Home News MotoGP Liberty Media, Pemilik F1, Beli Dorna: Apa Artinya Bagi MotoGP?

Liberty Media, Pemilik F1, Beli Dorna: Apa Artinya Bagi MotoGP?

by VR46 Fans

Carmelo Ezpeleta, CEO MotoGP, akan Tetap Menjabat Meski Dorna Dibeli oleh Liberty Media

Carmelo Ezpeleta, CEO MotoGP, akan tetap menjabat meski Dorna telah dibeli oleh Liberty Media, yang juga merupakan pemilik F1. Hal ini merupakan keputusan dari pihak Amerika. Pemimpin asal Spanyol ini menjelaskan kepada MARCA apa dampak dari kedatangan perusahaan yang telah membuat F1 berkembang.

Pertanyaan: Pertama-tama, selamat karena sepertinya ini adalah kesepakatan yang sangat bagus untuk MotoGP.

Jawaban: Terima kasih. Saya harus mengatakan bahwa secara pribadi saya sangat senang. Setelah 32 tahun mengelola kejuaraan dunia, bahwa sebuah perusahaan seperti Liberty tertarik pada kejuaraan seperti milik kita dan tidak hanya tertarik, tetapi juga menghargainya sebagaimana yang mereka lakukan, itu merupakan kebahagiaan besar bagi kami yang telah berkontribusi. Bersama-sama, kita dalam keluarga MotoGP telah berhasil menjadikan ini sebagai olahraga global yang besar.

P: Pertanyaan yang dipertanyakan oleh semua penggemar: Apa yang akan terjadi selanjutnya dengan MotoGP?

J: Tidak ada yang akan terjadi, tetapi akan menjadi lebih baik. Jika sebuah perusahaan seperti Liberty Media memasang taruhan pada produk ini, itu karena mereka menyukai produk tersebut dan menyukai kondisinya. Yang terjadi adalah bahwa kami percaya, bersama dengan Liberty Media, bahwa kami akan meningkatkan banyak aspek yang sulit untuk ditingkatkan sendiri.

“Pada dasarnya, kejuaraan, olahraga, akan tetap sama seperti sebelumnya. Yang akan kami lakukan adalah mencoba meningkatkan visibilitas, bekerja lebih keras dalam produk pemasaran, mencapai lebih banyak orang, membuat produk lebih menarik dan itu akan berdampak pada olahraga menjadi lebih populer.”

P: Apakah ada peningkatan yang dapat dikatakan secara spesifik dalam hal apa yang akan ditingkatkan?

J: Tidak, tetapi pada dasarnya, kejuaraan, olahraga, akan tetap sama seperti sebelumnya. Yang akan kami lakukan adalah mencoba meningkatkan visibilitas, bekerja lebih keras dalam produk pemasaran, mencapai lebih banyak orang, membuat produk lebih menarik dan itu akan berdampak pada olahraga menjadi lebih populer.

P: Hal baik bagi Dorna adalah bahwa semua tindakan tersebut telah diimplementasikan dalam beberapa tahun terakhir, bukan?

J: Ya, begitulah. Tetapi dengan seseorang yang memiliki banyak pengetahuan, kami dapat melakukannya dengan lebih baik.

P: Bagi penggemar MotoGP, dari jawaban yang Anda berikan, yang paling membuat mereka bersemangat adalah kemungkinan dapat mereplikasi apa yang telah dilakukan dengan F1.

J: Kedua kejuaraan memiliki banyak kesamaan dan hal-hal yang mirip, tetapi yang pertama harus dikatakan, meskipun sudah disebutkan dalam komunikasi, adalah bahwa kami adalah dua perusahaan yang berbeda. Artinya, F1 tidak membeli MotoGP, tetapi Liberty Media telah membeli sebagian besar saham MotoGP. Dua perusahaan independen tetap ada, yang jelas, dalam induknya memiliki pengetahuan yang sangat penting yang akan kami terapkan ketika memungkinkan. Oleh karena itu, penting untuk dikatakan bahwa dalam sembilan bulan mendatang, ketika keputusan mengenai Kompetisi harus dibuat, kami akan bekerja sepenuhnya terisolasi. Liberty Media tidak akan masuk dalam periode ini, artinya, kami harus bekerja dalam hal ini seperti biasa dan dengan pengetahuan tentang hal-hal yang telah dilakukan Liberty Media di F1. Tetapi sampai Kompetisi disetujui, kami akan tetap seperti sebelumnya.

P: Apakah ada tindakan yang dapat dilakukan bersama antara F1 dan MotoGP atau tidak?

J: Untuk saat ini, tidak sama sekali.

