Home News MotoGP Jorge Martin Dominasi Sesi Latihan MotoGP Prancis

Jorge Martin Dominasi Sesi Latihan MotoGP Prancis

by Dita
1715355339 jorge martin pramac racing

Jorge Martin, Pembalap Pramac Racing yang Melesat di Sesi Latihan MotoGP Prancis

Pembalap VR46 Racing, Fabio Di Giannantonio, tampak on fire di awal sesi latihan MotoGP Prancis. Ia sempat memuncaki daftar waktu, di atas Pedro Acosta. Namun, kecepatannya dengan Ducati Desmosedici GP23 masih kalah dari motor pabrikan milik Jorge Martin. Dalam satu menit, terjadi dua kali peralihan komando balapan.

Martin harus melihat Marc Marquez ada di depannya. Ketika Pedro Acosta merebut posisi pertama, pembalap anyar Gresini Racing itu berusaha mendorong keras yang malah membuatnya jatuh di Tikungan 12. Sejak saat itu, perjuangannya untuk lolos langsung ke Q2 jadi kacau balau.

Pada akhirnya, pembalap Pramac asal Spanyol itu memuncaki sesi kedua dengan 1:30,388. Ia mengungguli Francesco Bagnaia, rookie GasGas Tech3 Pedro Acosta dan Fabio Quartararo yang otomatis meluncur ke Q2.

Sesi kualifikasi Q1 pada Sabtu pagi akan diikuti oleh beberapa nama besar, yang dipimpin oleh juara dunia delapan kali Marc Marquez, yang berakhir di P13 pada Practice MotoGP. Untuk pertama kalinya sejak membela Gresini Ducati, ia mesti bertarung di kualifikasi pertama.

Enea Bastianini, yang bersaing dengan Marquez untuk mengamankan kursi kedua di tim pabrikan Ducati untuk 2025, juga gagal masuk ke Q2, sama halnya dengan Brad Binder (KTM) setelah dua kali terjatuh. Beberapa catatan waktu tercepat mewarnai 10 menit pertama sesi latihan sore ini di Le Mans yang penuh sesak.

Maverick Vinales (Aprilia) tampil sebagai yang terbaik, memimpin dengan catatan waktu 1 menit 31,359 detik. Ia mencapainya beberapa saat setelah Marquez terjatuh di Tikungan 12. Catatan waktu Vinales menjadi patokan hingga Martin mencetak 1:31,305 detik di atas motor Pramac Ducati dengan 25 menit tersisa.

Bagnaia menggesernya 10 menit kemudian dengan 1:31,235, sebelum Aleix Espargaro dengan motor pabrikan Aprilia berada di depan dengan 1:31,113. Pembalap VR46 Ducati, Fabio Di Giannantonio, terus melesat ke depan dengan waktu kurang dari 14 menit usai menciptakan 1:30,531 yang membuatnya unggul lebih dari setengah detik.

Martin adalah orang pertama yang menantangnya dan mengalahkannya dengan catatan waktu 1:30,531 di sisa 10 menit, sebelum capaian di lap terakhir 1:30,388 mengukuhkan posisi teratas untuk pembalap Spanyol itu. Bagnaia membayanginya, terpaut 0,145 detik, sementara Acosta tertinggal 0,042 detik di posisi ketiga, di depan Vinales dan Di Giannantonio.

Jack Miller (KTM), pemenang GP Prancis 2021, melengkapi enam besar di belakang Espargaro, Franco Morbidelli dari Pramac, Marco Bezzecchi dari VR46, dan Quartararo dari Yamaha. Bastianini gagal mendapatkan tempat di Q2 dengan selisih waktu 0,010 detik, sementara harapan Marc Marquez kandas di Tikungan 6 pada putaran terakhirnya.

Kecelakaan yang dialami Bastianini saat balapan tersisa satu menit mengakhiri peluang pembalap Ducati itu untuk lolos ke Q2, tetapi juga memaksa Marquez untuk membatalkan lap terakhirnya. Berhasil melewati garis dengan satu detik tersisa sebelum bendera kotak-kotak dikibarkan, Marquez mencatatkan waktu tercepat di sektor pertama. Namun ia melebar di Tikungan 6 dan harus membatalkan putarannya, dan turun ke posisi 13.

Kecelakaan ketiga Binder hari itu membuatnya berada di posisi ke-17 di depan pembalap utama Honda, Joan Mir.

Dengan penampilan impresifnya di sesi latihan MotoGP Prancis, Jorge Martin membuktikan bahwa ia adalah salah satu pembalap yang patut diperhitungkan dalam persaingan balap motor kelas dunia. Dengan kecepatan dan ketangguhan yang dimilikinya, Martin memiliki potensi untuk meraih hasil yang gemilang di seri balapan selanjutnya. Semua mata akan tertuju pada penampilan Jorge Martin di sesi kualifikasi dan balapan utama untuk melihat apakah ia dapat mempertahankan performa terbaiknya dan meraih kemenangan di lintasan MotoGP Prancis.

Related Articles

Leave a Comment

1 + 13 =

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept

Adblock Detected

Please support us by disabling your AdBlocker extension from your browsers for our website.