Home News MotoGP David Alonso Dominasi di Moto3 Austin: Holgado Runner-Up

David Alonso Dominasi di Moto3 Austin: Holgado Runner-Up

by VR46 Fans
David Alonso Dominasi di Moto3 Austin

David Alonso meraih kemenangan di balapan Moto3 di Austin dengan sangat dominan. Ini adalah kemenangan keenamnya di Kejuaraan Dunia setelah tidak memberikan kesempatan kepada siapapun. Holgado finis kedua dengan pembalap pendatang baru, Piqueras, finis ketiga. Dani memimpin klasemen dengan selisih dua poin atas murid dari tim Aspar.

Sayangnya, José Antonio Rueda tidak dapat ikut serta karena harus menjalani operasi mendadak akibat apendisitis. Diperkirakan dia akan kembali di Jerez, di mana dia akan mencoba meniru Carlos Sainz, yang mengalami hal serupa di F1 dan memenangkan balapan berikutnya.

Para komisaris menunjukkan sikap tegas dengan memberikan sanksi kepada beberapa pembalap yang melambat dalam sesi latihan untuk mencari tempat di belakang pembalap lain. Adrián Fernández harus melewati dua kali melalui zona ‘Long Lap’, seperti juga Bertelle dan satu kali untuk Roulstone, Lunetta, Farioli, Joel Esteban, Riccardo Rossi, dan Whatley. Perlu diingat bahwa Holgado telah diingatkan bahwa jika terjadi lagi, dia akan dihukum di balapan berikutnya.

Kondisi cuaca berubah. Langit mendung, kelembaban lebih tinggi, dan suhu lebih sejuk. Suhu udara 22 derajat Celsius dengan suhu aspal 27 derajat Celsius.

Di awal balapan, David Alonso berhasil mempertahankan posisi pole dengan menyalip Holgado. Farioli terjatuh, menyentuh Veijer dan Muñoz yang berhasil bertahan.

Kelso menyentuh bagian belakang Holgado, Dani dengan keajaiban tetap berdiri meskipun kehilangan beberapa meter; Joel melintasi jalur pelarian dan turun ke posisi ke-16.

Ortolá mengalami kecelakaan dan menabrak Nepa setelah bertabrakan dengan Veijer, yang berhasil bertahan. Piqueras terpaksa melintasi luar lintasan. Yang menarik adalah bahwa Iván, saat bangkit, pergi mengambil sepeda motor Stefano. Pembalap Italia itu memperingatkannya dan semuanya diselesaikan, meskipun Valencia kembali jatuh beberapa sudut kemudian. Dia kembali ke lintasan, tetapi sudah di posisi paling belakang.

Kekacauan ini membuat David Alonso melarikan diri dengan sangat cepat dan dengan jarak yang cukup jauh. Dalam dua putaran, dia sudah unggul lebih dari dua detik.

Holgado terlibat dalam beberapa pertarungan di grup dengan Furusato atau Piqueras. Hal ini memberikan lebih banyak keuntungan bagi Alonso.

Namun, pembalap Jepang itu segera keluar dari pertarungan, setelah mengalami insiden di tikungan 15.

Para pengejar pembalap Kolombia itu berkurang menjadi lima: Holgado, Piqueras, Veijer, Yamanaka, dan Kelso. Lebih jauh lagi, David Muñoz tertinggal.

Ogden, yang mengejar Muñoz, jatuh di tikungan 9 dan harus mengucapkan selamat tinggal pada poin-poin. Veijer mengambil posisi kedua dan menarik dengan ritme yang lebih cepat dari yang lain. Mereka memangkas jarak Alonso, meskipun pembalap Amerika Selatan itu memiliki empat detik untuk dikelola.

Dengan memaksa yang lain, Kelso mengalami kecelakaan di sudut pertama. Dia berhasil melanjutkan balapan tanpa kehilangan banyak waktu, karena dia kembali ke posisi kedelapan.

Saat tersisa empat putaran, insiden lain terjadi: di tikungan pertama, Veijer jatuh, Holgado memotong sedikit dan Yamanaka meluncur untuk menyalip pembalap Spanyol itu. Dengan keajaiban, baik Jepang maupun Spanyol tidak menyentuh pembalap Belanda itu.

Yang paling diuntungkan adalah Piqueras, yang menghindari semua itu dan menempati posisi kedua dengan keuntungan tertentu. Tentu saja, juga pembalap Kolombia itu bernapas lega, karena keunggulannya bertambah.

Meskipun berjuang, Holgado dan Yamanaka segera mengejar Piqueras. Dani tidak membutuhkan waktu lama untuk menyerang dan melewati pembalap Leopard itu. Hal yang sama dilakukan pembalap Jepang dari tim MT-MSi. Mereka bertiga bersaing untuk dua posisi di podium.

Piqueras bereaksi dan mengejutkan pembalap Jepang untuk mendapatkan kembali posisi ketiga sebelum memasuki putaran terakhir. Ángel ingin lebih dan melampaui Holgado di pengereman besar setelah lurus belakang.

Dani membalas di tikungan 19 dan menutup di tikungan 20, tetapi keduanya masuk secara paralel di lurus. Pembalap GasGas Tech3 itu finis kedua untuk mempertahankan posisi terdepan. Semuanya hanya terpaut 13 milidetik.

Di posisi teratas, hampir ‘tak terlihat’, David Alonso memenangkan balapan dengan dominasi di semua latihan dan memimpin setiap putaran. Sungguh luar biasa. Joel Esteban juga tampil baik, mendapatkan poin setelah melewati ‘Long Lap’ dan Zurutuza, yang mengumpulkan poin dalam debutnya di kejuaraan dunia.

Piqueras, pemenang Red Bull Rookies Cup dan JuniorGP Moto3 pada tahun 2023, sangat senang dengan podium pertamanya dalam tiga balapan. Dan dengan motor Honda. “Saya harus berjuang keras karena cedera; sekarang, saatnya untuk menikmati,” katanya, karena dia menjalani operasi pada jari manis kanannya 20 hari yang lalu. Ini adalah awal dari banyak kemenangan. “Saya membutuhkan konsistensi ini untuk kejuaraan,” kata Holgado puas. “Saya selalu bermimpi untuk menang sendirian. Saya bisa menang seperti Jorge Martín,” kata Alonso.

Related Articles

Leave a Comment

13 − 5 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.