Home News MotoGP Marc Márquez Pole Gagal di MotoGP Jerez

Marc Márquez Pole Gagal di MotoGP Jerez

by VR46 Fans

Marc Márquez berhasil meraih pole position untuk dua balapan MotoGP di Jerez. Nomor 93 dari 93. Pembalap asal Ilerda ini berani mengambil risiko, melewati beberapa insiden yang menegangkan, dan menyebabkan kegembiraan di tribun sirkuit Andalusia dalam kondisi yang berubah-ubah, karena hujan mengubah situasi. Ini adalah kesempatan besar baginya, karena beberapa favorit seperti Viñales atau Bagnaia tidak tampil sebaik itu.

Kondisi di sirkuit sangat sulit, karena hujan telah reda namun masih basah dan sedang mengering. Suhu udara sekitar 15 derajat Celsius dengan suhu aspal 17 derajat Celsius.

Di awal sesi kualifikasi pertama (Q1), banyak keraguan muncul, apakah harus keluar atau menunggu, memilih ban mana yang akan dipakai… Mereka memulai dengan ban basah, karena meskipun sudah menggunakannya saat latihan bebas, kondisi lintasan terus berubah setiap putaran.

Situasi ini seharusnya memberi peluang lebih bagi beberapa pembalap, namun yang memimpin awalnya adalah yang “diharapkan”. Binder memimpin, diikuti oleh Raúl Fernández. Miller, salah satu spesialis di kondisi basah, tidak sebaik yang diharapkan.

Jika pembalap Australia tersebut agresif dengan KTM-nya, Dani Pedrosa justru sebaliknya. Pembalap asal Castellar ini menduduki posisi kedua.

Sebagian besar pembalap memilih untuk mengganti ban. Seperti yang dilakukan Miguel Oliveira, yang dengan cukup mudah mengalahkan Binder. Namun, semua pembalap sudah lebih percaya diri. Sehingga, Morbidelli berhasil memperbaiki waktunya.

Brad melakukan sektor terakhir yang sangat bagus, termasuk “selamat” di tikungan masuk garis finis, untuk kembali ke posisi kedua. Miller dan Pedrosa tidak masuk ke pit dan hanya melambat satu putaran sebelum memaksakan diri lagi. Namun, strategi itu tidak terlalu berhasil bagi mereka.

Zarco memilih untuk mengganti ban, namun ia melakukan kesalahan dalam percobaan terakhirnya, sehingga Honda kembali gagal masuk Q2. Akhirnya, Morbidelli dan Binder lolos. Di bagian kedua dari kedua grid, posisinya akan seperti ini: 13. Zarco, 14. Oliveira, 15. Miller, 16. Pedrosa, 17. Raúl Fernández, 18. Augusto Fernández, 19. Stefan Bradl, 20. Joan Mir, 21. Lorenzo Savadori, 22. Luca Marini, 23. Fabio Quartararo, 24. Takaaki Nakagami, dan 25. Álex Rins.

Kegagalan total bagi tim Yamaha. Honda sedikit lebih baik berkat Zarco, namun hasil buruk hampir dialami oleh semua pembalapnya. Bahkan di lintasan basah pun mereka tidak bisa bersaing.

Di sesi kualifikasi kedua (Q2), juga terdapat berbagai taktik yang berbeda dalam pemilihan ban, dengan beberapa menggunakan ban belakang medium dan yang lainnya menggunakan ban belakang lunak.

Marc Márquez mencatatkan waktu 1:48.0 yang membuatnya unggul di papan atas. Dan kemudian ia memutuskan untuk masuk ke pit. Sementara itu, Binder, dengan menggunakan ban medium, berhasil mengalahkan pembalap asal Lleida itu.

Pembalap asal Cervera ini mencoba untuk menyalip pembalap asal Afrika Selatan tersebut, namun ia mengalami insiden dan kehilangan posisinya, sehingga harus kembali ke garasi.

Hampir semua pembalap kembali ke lintasan dengan menggunakan ban medium, setelah melihat bahwa performanya lebih baik. Acosta tampil sangat cepat, namun ia terjatuh di tikungan Jorge Lorenzo, tikungan sebelum garis finis.

Bezzecchi berhasil menempati posisi terdepan. Martinator menyerang, namun tidak bisa mengalahkan Marco. Namun, Marc berhasil melakukannya, dengan melakukan sektor terakhir yang sangat baik. Meskipun demikian, saat memasuki tikungan 1, ia harus melakukan “selamat” dengan lututnya. Hal ini membuatnya kehilangan kesempatan lain.

Namun tidak ada yang mampu mengalahkan pembalap asal Cervera ini. Pole position menjadi miliknya, yang merupakan pole position ke-65 dalam karir MotoGP-nya dan ke-93 dalam karirnya secara keseluruhan. Ia semakin memperbesar jarak sebagai pembalap terbaik sepanjang sejarah dalam hal ini. Tentu saja, ini adalah pole position pertamanya dengan Ducati dan menyebabkan euforia di tribun. Ia tidak pernah meraih pole position sejak Portugal 2022, saat masih bersama Honda.

Marc merasa senang, namun tetap hati-hati. “Saya tidak tahu bahwa ini adalah pole position ke-93. Cara terbaik untuk meraihnya adalah di Jerez. Ketika saya mencoba motor ini di Qatar dalam kondisi hujan, saya sudah merasa nyaman. Saya akan berusaha untuk finis di podium dalam kedua balapan. Saya akan mencoba untuk melakukan balapan yang baik, kita hanya bisa kehilangan posisi. Mari kita lihat startnya, karena motor Jorge Martín lebih cepat,” jelasnya di DAZN.

Martinator merasa puas. “Hari yang penuh dengan ketegangan, sangat sulit. Di kondisi campuran seperti ini, itulah saat di mana saya paling menderita, namun saya terus memperbaiki diri, kami berhasil melewati itu semua, karena sulit untuk melakukan overtaking. Marc adalah yang memiliki ritme terbaik di antara tiga besar, bersama saya. Saya berharap balapan yang seru untuk merebut kemenangan,” ujarnya.

Dengan demikian, balapan MotoGP di Jerez akan menjadi ajang pertarungan sengit antara para pembalap terbaik di dunia. Semua mata akan tertuju pada Marc Márquez, yang berusaha untuk meraih kemenangan dalam balapan yang diharapkan akan sangat menarik. Semua pembalap akan memberikan yang terbaik untuk meraih podium dan memanjakan para penggemar balap MotoGP di seluruh dunia.

Related Articles

Leave a Comment

5 × 3 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.