Home News MotoGP Alex Marquez Pimpin FP1 MotoGP Spanyol, Marc Marquez di Posisi Kedua

Alex Marquez Pimpin FP1 MotoGP Spanyol, Marc Marquez di Posisi Kedua

by Dita

MotoGP GP Spanyol: Alex Marquez Memimpin FP1 di Jerez

Dua pekan setelah insiden tragis yang menimpa Gresini Ducati di MotoGP Amerika Serikat, di mana Alex dan Marc Marquez mengalami kecelakaan, kakak beradik ini kini memimpin sesi latihan bebas pertama (FP1) selama 45 menit. Juara dunia delapan kali, Marc Marquez, unggul di sebagian besar sesi, namun akhirnya harus puas berada di posisi kedua dengan selisih 0,507 detik dari rekan setimnya, Alex Marquez. Penggunaan ban lunak menjadi faktor kunci dalam pencapaian catatan waktu tercepat 1 menit 36,630 detik di akhir sesi FP1.

Pemenang GP Amerika Serikat, Maverick Vinales, tampil lebih baik dari rekan setimnya di Aprilia, Aleix Espargaro, sementara Franco Morbidelli berhasil menempati posisi kelima. Pemuncak klasemen saat ini, Jorge Martin, harus puas berada di posisi kesembilan, sedangkan juara dunia bertahan, Francesco Bagnaia, terlempar ke posisi ke-12.

Vinales melanjutkan performa impresifnya di Circuit of the Americas (COTA) dengan mencatatkan waktu tercepat di FP1 di Jerez, dengan torehan 1:39,113 detik hanya dalam lima menit pertama sesi. Namun, catatan waktu tersebut segera tergeser oleh Marc Marquez dengan waktu 1:38,784 detik, sebelum Vinales kembali mencetak waktu lebih cepat, 1:38,738 detik, beberapa saat kemudian.

Raul Fernandez dari Trackhouse Racing Aprilia menjadi pembalap berikutnya yang berhasil menempati posisi teratas dengan catatan waktu 1:38,637 detik, hanya enam menit sebelum sesi berakhir. Namun, keunggulannya tidak bertahan lama, karena Marc Marquez berhasil mencatatkan putaran terbaik dengan waktu 1:37,137 detik.

Prestasi Marc Marquez tersebut menjadi patokan hingga empat menit terakhir sesi, ketika Alex Marquez mulai menunjukkan performa impresifnya dengan menggunakan ban soft untuk mengambil alih posisi teratas dari saudaranya dengan catatan waktu 1:36,630 detik. Dengan tidak adanya pembalap lain yang memilih menggunakan ban lunak, Alex Marquez berhasil mempertahankan posisinya saat bendera finish dikibarkan menandai berakhirnya sesi FP1.

Marc Marquez tetap berada di posisi kedua, dengan selisih 0,084 detik dari Vinales, setelah lonjakan performa dari duo Aprilia yang menempati posisi ketiga dan keempat. Morbidelli berhasil melengkapi posisi lima besar, terpaut 0,244 detik lebih lambat, setelah memulai akhir pekan dengan performa yang kuat di sirkuit di mana ia meraih podium terakhirnya pada musim 2021 bersama Petronas SRT Yamaha.

Marco Bezzecchi menempati posisi keenam yang menggembirakan di atas VR46 Ducati setelah awal yang sulit pada musim 2024, sementara pembalap wild card KTM, Dani Pedrosa, memimpin kontingen pabrikan Austria dari Brad Binder.

Jorge Martin dan Pedro Acosta dari Tech3 melengkapi posisi 10 besar, dengan Fabio Di Giannantonio (VR46) menempatkan Ducati yang sudah berumur setahun di antara Acosta dan pembalap pabrikan Ducati, Bagnaia. Pembalap Yamaha terdepan, Fabio Quartararo, harus puas berada di posisi ke-14 di belakang tim pabrikan Ducati, Enea Bastianini, yang saat ini menempati peringkat kedua dalam klasemen, sementara posisi teratas dari Honda diraih oleh Johann Zarco di posisi 19.

Namun, Zarco mengalami kecelakaan saat sesi menyisakan 20 menit di Tikungan 8. Augusto Fernandez dari Tech3 yang berada di urutan ke-20 adalah satu-satunya pembalap yang terjatuh di FP1. Pembalap wild card Aprilia, Lorenzo Savadori, berada di urutan ke-23 di atas motor lab RS-GP, sementara pembalap tambahan Honda, Stefan Bradl, berada di posisi di belakangnya dengan RC213V yang telah mengalami berbagai revisi, termasuk perubahan pada bagian sayap belakang yang radikal.

Dengan demikian, FP1 MotoGP GP Spanyol di Jerez telah memberikan gambaran awal yang menarik untuk persaingan di akhir pekan ini. Para pembalap akan terus berjuang untuk meraih performa terbaik dan memperebutkan posisi teratas dalam sesi latihan bebas berikutnya serta kualifikasi dan balapan utama. Semua mata akan tertuju pada kakak beradik Marquez, Vinales, dan para pembalap lainnya untuk melihat siapa yang akan menjadi yang tercepat di sirkuit Jerez.

Related Articles

Leave a Comment

14 + 9 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.