Home News MotoGP Liberty Mengakuisisi Dorna Sports: MotoGP di Bawah Naungan Baru

Liberty Mengakuisisi Dorna Sports: MotoGP di Bawah Naungan Baru

by Dita
start action

Pada Senin (1/4/2024), Liberty mengumumkan akuisisi 86 persen kepemilikan Dorna Sports dan MotoGP senilai 4,2 miliar euro (sekitar Rp72,4 triliun). Dengan kedua seri balapan, F1 dan MotoGP, kini berada di bawah naungan Liberty, muncul pembicaraan tentang kemungkinan balapan akhir pekan bersama untuk kedua seri tersebut.

Dalam wawancara eksklusif dengan Ezpeleta setelah pengumuman hari Senin, sang eksekutif menyatakan bahwa acara bersama bukanlah sesuatu yang sedang dipertimbangkan dalam jangka pendek. Meskipun demikian, Ezpeleta tidak menutup kemungkinan untuk masa depan jangka menengah.

Ezpeleta menyampaikan, “Ya, ini adalah sesuatu yang saat ini, untuk alasan yang jelas, tidak ada dalam rencana langsung dan bukan sesuatu yang sedang kami kerjakan, tetapi juga bukan sesuatu yang kami kesampingkan untuk masa depan jangka menengah.”

Menurut Ezpeleta, menggelar acara bersama F1 dan MotoGP memang memiliki tantangan tersendiri. Perbedaan basis penggemar, sponsor, kamera TV, dan sirkuit yang dapat menjalankan kedua seri menjadi faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan.

Ezpeleta menambahkan, “Kendati demikian, kenyataannya hal itu tidak masuk akal, karena pada akhirnya kami memiliki beberapa acara dengan basis penggemar kami sendiri, grup berbeda di sebagian besar tempat dengan basis penggemar Formula 1.”

Sementara itu, masa depan World Superbikes di bawah naungan Liberty masih belum jelas. Ezpeleta menyatakan bahwa tidak ada rencana untuk MotoGP dan seri berbasis produksi untuk menjadi tuan rumah bersama.

Ezpeleta menambahkan, “Ini adalah sesuatu yang telah dibicarakan sejak lama dan kenyataannya, secara langsung, saya tidak tahu apa manfaatnya. Yang jelas itu akan membuat eksposur ke Superbike lebih relevan, MotoGP saya pikir tidak akan banyak berpengaruh di sana.”

Dengan adanya akuisisi ini, tentu akan ada perubahan dan perkembangan baru dalam dunia balap MotoGP dan potensi kolaborasi antara berbagai seri balap yang dimiliki oleh Liberty. Namun, untuk saat ini, acara bersama antara F1, MotoGP, dan World Superbikes masih menjadi pertanyaan besar. Semua pihak perlu mempertimbangkan dengan matang berbagai faktor sebelum mengambil keputusan terkait hal tersebut.

Seiring dengan perkembangan yang terus berlangsung, kita tunggu saja bagaimana Liberty akan menjalankan dan mengembangkan bisnis balap mereka ke depan. Semoga dengan adanya akuisisi ini, dunia balap dapat semakin berkembang dan memberikan hiburan yang lebih baik bagi para penggemar setia.

Related Articles

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.