Home News MotoGP Honda Terpuruk di MotoGP: Krisis yang Tak Kunjung Usai

Honda Terpuruk di MotoGP: Krisis yang Tak Kunjung Usai

by VR46 Fans

Honda dan Krisis di Dunia MotoGP

Honda, sebuah merek yang selalu diidentikkan dengan keberhasilan dan dominasi di dunia MotoGP, kini sedang mengalami masa sulit yang belum pernah terjadi sebelumnya. Perbedaan jauh antara Honda dan Ducati sangat jelas terlihat dari hasil klasemen yang ada. Dalam klasemen Konstruktor, Honda hanya berhasil mengumpulkan 8 poin. Bahkan dalam klasemen tim, mereka berada di posisi terbawah, dengan Repsol Honda di peringkat 10 dan LCR di peringkat 11.

Tentu saja, dalam hal individu pun mereka juga berada di posisi yang buruk. Joan Mir berada di peringkat 15, Johann Zarco di peringkat 17, Takaaki Nakagami di peringkat 19, dan yang paling buruk adalah Luca Marini. Marini, satu-satunya pembalap Honda yang belum berhasil meraih satu pun poin. Bahkan, saudara dari Valentino Rossi ini sepertinya hilang dalam pertarungan. Posisi terbaiknya hanya di peringkat 17 di Portimao.

Kini, saatnya mereka berhadapan dengan Austin, sirkuit di mana mereka terakhir kali meraih kemenangan di kelas utama. Kemenangan itu diraih oleh Alex Rins yang tampil gemilang di sirkuit keberuntungan Marc Marquez. Rins menciptakan kejutan di COTA dengan kemenangan yang diraih bersama tim satelit, yang merupakan momen puncak terakhir HRC di MotoGP.

Namun, sejak saat itu, raksasa asal Jepang itu terjerumus ke dalam krisis yang sangat serius dan mereka belum mampu keluar dari situasi sulit tersebut, meskipun dengan adanya sistem konsesi baru. RC213V tahun 2024 masih belum mampu menjadi motor yang kompetitif, hal ini terlihat jelas setiap kali balapan, baik itu dalam sprint maupun balapan panjang. Bahkan, motor ini dianggap sebagai yang terburuk di grid. Jika salah satu dari pesaing mereka berhasil masuk ke dalam Top Ten, itu hampir seperti alasan untuk merayakan.

Sulit untuk membayangkan bahwa mereka akan mengakhiri paceklik kemenangan dalam waktu dekat. Di sirkuit Texas, Honda akan tampil tanpa Rins atau Marc Marquez, yang selalu menjadi andalan terbaik mereka di sirkuit tersebut. Kita harus melihat kapan mereka akan mengakhiri paceklik buruk mereka, namun sepertinya itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Terlebih lagi jika melihat performa dari Jorge Martin, Pecco Bagnaia, Brad Binder, Enea Bastianini, Pedro Acosta, atau bahkan Marc sendiri.

Sebuah pernyataan dari Marini yang menggambarkan semuanya. Momen yang sedang dialami oleh merek dengan logo sayap emas ini sungguh mengerikan. Motor tidak memberikan performa yang diharapkan, hal ini terbukti dari pernyataan menarik yang dilontarkan oleh Marini. Pembalap asal Urbino ini, yang memiliki tinggi 1.84m, tidak tahu harus bagaimana lagi untuk bisa tampil dengan baik. “Saya sudah melakukan segalanya untuk menurunkan berat badan. Namun, lebih kurus dari sekarang tidak mungkin bagi saya… kecuali saya memotong satu kaki saya, dan saya tidak ingin melakukannya, karena saya merasa sangat nyaman dengan penampilan saya sekarang. Saya suka menjadi lebih tinggi dari yang lain,” ujar Marini, yang di masa lalu pernah meraih podium dan pole position ketika mengendarai Ducati Desmosedici.

Related Articles

Leave a Comment

3 × 4 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.