memberikan perubahan radikal dalam performa, langkah ini tetap penting untuk menjaga masa depan MotoGP. Tantangan dalam mengembangkan bahan bakar yang sesuai dengan teknologi mesin saat ini dihadapi oleh para pemasok, namun mereka menerimanya dengan senang hati sebagai langkah positif menuju keberlanjutan.

Dalam upaya untuk menjaga keberlanjutan, MotoGP juga telah mengambil inisiatif lain seperti program KISS (Keep It Shiny and Sustainable). Program ini mencakup pengurangan penggunaan kertas, plastik sekali pakai, dan pengelolaan limbah makanan. Selain itu, kerja sama dengan pemasok ban Michelin untuk meningkatkan penggunaan bahan daur ulang dalam pembuatan ban motor juga menjadi langkah positif dalam mendukung keberlanjutan.

Meskipun langkah-langkah kecil ini mungkin terlihat tidak signifikan, namun dampaknya sangat penting dalam menjaga keberlanjutan setiap acara grand prix. MotoGP juga harus terus berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi untuk tetap relevan dan berkontribusi dalam menjaga lingkungan.

Dengan target penggunaan bahan bakar non-fosil 100 persen pada tahun 2027, MotoGP menunjukkan komitmennya dalam mendukung keberlanjutan. Perubahan regulasi teknis yang diusulkan juga akan menjadi langkah penting dalam memastikan MotoGP tetap menjadi ajang balap yang menarik dan berkelanjutan.

Dengan demikian, MotoGP tidak hanya berpacu untuk meraih kemenangan di lintasan, tetapi juga berjuang untuk memenangkan perlombaan keberlanjutan demi masa depan olahraga motor dan lingkungan. Semua pihak terlibat, mulai dari pabrikan, pemasok, hingga penggemar, harus bersatu dalam mendukung langkah-langkah keberlanjutan MotoGP untuk menciptakan dunia yang lebih hijau dan berkelanjutan.

Related Articles

Leave a Comment

eleven − one =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.