P: Di masa lalu, dengan Stefano Domenicali, CEO F1, Anda berbicara tentang kemungkinan mengadakan balapan bersama. Tidak pernah terjadi. Apakah bisa terjadi sekarang?

J: Kami telah melihatnya banyak kali, tetapi kesulitannya besar dan ada satu yang sangat besar yaitu bahwa kami hampir di semua tempat atau di semua tempat, sudah penuh atau benar-benar penuh dan mereka juga. Jadi, jika kami melakukannya, ada biaya untuk dua acara dan tidak ada kapasitas untuk menghasilkan dua kali lipat dari dua acara tersebut. Artinya, kami tidak percaya bahwa penonton akan membayar dua kali lipat atau lebih untuk itu. Itu adalah masalah utama. Dan kemudian, kita harus berbicara tentang masalah televisi, yang berbeda, dan lainnya. Itu adalah ide yang bagus, dan kami tidak akan berhenti memikirkannya, tetapi untuk saat ini, kami tidak berpikir bahwa itu mungkin dilakukan.

P: Melihat apa yang telah dilakukan Liberty dengan F1 dan tren yang telah diikuti oleh MotoGP, apakah pembelian ini dapat menyebabkan lebih banyak balapan diluar Eropa?

J: Mungkin, tetapi tidak sekarang. Balapan yang dilakukan atau akan dilakukan pada tahun 2024, 2025, dan 2026 hampir semuanya sudah dikonfirmasi. Mulai dari sana, jika kami menambah… kami tidak bisa memiliki lebih dari 22 balapan dan jika kami menambahkan balapan di luar Eropa, maka harus mengurangi beberapa di Eropa.

P: Proses internasionalisasi dapat menyebabkan jumlah pembalap Spanyol berkurang atau pabrikan dan tim akan terus merekrut yang dianggap terbaik tanpa melihat paspor?

J: Ini adalah kejuaraan dunia balap motor dan di sini ada pembalap terbaik di dunia. Saya tidak tahu ada pembalap dengan tingkat kualitas yang bisa bersaing dengan 22 pembalap yang ada di MotoGP. Saya tidak tahu, jika ada yang tahu, beritahu saya. Itu adalah kenyataan. Saya selalu menjelaskan bahwa ketika Dan Rossomondo (direktur pemasaran) ditanya tentang apakah ada banyak pembalap Spanyol dalam olahraga global, dia berkata: ‘Saya berasal dari NBA, itu adalah olahraga global, yang ditonton di seluruh dunia, yang memiliki cakupan global dan di sana tidak banyak orang Amerika, sekitar 90 persen orang Amerika dan orang tidak peduli’. Orang ingin melihat, dan kita harus terus menciptakan, pertunjukan terbaik dan olahraga terbaik yang bisa kita lakukan di MotoGP. Dan itulah yang kita lakukan.

P: Salah satu ide untuk dikembangkan di masa depan bisa menjadi menciptakan seri lain seperti ‘Drive to Survive’ dari F1, yang merupakan kesuksesan di Netflix dan sudah mencapai musim keenam?

J: Kami memiliki pengalaman dengan seri yang kami buat (MotoGP: Unlimited, di Amazon Prime), yang sangat lokal. Jika ada hal-hal seperti itu yang harus dilakukan, kami akan melakukannya dengan bantuan orang yang tahu persis apa yang ingin kami lakukan dan di mana kita ingin pergi. Harus dilakukan langkah demi langkah.

P: Untuk masa depan, Dorna telah kembali berbicara dengan pabrikan di Qatar, tentang peraturan 2027, dengan sedikit aerodinamika, sedikit tenaga… Apakah sudah ada kesepakatan?

J: Itu sangat dekat sekarang. Kami memberikan kontraproposal, mereka melihatnya, kami telah melakukan yang lain… saya pikir dalam waktu satu bulan atau satu bulan setengah, kami akan memiliki peraturan yang disetujui oleh semua pihak.

P: Dapat dikatakan bahwa ada titik kesepahaman akhirnya?

J: Ya, mereka telah memahami beberapa hal dan kami, yang lain. Kami sedang menyelesaikannya.

Dengan adanya pembelian Dorna oleh Liberty Media, harapan untuk kemajuan MotoGP semakin besar. Dengan peningkatan visibilitas, pemasaran yang lebih baik, dan daya tarik yang meningkat, MotoGP akan semakin populer di mata penggemar balap motor di seluruh dunia. Semua langkah yang diambil akan membawa olahraga ini ke level yang lebih tinggi dan memberikan pengalaman yang lebih menarik bagi para penonton. Semua pihak terlibat akan bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama dan memajukan MotoGP ke arah yang lebih baik.

Related Articles

Leave a Comment

two × three =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.