Home News MotoGP Álex dan Marc Márquez Dominasi MotoGP Jerez

Álex dan Marc Márquez Dominasi MotoGP Jerez

by VR46 Fans

Álex dan Marc Márquez mendominasi sesi latihan bebas pertama MotoGP di Jerez. Sang adik menggunakan ban baru dan sang kakak memimpin hampir sepanjang sesi. Meskipun hanya sekadar latihan, ini penting untuk menyesuaikan setelan motor dan meningkatkan kepercayaan diri.

Cuaca sangat bagus, udara segar dan matahari bersinar terang, dengan suhu yang nyaman: 17 derajat di udara dan 27 di aspal.

Di lintasan, ada tiga pembalap uji coba yang turut serta: Dani Pedrosa (KTM), Lorenzo Savadori (Aprilia), dan Stefan Bradl (Honda).

Pecco Bagnaia keluar ke lintasan dan langsung kembali ke pit. Dia melihat ada beberapa masalah teknis dan memutuskan untuk kembali.

Pembalap uji HRC menunjukkan perubahan aerodinamika pada motornya: colin baru, quilla (bagian bawah), dan lainnya. Mir, yang melakukan uji coba minggu lalu di Barcelona, sudah mengatakan bahwa arah yang diambil salah dan harus diubah. Joan dan Marini akan mencoba motor baru ini pada hari Senin.

Saudara Márquez, dengan Marc di posisi pertama, memimpin di menit-menit awal, dengan Viñales di posisi ketiga. Acosta sudah bersaing dengan yang terbaik, seperti Pedrosa. Dani menggunakan variasi aerodinamika. Mereka menggunakan ban depan lunak dan ban belakang sedang.

Bagnaia bisa keluar dengan motor kedua dan perlahan-lahan memperbaiki waktu putarannya.

Johann Zarco terjatuh di tikungan 8 dengan keras. Namun, dia bisa bangkit tanpa masalah.

Morbidelli memberikan sensasi bagus dengan menempati posisi ketiga. Secara menarik, tiga Ducati GP23 mengambil posisi teratas, dengan Márquez dan Franky. Marc bahkan berhasil mengurangi waktunya. Dia sudah lebih cepat dari pole position 2023, yang dipegang oleh Aleix Espargaró, sebelum hujan sedikit mengganggu lintasan.

Pembalap delapan kali juara dunia membawa tuas rem depan baru, di mana dia mengalami masalah di Austin yang berdampak pada kecelakaannya.

Augusto Fernández terjatuh dengan ringan di tikungan 2, tanpa masalah fisik. Beberapa hari sebelumnya, dia menjalani operasi jari, karena sebelum balapan di Austin dia terjatuh saat latihan dan jari tangannya terluka.

Álex Márquez menggunakan ban baru lunak di depan dan belakang, yang membuatnya bisa memperkecil selisih waktu dengan sang kakak.

Acosta berada di belakang Pedrosa untuk mempelajari jalur balapnya. Keduanya naik di tabel, tetapi Dani tetap di depan.

Tidak ada yang bisa mengalahkan Álex di menit-menit terakhir. Mereka tidak memaksakan diri atau menggunakan ban baru. Ini bukan saatnya, mereka harus menyimpannya untuk sesi latihan sore. Namun, Aprilia menunjukkan performa yang baik pada saat-saat tersebut.

Di kelas Moto3, David Alonso tampil luar biasa, bahkan memecahkan rekor lintasan dan unggul lebih dari satu detik dari yang lainnya, David Muñoz di posisi kedua. Adrián Fernández menempati posisi ketiga. Pemimpin klasemen, Dani Holgado, hanya berada di posisi ke-12, tertinggal dua detik dari pembalap asal Kolombia. Rueda memilih untuk tidak turun ke lintasan setelah menjalani operasi usus buntu di Amerika Serikat.

Sementara itu, di kelas Moto2, Alonso López mendominasi, yang juga memiliki ritme bagus, seperti rekan setimnya Fermín Aldeguer. Manu González berada di posisi ketiga, naik dari posisi yang lebih rendah, seperti pemimpin klasemen, Sergio García Dols, yang berada di posisi kedelapan. Sedikit lebih jauh, Canet berada di posisi kesepuluh, tepat di depan Izan Guevara. Jorge Navarro berlaga sebagai pembalap tamu dengan Forward dan tidak mencatatkan waktu akibat masalah teknis.

Dalam klasemen latihan bebas pertama MotoGP di Jerez, Álex Márquez menempati posisi teratas, diikuti oleh Marc Márquez dan Fabio Quartararo. Di Moto3, David Alonso memimpin, sedangkan Alonso López mendominasi di kelas Moto2.

Dengan demikian, sesi latihan bebas pertama di Jerez memberikan gambaran yang menarik tentang persaingan di MotoGP, Moto2, dan Moto3. Para pembalap terus mengasah kemampuan dan mencari setelan terbaik untuk balapan yang akan datang. Semua mata tertuju pada performa mereka di lintasan dan siapa yang akan menjadi yang tercepat di akhir pekan balapan.

Related Articles

Leave a Comment

four + 11 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.