Home News MotoGP Balap MotoGP Portugal: Bastianini Tercepat di Sesi Sore

Balap MotoGP Portugal: Bastianini Tercepat di Sesi Sore

by Dita
1711151441 enea bastianini ducati team

Enea Bastianini Menjadi Pembalap Tercepat di Sesi Latihan Bebas MotoGP Portugal

Kondisi cuaca yang berdebu di sesi latihan pagi telah membaik secara signifikan saat sesi sore dimulai. Pembalap Ducati, Enea Bastianini, mampu mencatatkan waktu terbaik di atas Desmosedici GP24 dengan catatan waktu 1 menit 38,057 detik. Ia unggul 0,118 detik dari pembalap KTM, Jack Miller, yang menempati posisi kedua.

Meskipun sempat mengalami kecelakaan di akhir pekan balapan pertamanya tahun ini bersama Gresini Racing, Marc Marquez berhasil melengkapi tiga besar. Juara dunia delapan kali ini terjatuh di Tikungan 5 namun tetap mampu menunjukkan performa yang impresif.

Pada posisi keempat, Jorge Martin berhasil mengungguli Brad Binder dari tim KTM. Sementara itu, kedua pembalap Yamaha memberikan kejutan dengan membuat rookie sensasional, Pedro Acosta dari Tech3 GasGas, terlempar dari posisi 10 besar dan masuk ke babak kualifikasi pertama.

Marco Bezzecchi dari tim VR46 Ducati, awalnya mencetak waktu terbaiknya pekan ini dengan 1 menit 39,996 detik sebelum dihapus oleh rekan setimnya, Fabio Di Giannantonio, yang mencatatkan waktu 1 menit 39,936 detik.

Fabio Quartararo juga tampil impresif dengan catatan waktu 1:39,199, namun Marc Marquez berhasil melampaui waktu tersebut dengan mencatatkan 1:39,110 dalam waktu kurang dari setengah jam. Maverick Vinales dari tim Aprilia, sebagai pembalap pertama yang melakukan peningkatan signifikan di atas ban soft baru, juga berhasil menunjukkan performa yang solid.

Meskipun sempat tergeser oleh Vinales, Marquez kembali ke puncak catatan waktu dengan 1:38,629 dengan 18 menit tersisa. Namun, Bastianini berhasil menciptakan waktu terbaiknya, 1:38,057, di sisa 12 menit yang cukup untuk mengakhiri hari sebagai pembalap tercepat.

Sayangnya, Marquez gagal mempertahankan posisi pertama setelah terjatuh di awal run terakhirnya. Kecelakaan tersebut terjadi saat ia kehilangan kendali saat memasuki zona pengereman di Tikungan 5. Hal ini membuatnya harus puas berada di posisi ketiga di belakang Miller dan Bastianini.

Di posisi berikutnya, Martin dan Binder diikuti oleh Bezzecchi, Vinales, Francesco Bagnaia dari tim Ducati, serta duo Yamaha, Quartararo dan Alex Rins. Perbaikan yang terlambat untuk pasangan Yamaha membuat Acosta kehilangan tempat di Q2 dengan selisih hanya 0,039 detik.

Kesulitan juga dialami oleh beberapa pembalap lainnya seperti Aleix Espargaro dari tim Aprilia yang jatuh pada tahap akhir latihan kedua di Tikungan 4. Franco Morbidelli dari tim Pramac juga mengalami kecelakaan yang membuatnya tertahan di urutan ke-15.

Secara keseluruhan, sesi latihan bebas MotoGP Portugal menunjukkan persaingan yang ketat antara para pembalap. Dengan performa yang semakin meningkat, para pembalap akan terus berjuang untuk meraih hasil terbaik di sesi kualifikasi dan balapan utama. Semua mata akan tertuju pada bagaimana para pembalap akan menunjukkan kemampuan terbaik mereka di lintasan yang menantang ini.

Related Articles

Leave a Comment

18 + fourteen =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.