Home Otomotif Gratis Tol Lebaran, Warganya Dapat Kado Istimewa

Gratis Tol Lebaran, Warganya Dapat Kado Istimewa

by Rohmat Ali

Tertibnya Pengendara di Jalan Tol Malaysia

Pemerintah Malaysia memberikan kado istimewa bagi warganya yang ingin merayakan Idul Fitri tahun ini. Program gratis tarif jalan tol pada saat mudik lebaran menjadi salah satu bentuk kepedulian pemerintah untuk memudahkan mobilitas masyarakat. Dilansir dari kantor berita Bernama, Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Alexander Nanta Linggi mengumumkan bahwa pemerintah telah menyetujui masa gratis jalan tol selama dua hari pada 8 dan 9 April bagi pengguna kendaraan pribadi Kelas 1 di jalan tol. Hal ini merupakan langkah positif untuk menyambut hari raya Idul Fitri tahun ini.

Pemerintah Malaysia mengalokasikan total 37,6 juta ringgit (Rp 126,3 miliar) untuk menutupi biaya program gratis tol sehubungan dengan perayaan Idul Fitri. Wakil Menteri Pekerjaan Umum Datuk Seri Ahmad Maslan menyampaikan bahwa program ini adalah keputusan yang telah diputuskan oleh Kabinet Malaysia dan merupakan kebijakan final. “Jika kita mengumpulkan biaya untuk dua hari tersebut, pemerintah menghabiskan sekitar RM38 juta untuk membayar 33 perusahaan konsesi jalan tol di negara tersebut. Itu sekitar RM19 juta per hari,” ujarnya.

Diperkirakan sekitar 2,1 juta kendaraan akan menggunakan jalan tol setiap hari selama libur hari raya. Tanggal-tanggal ramai yang diprediksi adalah 5, 6, 9, 12, 13, dan 14 April 2024. Angka ini mengalami kenaikan dibandingkan hari-hari biasa yang hanya mencapai 1,82 juta kendaraan. Untuk mengantisipasi peningkatan volume lalu lintas, pengelola jalan tol telah menyiapkan lebih dari 4.500 personel di seluruh ekosistem jalan raya untuk memastikan respons yang cepat selama musim perayaan ini.

PLUS, pengelola jalan tol Malaysia, telah menyiapkan 70 staf pada jam sibuk harian di Pusat Pemantauan Lalu Lintas. Mereka bertugas untuk memantau, mengumpulkan, dan menyebarkan informasi lalu lintas terkini serta mengoordinasikan bantuan kepada pengguna jalan raya. Pengguna jalan tol juga disarankan untuk merencanakan perjalanan menggunakan jadwal perjalanan digital yang tersedia di aplikasi MyPLUS-TTA.

Inisiatif program gratis tol ini diharapkan dapat meminimalisir kepadatan lalu lintas dan memberikan pengalaman mudik yang lebih nyaman bagi masyarakat Malaysia. Dengan upaya bersama antara pemerintah dan pengelola jalan tol, diharapkan kedisiplinan pengendara tetap terjaga dan kecelakaan dapat diminimalisir selama periode mudik Idul Fitri. Semoga program ini mampu memberikan manfaat yang besar bagi warga Malaysia yang sedang merayakan lebaran. Selamat Idul Fitri!

Related Articles

Leave a Comment

14 + 8 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.