Home Otomotif Pengaruh Sepeda Listrik terhadap Pengurangan Emisi Karbon

Pengaruh Sepeda Listrik terhadap Pengurangan Emisi Karbon

by Rohmat Ali
IMG 20240320 142253 jpg

Pengurangan Emisi Karbon dengan Penggunaan Sepeda Listrik Beam Mobility

Seberapa besar pengaruh penggunaan sepeda listrik terhadap pengurangan emisi karbon? Beam Mobility, layanan mikromobilitas melakukan riset atas penggunaan ride sharing e-bike Beam di beberapa wilayah. Country Lead Beam Mobility Indonesia, Ricky Sjofyan mengungkapkan selama 2023, penggunaan armada Beam Mobility berhasil menghindarkan 238-ton CO2 dibandingkan dengan emisi CO2 yang dihasilkan sepeda motor.

Ricky menjelaskan bahwa data tersebut diperoleh melalui perhitungan default dari layanan Beam secara real time di tujuh area, sehingga didapatkan jumlah trip, unit yang digunakan serta waktu penggunaan. Seluruh armada Beam Mobility sudah dilengkapi dengan teknologi IoT (Internet of Thinks) Geofence yang memungkinkan Beam Mobility memonitor kondisi kendaraan secara real-time.

Dengan adanya teknologi Geofence, Beam Mobility dapat memberi batasan untuk wilayah ataupun area yang bisa dilewati setiap pengendara e-bike Beam, serta secara otomatis dapat mendeteksi jika terdapat permasalahan pada kendaraan Beam. Teknologi Geofence juga digunakan untuk mendeteksi ketika armada membutuhkan pergantian baterai. Armada Beam Mobility memiliki kecepatan yang dibatasi maksimal 25 km/jam dan setiap armada dilengkapi dengan petunjuk penggunaan dan petunjuk keselamatan dalam berkendara.

Dalam risetnya, Beam Mobility berhasil mempertahankan tingkat kepuasan pelanggan hingga 99 persen dengan rata-rata keluhan 0,55 persen setiap bulan. Hal ini menunjukkan bahwa pengguna sepada listrik Beam Mobility merasa puas dengan layanan yang diberikan serta dapat mengurangi dampak emisi karbon yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor konvensional.

Selain itu, penggunaan sepeda listrik juga memberikan dampak positif terhadap lingkungan sekitar. Dengan penggunaan ride sharing e-bike Beam, masyarakat dapat lebih peduli terhadap lingkungan dengan mengurangi emisi karbon yang dihasilkan dari penggunaan kendaraan bermotor. Hal ini sejalan dengan upaya global untuk mengurangi dampak perubahan iklim dan menjaga keberlanjutan lingkungan.

Dengan adanya data dan riset yang dilakukan oleh Beam Mobility, masyarakat diharapkan dapat semakin aware terhadap pentingnya penggunaan transportasi berkelanjutan seperti sepeda listrik. Selain dapat memberikan manfaat bagi lingkungan, penggunaan sepeda listrik juga dapat memberikan kenyamanan bagi penggunanya dengan tingkat kepuasan yang tinggi.

Melalui inisiatif seperti penggunaan sepeda listrik Beam Mobility, diharapkan dapat menjadi contoh bagi layanan mikromobilitas lainnya untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan. Dengan menggunakan teknologi dan inovasi yang tepat, penggunaan sepeda listrik dapat menjadi solusi yang efektif dalam mengurangi emisi karbon dan memperbaiki kualitas udara di perkotaan.

Dalam menghadapi tantangan perubahan iklim dan polusi udara, langkah-langkah kecil seperti penggunaan sepeda listrik Beam Mobility dapat memberikan dampak besar jika dilakukan secara massal. Diharapkan dengan kesadaran dan partisipasi aktif dari masyarakat, kita bisa menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat untuk generasi mendatang. Mari dukung penggunaan sepeda listrik sebagai alternatif transportasi yang ramah lingkungan dan berkelanjutan!

Related Articles

Leave a Comment

4 × 5 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.