Home News MotoGP Yamaha Bangkit di Portimao, Quartararo dan Rins ke Q2

Yamaha Bangkit di Portimao, Quartararo dan Rins ke Q2

by Dita
1711169731 fabio quartararo yamaha factor

Yamaha Kembali Bersaing di Musim MotoGP 2024

Balapan pembuka di Qatar dua pekan lalu menunjukkan jurang yang semakin lebar antara Yamaha dan para pembalap terdepan di MotoGP pada awal musim 2024. Namun, di Portimao, Yamaha tampaknya berhasil menutup jarak tersebut. Juara bertahan tahun 2021, Fabio Quartararo, dan rekrutan anyar, Alex Rins, berhasil mendapatkan tiket otomatis ke kualifikasi kedua.

Quartararo menempati posisi kesembilan tercepat dengan catatan waktu kurang dari setengah detik lebih lambat dari pembalap tercepat, Enea Bastianini. Sedangkan Rins hanya tertinggal sepersekian detik di posisi kesepuluh.

Kedua pembalap Yamaha ini berhasil mengalahkan tidak hanya empat tim Honda, tetapi juga tim pabrikan Aprilia yang dikendarai oleh Aleix Espargaro, Alex Marquez (Gresini), dan Pedro Acosta (GasGas Tech3). Hal ini menunjukkan adanya lonjakan performa yang signifikan dibandingkan dengan akhir pekan sebelumnya di Losail.

Fabio Quartararo mengaku tidak terkejut dengan peningkatan performa Yamaha di Algarve. Dia menyatakan bahwa dia yakin bisa masuk dalam 10 besar dalam sesi latihan. Quartararo mengatakan, “Ini positif, meskipun saya pikir kami bisa melakukan sedikit lebih baik. Tapi yang terpenting hari ini adalah finis 10 besar dan kami berhasil mencapainya, jadi, sejujurnya, ini bagus!”

Pembalap asal Prancis ini juga mengungkapkan bahwa Yamaha akan mencoba sejumlah perubahan pada M1 pada sesi latihan Sabtu pagi, dengan harapan dapat meningkatkan performa mereka untuk kualifikasi.

Alex Rins, pembalap Yamaha lainnya, menggambarkan kembali ke Q2 sebagai pencapaian yang luar biasa baginya. Selama musim 2023 yang diwarnai cedera bersama LCR Honda, Rins hanya dua kali berhasil lolos ke babak kedua kualifikasi. Namun, di Portimao, Rins merasa cepat di atas Yamaha pada latihan bebas pertama.

Meskipun berhasil masuk ke Q2, Rins memperingatkan bahwa masalah yang dihadapinya di M1 kurang lebih sama dengan yang ia alami di Qatar. Meski demikian, dia tetap optimis dan berencana untuk terus meningkatkan pengaturan motor mereka.

Pencapaian yang diraih oleh Quartararo dan Rins di Portimao menunjukkan bahwa Yamaha kembali bersaing di musim MotoGP 2024. Meskipun masih ada ruang untuk perbaikan, Yamaha telah menunjukkan kemajuan yang signifikan dan siap untuk menantang para pembalap terdepan di MotoGP musim ini. Semua mata akan tertuju pada performa Yamaha di balapan selanjutnya untuk melihat apakah mereka dapat mempertahankan momentum positif mereka.

Related Articles

Leave a Comment

eighteen − 17 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.